Cara Menjilid Buku dan Apa Saja Perlengkapannya

cara menjilid buku - BPS

Dalam mendukung berbagai kebutuhan, Anda mungkin perlu menjilid buku, berkas data, atau jenis dokumen lainnya. Namun, masih banyak orang yang tidak tahu cara menjilid buku dengan baik, sehingga umumnya hal tersebut akan diserahkan kepada bagian fotokopi atau percetakan.

Padahal, sebenarnya kegiatan ini tidak sesulit yang dibayangkan, serta tidak selalu membutuhkan alat yang banyak. Dalam artikel kali ini, akan dibahas tentang 3 metode yang cukup mudah dilakukan untuk menjilid buku dan berkas lainnya. Simak selengkapnya dan pastikan mulai saat ini Anda bisa menjilid dengan mudah, bahkan bisa dari rumah.

Perlengkapan Bahan untuk Menjilid Buku

Jika akan menjilid buku, maka tentunya Anda membutuhkan berbagai peralatan pendukung. Perlu dipahami bahwa daftar peralatan yang dibutuhkan dapat berbeda-beda, tergantung dari cara yang digunakan ketika menjilid.

Dalam artikel ini, tiga metode atau cara yang akan dibahas yakni menjilid dengan menggunakan stapler, lakban, serta lem kertas. Berikut adalah daftar peralatan yang Anda butuhkan untuk masing-masing cara menjilid tersebut.

  • Perlengkapan untuk Jilid Buku Menggunakan Stapler

Pertama, untuk metode ini, tentu Anda sudah terbayang bahwa stapler adalah alat utama yang diperlukan. Inilah rincian peralatan yang perlu Anda siapkan untuk menjilid buku dengan stapler:

  1. Hekter atau stapler dengan tipe heavy duty 12L/24
  2. Bahan stapler nomor 1224 atau ukuran 23/24
  3. Lakban

Namun, perlu dipahami bahwa kemampuan setiap stapler tentu berbeda dan menyesuaikan dengan ukurannya. Untuk peralatan di atas, dapat dipakai ketika akan menjilid buku tebal, namun tetap masih memiliki batasan ketebalan.

Stapler tersebut dapat menjilid dengan tebal kertas maksimal 2 centimeter. Jika Anda memakai kertas HVS 80 gsm, maka kurang lebih akan memuat 210 lembar. Apabila buku yang akan dijilid lebih tipis, maka ukuran staples yang lebih kecil dapat dipakai.

  • Perlengkapan untuk Jilid Buku Menggunakan Lakban

Kedua, jika akan menjilid dengan lakban, maka di bawah ini adalah peralatan yang Anda butuhkan:

  1. Stapler
  2. Lakban
  3. Gunting atau cutter

Untuk memenuhi ketiga peralatan tersebut, Anda bisa membeli produk stapler, lakban, dan gunting cutter di Bangkit Perkasa. Silakan langsung hubungi kami untuk informasi atau pemesanan produk lebih lanjut. Pastikan Anda mendapat produk peralatan jilid terbaik!

  • Perlengkapan untuk Jilid Buku Menggunakan Lem Kertas

Selanjutnya, ada pula cara menjilid buku dengan memakai lem kertas, berikut adalah peralatan yang dibutuhkan:

  1. Lem dingin atau lem panas
  2. Kuas lem
  3. Kipas
  4. Gergaji besi

Cara Menjilid Buku yang Baik

Setelah membaca berbagai peralatan di atas, maka sebaiknya Anda menyiapkannya sebelum masuk ke proses jilid buku.

Maka dari itu, cara menjilidnya pun perlu ditentukan terlebih dahulu. Namun, jika Anda masih bingung akan memakai yang mana, maka beberapa penjelasan lebih detail dapat Anda dalam uraian berikut.

Selanjutnya, simak juga langkah-langkah tepat dalam melakukan penjilidan buku atau berbagai berkas lainnya.

  • Jilid Buku Menggunakan Stapler

Sesuai dengan penjelasan pada bagian sebelumnya, ada berbagai jenis ukuran stapler yang dapat digunakan. Namun, stapler yang disebutkan tadi adalah stapler dengan ukuran paling besar sehingga itulah batas maksimal penggunaan stapler, yakni sekitar 2 centimeter atau 210 lembar kertas berukuran 80 gsm.

Maka dari itu, metode pertama ini tidak bisa digunakan jika Anda akan menjilid buku atau berkas yang lebih tebal dari ini. Anda bisa memilih cara menjilid buku lainnya.

  1. Kembali pada penjelasan tentang cara menjilid dengan menggunakan stapler, maka berikut langkah-langkahnya.
  2. Siapkan kertas, dokumen, atau buku yang akan dijilid. Hitung jumlah kertasnya dan periksa ketebalannya. Perlu dipastikan bahwa ketebalan dari kertas tersebut tidak melebihi kapasitas stapler yang dipakai.
  3. Tumpuk kertas tersebut dan rapikan posisinya, buatlah supaya sejajar di setiap sisinya. Hal ini menjadi penting untuk mendapatkan hasil jilid yang rapi dan mudah dibaca.
  4. Pastikan juga kertas tidak ada yang terbalik antara bagian depan dan belakang atau atas dan bawah.
  5. Staples kertas tersebut dengan memanfaatkan stapler heavy duty, lakukan secara berhati-hati dan jangan sampai terluka.
  6. Banyaknya staples dapat Anda sesuaikan dengan lebar dari tumpukan kertas tersebut, pastikan tetap rapi dan terjilid dengan kuat.
  7. Apabila kertas sudah distaples dan menyatu, Anda dapat menutup bagian stapler tersebut dengan lakban. Supaya lebih rapi dan menarik, dapat ditambahkan hard cover atau soft cover.
  • Jilid Buku Menggunakan Lakban

Cara menjilid buku dengan lakban terbilang sangat umum untuk berbagai keperluan. Misalnya, menjilid makalah, skripsi, proposal bisnis, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan hasil jilidnya yang terbilang rapi dan tampak profesional. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menjilid buku dengan memakai lakban:

  1. Siapkan dokumen atau buku yang akan dijilid. Perlu dipastikan ketebalan dari tumpukan kertas tersebut tidak melebihi kapasitas stapler yang dipakai. Jadi, pastikan untuk sesuaikan stapler dengan kebutuhan menjilid.
  2. Rapikan kertas yang akan dijilid, pastikan supaya rata dan sejajar di keempat sisinya. Pastikan pula bahwa susunan kertas telah tepat, tidak ada yang terbalik.
  3. Staples tumpukan kertas tersebut dengan stapler heavy duty.
  4. Anda dapat menyesuaikan jumlah staples dengan lebar dari kertas yang dijilid.
  5. Apabila kertas sudah distapler dan menyatu, saatnya menggunakan lakban untuk merapikan hasil staples. Jilid ini akan membuat stapler tertutup dan tidak terlihat.
  6. Warna dan lebar dari lakban yang dipilih dapat disesuaikan dengan warna dan ketebalan dari sampul buku atau dokumen.
  • Jilid Buku Menggunakan Lem Kertas

Cara menjilid buku yang ketiga yakni memakai lem kertas. Inilah cara yang umum dipakai oleh percetakan, karena hasil jilid yang kuat dan biaya yang cenderung murah.

Namun, perlu dipahami bahwa batas dari cara menjilid ini hanya berkisar antara 500 hingga 600 lembar, atau dalam ukuran 5 sampai 6 centimeter. Jika ingin menjilid dalam ukuran yang lebih besar, maka perlu kombinasi dengan menggunakan benang serta paku.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menjilid buku dengan lem kertas, simak dengan seksama.

  1. Siapkan buku atau dokumen yang akan dijilid.
  2. Pakailah pemberat kertas, misalnya besi atau tumpukan keras lain. Hal ini dilakukan untuk menekan kertas yang akan dijilid, supaya selama proses pengerjaan tidak berubah posisi atau tercecer.
  3. Untuk sisi buku yang akan dilem, perlu dilukai dengan memakai gergaji besi. Lakukan proses ini dengan perlahan dan berhati-hati, supaya goresan tidak terlalu dalam dan kertas tidak rusak.
  4. Oleskan lem secara merata. Perlu dipahami bahwa lem panas terbilang lebih unggul dibandingkan lem dingin, karena hasilnya lebih kuat dan cepat dingin.
  5. Tutup dengan hard cover atau soft cover.
  6. Tunggu beberapa saat hingga lem mengering. Jika memakai lem dingin, maka Anda dapat mempercepat prosesnya dengan kipas angin.

Itulah berbagai penjelasan tentang cara menjilid yang baik untuk buku atau berbagai dokumen Anda. Sebelumnya, telah dipaparkan juga berbagai perlengkapan yang perlu disiapkan untuk menjilid buku.

Untuk mendukung proses menjilid tersebut, Anda dapat menggunakan berbagai produk yang tersedia di Bangkit Perkasa. Misalnya, lakban, stapler, dan pisau cutter. Silakan hubungi kami jika ada pertanyaan lebih lanjut atau akan langsung melakukan pemesanan.

Setelah memahami cara menjilid buku dan dapat mempraktekkannya dengan dukungan berbagai produk dari Bangkit Perkasa, maka kini Anda bisa lebih mudah untuk merapikan buku atau berkas. Kunjungi Kontak Bangkit Perkasa untuk melakukan pemesanan produk. Serta pelajari tips terkini seputar bisnis ATK dan lakban melalui laman blog Bangkit Perkasa Sukses!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait