Lebih Dalam tentang Sejarah dan Fungsi Masking Tape

Fungsi Masking Tape BPS

Fungsi masking tape untuk apa? Pertanyaan ini mungkin masih terlontar dari khalayak awam yang kurang mengenal jenis tape yang spesifik ini. Masking tape sendiri merupakan lakban kertas yang biasanya berguna untuk membantu proses pengecatan. 

Dengan tape ini, cat bisa diaplikasikan dengan rapi dan tidak ada bekas lem yang tertinggal. Karena lem pada tape ini memang memiliki daya rekat lebih rendah dibanding lakban biasa. Meski begitu, masking tape bisa ditempel di berbagai jenis material. Selain itu, mudah pula saat melepaskannya, tanpa sedikit pun merusak permukaan barang.

Sejarah Masking Tape

Masking tape juga sama seperti lakban yang lain, tapi memiliki daya rekat yang lemah. Mudah dipasang tapi juga mudah dilepas. Karena fungsi masking tape pada awalnya untuk mempermudah pengecatan, dibuat agar gampang dilepaskan.

Pencipta lakban kertas adalah Richard Drew, seorang karyawan dari perusahaan 3M. Awal mulanya Drew melihat pekerja yang melakukan pengecatan mobil kesusahan saat membersihkan sisa lem. 

Karena lem mempunyai daya rekat yang cukup kuat, bekas lem jadi tertinggal di permukaan bodi mobil. Membuat pegawai harus bekerja lebih ekstra, untuk mengecat, lalu membersihkan sisa lakban yang tidak mudah.

Akhirnya Drew menciptakan masking tape di tahun 1925, untuk membuat proses pengecatan lebih efisien. Sampai sekarang lem atau lakban kertas ciptaan Drew  ini masih dipakai.

Fungsi Masking Tape

Tape ini  memiliki banyak sebutan lain seperti isolasi kertas, selotip kertas, dust masking tape, dan washi tape. Akan tetapi, washi tape biasanya merupakan selotip kertas yang memiliki motif dan terdiri dari berbagai warna. Washi tape sering dipakai untuk membuat, penghias kemasan, kerajinan tangan dan journaling.

Perlu Anda ketahui, selain masking tape mempermudah pengecatan barang, selotip ini pun juga memiliki banyak fungsi lain di antaranya adalah:

1. Membungkus Kado

Masking tape bisa digunakan untuk membungkus kado. Lakban kertas tidak akan merusak kertas kado dan kotak kado. Anda juga bisa menggunakan lakban kertas berbagai warna dan motif untuk mempercantik kado. Selain itu lakban kertas juga akan memudahkan penerima membuka kado. 

2. Digunakan di Taman

Bila Anda senang berkebun, masking tape akan sangat berguna. Lakban kertas bisa dipakai untuk memberi label setiap tanaman. Mengikat batang tanaman yang sudah besar untuk bantu menopangnya. 

Bisa juga dipakai untuk membuat tanaman rambat tumbuh ke area yang Anda inginkan. Lakban kertas terbuat dari material yang ringan. Jadi lemnya tidak akan membuat tanaman rusak. 

3. Merapikan Barang Elektronik

Fungsi masking tape lainnya yaitu mampu membantu Anda mengorganisir barang-barang di rumah. Terutama benda elektronik yang terdiri dari banyak kabel. Kabel-kabel listrik yang tidak terpakai dapat digulung kemudian direkatkan dengan lakban kertas. 

Lakban kertas juga bisa digunakan untuk menandai atau memberi label pada barang. Warnanya yang cerah membuat masking tape mudah dikenali, begitu juga dengan tulisan di atas lakbannya. 

4. Mengemas Barang

Meski daya rekatnya dibawah lakban bening, tapi lakban kertas cukup kuat untuk mengemas barang. Selain itu, lakban kertas bisa dipakai untuk membundel benda dan dapat digunakan untuk memberi label saat merapikan barang. 

5. Memasang Dekorasi Sementara

Fungsi masking tape lainnya yaitu dapat digunakan menjadi perekat segala jenis dekorasi ruangan yang bersifat sementara. Misalnya Anda memasang dekorasi ulang tahun seperti pita, balon, dan hiasan ruangan lainnya. 

Lakban kertas banyak dipilih karena ia tidak akan meninggalkan sisa lem pada permukaan tembok. Jadi selepas acara selesai, Anda bisa melepaskan semua dekorasi. Rumah Anda akan kembali bersih tanpa goresan sedikit pun.

Itu dia berbagai fungsi dari lakban kertas yang perlu Anda ketahui. Sebaiknya Anda menyediakan lakban kertas di rumah dan tempat usaha untuk berbagai keperluan. Jika Anda merupakan penjual stationary dan ingin menyediakan produk ini di etalase toko, maka percayakan pada supplier ATK paling tepat!

Beli Masking Tape dari Bangkit Perkasa Sukses

Masking tape merupakan salah satu lakban serbaguna.  Sama seperti produk lakban yang lain, masking tape yang dijual di pasaran terdiri dari berbagai merk. Perlu Anda ketahui, Bangkit Perkasa Sukses (BPS) sebagai distributor lakban dan ATK merekomendasikan dua merk lakban berikut ini:

1. Nachi Tape 

Lakban kertas dari Nachi Tape terbuat dari bahan berupa kertas krep. Dilapisi solvent base natural rubber resin. Nachi Masking tape dapat menempel di berbagai macam material seperti, plastik, kayu, kaca, dan juga metal. 

Masking tape dari Nachi Tape ini mudah digunting dan mudah dilepas kembali, tanpa meninggalkan sisa lem atau bekas apapun. Dengan keunggulan tersebut, tampilan dari barang yang dipasang lakban tetap terjaga. 

2. Goldtape

Keunggulan dari masking tape Goldtape yaitu daya rekat yang cukup kuat. Namun tetap mudah dilepas dan tidak merusak permukaan material yang ditempeli lakban. 

Karena tekstur lakban yang benar-benar seperti kertas, maka Anda bisa menambahkan tulisan. Masking tape dari Goldtape bisa digunakan untuk memberi label atau menandai barang dengan mudah. 

Demikian uraian tentang fungsi masking tape dan rekomendasi lakban kertas yang bisa Anda beli. Lakban kertas bermanfaat untuk menunjang aktivitas harian. Masking tape dari Nachi Tape dan Goldtape ini bisa Anda dapatkan di PT Bangkit Perkasa Sukses, pusat ATK berkualitas.

Selain lakban kertas PT BPS juga menawarkan banyak jenis alat tulis kantor lainnya. Temukan berbagai produk ATK dari merek-merek ternama di halaman produk website PT BPS. Bila Anda ingin langsung memesan masking tape atau lakban yang kuat untuk kardus dan packing, hubungi BPS melalui kontak yang tersedia!

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait