5 Jenis dan Kegunaan Alat Tulis Kantor untuk Administrasi

Jenis dan Kegunaan Alat Tulis Kantor untuk Administrasi BPS distributor alat rulis kantor

Alat tulis kantor adalah peralatan penting yang menjadi kebutuhan dasar dalam mengelola administrasi. Kegunaan alat tulis kantor sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam menjalankan pekerjaan kantor.

Sebab meskipun saat ini beberapa penggunaan alat tulis bisa digantikan dengan teknologi digital, namun gadget tidak bisa sepenuhnya menggantikan fungsinya dalam dalam pengelolaan administrasi secara manual.

Jenis dan Kegunaan Alat Tulis Kantor untuk Administrasi

Kegiatan administrasi seperti mencatat atau menulis dan merekap data-data membutuhkan peralatan khusus. Berikut ini beberapa jenis alat tulis kantor yang paling banyak dibutuhkan dalam kegiatan administrasi beserta fungsi atau kegunaannya.

1. Buku Tulis

Buku tulis merupakan salah satu alat tulis kantor yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan administrasi. Adapun fungsinya yaitu untuk mencatat informasi, ide, atau catatan penting lainnya selama rapat atau pertemuan.

Ada banyak jenis buku tulis yang bisa dipilih berdasarkan ukuran maupun jenis sampul atau kertasnya. Ada buku tulis biasa dengan sampul jenis softcover, ada pula buku tulis yang menggunakan hardcover sehingga sampulnya lebih tebal.

Sedangkan berdasarkan ukurannya, ada buku yang berukuran kuarto, folio, dan lain sebagainya. Contohnya seperti daftar produk buku tulis dari PT BPS yang tersedia dalam ukuran lengkap, meliputi buku ukuran A5, A6, A7, B5, hingga F4.

2. Kertas

Selain buku, kertas merupakan jenis ATK atau alat tulis kantor lain yang paling umum dan paling sering digunakan dalam administrasi. Kegunaan alat tulis kantor satu ini sangat banyak, bisa untuk menulis maupun mencetak laporan atau dokumen.

Biasanya, ukuran kertas yang paling banyak digunakan untuk menulis dan mencetak dokumen adalah ukuran folio atau F4 dan ukuran kuarto atau A4. Selain kertas biasa, terdapat pula jenis kertas lain-lainnya, contohnya seperti kertas continuous form.

Kertas continuous form adalah salah satu jenis kertas berbentuk multiply yang biasanya digunakan untuk mencetak langsung atau menghasilkan suatu salinan dokumen tanpa harus difotokopi terlebih dahulu.

3. Pensil dan Penghapus

Pensil dan penghapus adalah sepasang alat tulis kantor yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Jika kertas dan buku adalah tempat menuangkan tulisan, maka pensil dan penghapus adalah media untuk menulis atau menghapus tulisan tersebut.

Jenis pensil yang umum digunakan dalam administrasi kantor adalah pensil HB dan 2B. Jika menginginkan warna goresan lebih gelap, pensil 2B bisa menjadi opsi. Namun untuk hasil goresan yang lebih mudah dihapus, maka pilihlah pensil HB.

Apapun jenisnya, pilihlah produk pensil yang berkualitas tinggi dengan tingkat kehitaman yang tepat. Contohnya seperti pensil Lumograph HB dan 2B dari Staedtler yang didistribusikan oleh BPS.

4. Pulpen

Selain pensil, alternatif alat tulis lain yang wajib dimiliki adalah pulpen. Kegunaan alat tulis kantor ini sama dengan pensil, yaitu untuk menuliskan suatu gagasan. Bedanya, tulisan dari pulpen berasal dari tinta sehingga lebih jelas dan mudah dibaca.

Oleh karena itu, pulpen lebih banyak dimanfaatkan untuk laporan atau dokumen yang bersifat resmi. Pulpen juga dipakai untuk menandatangani dokumen atau surat yang memerlukan tanda tangan agar hasilnya lebih tahan lama karena tinta yang susah dihilangkan.

Jenis pulpen juga beraneka macam, ada yang tintanya tipis, tebal, ada pula yang memiliki tinta gel dengan tekstur lebih kental. Terdapat pula pulpen beraneka warna yang bisa digunakan agar hasil catatan semakin menarik.

5. Correction Tape

Jika pensil memiliki penghapus, maka pulpen memiliki correction tape dan tipp-ex correction pen. Sesuai namanya, kegunaan alat tulis kantor ini adalah untuk mengoreksi catatan yang ditulis menggunakan pulpen.

Tip-ex correction pen adalah jenis korektor berupa cairan putih yang dapat mengering dengan cepat. Sedangkan correction tape adalah jenis korektor berbentuk selotip berwarna putih yang bisa ditempelkan langsung untuk menutupi tulisan di atas kertas.

Saat ini, kebanyakan orang sudah beralih menggunakan correction tape karena dianggap lebih praktis. Pasalnya, correction pen dapat memperbaiki kesalahan penulisan secara lebih cepat tanpa harus dikeringkan terlebih dahulu.

Percayakan BPS sebagai Distributor ATK untuk Kebutuhan Administrasi

Jika kantor, perusahaan, atau tempat bekerja Anda membutuhkan alat tulis khusus kebutuhan administrasi, sebaiknya pilihlah distributor terpercaya yang menyediakan peralatan berkualitas. Seperti BPS, distributor alat tulis kantor dari berbagai brand alat tulis nasional.

PT Bangkit Perkasa Sukses atau BPS dikenal sebagai penyedia alat tulis kantor dalam berbagai kategori yang sudah berdiri sejak tahun 1995 hingga kini. Mulai dari kertas, buku tulis, pensil dan penghapus, hingga pulpen dan correction tape, tersedia lengkap di PT BPS.

Baca Juga: Cara Memilih Distributor Alat Tulis Kantor yang Terpercaya

Karena pentingnya kegunaan alat tulis kantor sebagai peralatan administrasi wajib, maka penting bagi Anda untuk melengkapi kebutuhan ATK dari distributor terpercaya seperti BPS.

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait