8 Contoh Prakarya dari Bahan Bekas

prakarya dari bahan bekas keramik gelas dan cangkir Bangkit Perkasa Sukses distributor atk terlengkap seindonesia

Tidak betah saat melihat banyak barang bekas yang tidak terpakai di rumah? Daripada dibuang, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengisi waktu luang. Ada banyak contoh prakarya dari bahan bekas yang artistik dan unik.

Selain mengisi waktu, kegiatan prakarya juga membuat Anda memiliki keterampilan praktis yang berguna dan dapat diubah menjadi ladang bisnis. Sekali mendayung, dua tiga pulau langsung terlampaui! Cobalah memulai aktivitas prakarya dengan mencoba 8 ide di bawah ini.

8 Ide Beserta Contoh Hasil Prakarya dari Bahan Bekas

Membuat prakarya dari bahan bekas adalah cara yang kreatif untuk menciptakan barang-barang yang unik dan berguna. Ini inspirasi ide prakarya yang bisa Anda contoh.

1. Celengan dari Botol Plastik atau Kardus Bekas

Siapa bilang botol plastik dan kardus bekas hanya bisa dijadikan sampah? Dengan sedikit sentuhan kreativitas, kedua bahan bekas bisa berubah menjadi celengan yang lucu dan menarik untuk anak atau adik Anda.

Setelah botol atau kardus dibersihkan, Anda bisa memotongnya dan melukis wajah hewan atau karakter kartun favorit mereka pada bagian yang diperlukan. Jangan lupa membuat lubang di bagian atas sebagai tempat memasukkan uang.

2. Pohon dan Bunga dari Botol Plastik Bekas

Contoh prakarya dari bahan bekas yang kedua adalah pohon dan bunga. Dengan memotong dan mengecat bagian bawah botol plastik bekas, Anda bisa menciptakan pohon dan bunga miniatur yang indah.

Ukuran bunganya juga bisa divariasikan tergantung dengan jenis botol yang ada. Agar pohonnya kokoh, gunakan papan atau kardus bekas. Lalu, susun setiap bunga yang sudah jadi di setiap ranting pohon. Hasilnya? Taman mini yang cantik di dalam rumah Anda.

3. Lampu Kamar dari Botol dan Sendok Plastik Bekas

Botol dan sendok plastik bekas bisa menjadi sumber cahaya yang menawan di kamar Anda. Potong tangkai sendok, lalu tempelkan pada botol dengan rapi. Setelah itu, Anda bisa memasukkan lampu LED ke dalamnya.

Cahaya yang keluar dari pola tersebut akan menciptakan efek yang menakjubkan di kamar Anda.

4. Pot Bunga dari Botol Plastik Bekas

Botol plastik bekas bisa diubah menjadi pot bunga yang unik. Anda bisa memotong bagian atas botol dan mengisi bagian bawahnya dengan tanah. Lalu, tanam tumbuhan atau bunga kesukaan Anda di dalamnya.

5. Jam Dinding dari Stik Es Krim

Stik es krim bisa bertransformasi menjadi jam dinding yang estetis dan fungsional. Caranya, Anda bisa menempelkan stik es krim pada papan berbentuk lingkaran dan menambahkan mekanisme jam di bagian tengah.

Untuk kebutuhan perlengkapan seperti lem, gunting, atau cutter, Anda bisa membelinya di Bangkit Perkasa.com. Lihat alat lainnya dengan mengunjungi laman produk.

6. Keset dari Kain atau Pakaian Bekas

Contoh prakarya dari bahan bekas selanjutnya adalah keset. Daripada jadi lap saja, manfaatkan kain atau pakaian bekas Anda menjadi keset yang cantik. Potong kain menjadi strip-strip kecil, lalu jahit setiap strip ini hingga menjadi keset.

Keset ini tidak hanya berguna untuk membersihkan kaki, tetapi juga menjadi hiasan yang menarik di depan pintu rumah Anda.

7. Tempat Pensil atau Sendok dari Kaleng Bekas

Kaleng bekas bisa diubah menjadi tempat pensil atau sendok yang berguna. Mulai dengan membersihkan kaleng dan mengecatnya dengan warna yang berbeda.

Selain mengurangi jumlah sampah logam, Anda bisa menghemat dengan tidak membeli tempat pensil atau sendok baru.

8. Vas Bunga atau Tanaman Air dari Cangkang Filamen Lampu

Cangkang filamen lampu bekas bisa diubah menjadi vas bunga atau tanaman indoor yang unik. Untuk memulai, Anda bisa membersihkan isi cangkang lampu dan mengisinya dengan air. Kemudian, tambahkan bunga tanpa akar atau tumbuhan air indoor.

Manfaat dari Memakai Barang Bekas untuk Prakarya

Setelah mengetahui berbagai contoh prakarya dari bahan bekas, bahasan selanjutnya adalah manfaat. Ada 4 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mendaur ulang barang bekas menjadi suatu hiasan.

  1. Dengan menggunakan barang bekas untuk prakarya, kita bisa mengurangi jumlah sampah dan pencemaran lingkungan.
  2. Prakarya dari barang bekas juga bisa membantu mengembangkan kecerdasan kreatif, kesabaran, dan akurasi.
  3. Dengan memanfaatkan barang bekas, kita bisa meminimalisir kebiasaan konsumsi yang berlebihan dan berfokus pada pemanfaatan ulang.
  4. Barang-barang bekas yang diubah menjadi prakarya bisa menjadi sumber pendapatan baru jika dijual.

Buat Prakarya Lebih Mudah dengan Alat-alat dari Bangkit Perkasa.com

Setelah memahami berbagai contoh prakarya dari bahan bekas, sekarang saatnya untuk mulai merakit sendiri kerajinan tangan Anda. Secara umum, ada beberapa alat dan bahan yang Anda perlukan agar hasil prakarya maksimal, seperti:

  1. Pulpen untuk menandai bagian yang perlu dipotong.
  2. Stapler untuk mengikat dua bagian kertas atau kardus.
  3. Masking Tape sebagai perekat atau untuk melindungi area yang tidak ingin terkena cat.
  4. Lakban Kertas untuk merekatkan atau menutup bagian tertentu.

Anda tidak perlu pergi ke toko untuk mendapatkan setiap alat tulis di atas. Pesan saja melalui Bangkit Perkasa.com, distributor alat tulis terbesar di Indonesia. Semua produk yang Anda butuhkan bisa dilihat pada laman produk ini.

Kami juga menerima pesanan dari seluruh daerah di Nusantara! Jadi, jangan ragu untuk menghubungi tim kami jika Anda tertarik untuk melakukan pembelian atau memiliki pertanyaan terkait kerja sama.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait