Mengenali 10 Jenis-jenis Pulpen dan Fungsinya

Jenis-jenis Pulpen dan Fungsinya BPS

 Jenis-jenis pulpen dan fungsinya perlu Anda ketahui untuk dapat menunjang kinerja Anda. Tidak hanya dibutuhkan di dunia kerja saja, pulpen juga masih banyak dipakai di dunia akademik.

Selain itu, masih banyak juga orang-orang yang memang tidak bisa mengesampingkan fungsi pulpen dalam keseharian mereka. Namun, ternyata pulpen memiliki banyak jenis yang berbeda dalam segi fungsi. Apakah Anda sudah mengetahuinya?

Bersama Bangkit Perkasa, kita akan mengenal beragam jenis pulpen dan fungsinya. Bangkit Perkasa merupakan distributor alat tulis kantor yang menerima pembelian secara bulk buying. Beragam pulpen berkualitas untuk kebutuhan kantor bisa Anda dapatkan di Bangkit Perkasa. Yuk pelajari ragam jenis pulpen dan fungsinya!

10 Jenis-jenis Pulpen dan Fungsinya

Tidak hanya untuk menulis, pulpen ternyata juga tersedia untuk berbagai kepentingan. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada pulpen untuk membubuhkan tandatangan, hand lettering, menggambar, membuat sketsa dan banyak lainnya. 

Banyak pekerjaan yang memang tidak bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya pulpen terbaik. Anda juga perlu mengetahui Perbedaan Pulpen Zebra Sarasa dengan Kokoro, Pilih Mana? yang berkualitas, tentukan pilihan sesuai kebutuhan Anda. 

Tak perlu lama-lama lagi,mari simak informasi mengenai jenis pulpen di bawah ini!

1. Bolpoint (Ballpoint)

Pada kenyataannya, bolpoin berbeda dengan pulpen. Ketika Anda menemukan alat dengan ujung berbentuk bulatan dengan ukuran 0.7 sampai 1.2 mm, maka itulah bolpoin. 

Bolpoin juga memiliki harga yang lebih murah dan tidak membutuhkan perawatan khusus dibandingkan dengan pulpen. Anda bisa mendapatkan bolpoin yang sesuai dengan kebutuhan Anda di sini. 

2. Rollerball Pens

Namanya sendiri hampir menyerupai ballpoint, namun ternyata berbeda. Meski sebenarnya perbedaan yang dimiliki kedua benda ini tidak signifikan, namun tetap saja perlu Anda ketahui perbedaannya. 

Rollerball termasuk lebih mudah digunakan apabila dibandingkan dengan ballpoint. Selain itu, ballpoint memang lebih cocok untuk mencatat, rollerball bisa dipakai menggambar berbagai macam bentuk dengan mudah. 

3. Fountain Pen

Pena yang satu ini biasanya dipakai untuk membubuhkan tandatangan. Ujung pulpen jenis ini bisa memudahkan Anda untuk melakukan tandatangan. Karena pemakaiannya yang cukup mudah dan fleksibel. 

Ujungnya terbuat dari bahan fiber yang memudahkan Anda mengontrol tekanan yang Anda gunakan. Saat Anda menuliskan tandatangan di atas materai juga akan lebih terlihat nyata.

4. Dip Pens

Jenis-jenis pulpen dan fungsinya selanjutnya adalah dip pens. Pulpen yang satu ini biasanya dipakai untuk keperluan menggambar. Seringkali juga dipakai oleh kebanyakan orang untuk melakukan penggambaran kaligrafi. 

Pulpen ini fungsinya pun disamakan dengan fountain pens, namun sebenarnya hasil yang diciptakan berbeda. 

5. Pulpen Gel

Jenis yang banyak digunakan adalah pulpen gel. Tintanya terbuat dari gel dengan nib pulpen yang tajam serta kering. Maka membuat hasil goresannya jadi nampak lebih bagus. 

promo alat tulis Bangkit Perkasa6. Surgical Pens

Pen jenis berikutnya disebut juga dengan skin pen, merupakan pen atau marker yang dipakai tenaga medis dalam proses bedah. Selanjutnya, jenis pen ini sifatnya steril yang biasanya dipakai untuk membuat tanda pada kulit saat proses operasi. 

Pen ini termasuk ke dalam perlengkapan alat Electrosurgery Unit. Tujuannya agar meminimalisir adanya kesalahan dalam pembedahan.

7. Brush Pens

Jenis-jenis pulpen dan fungsinya berikutnya adalah brush pens. Brush pens banyak dipakai untuk proses hand lettering, karena hasilnya yang tebal dan memiliki keindahan tersendiri. 

Ketebalan hasil dari brush pen ini bisa juga diatur dalam ketebalan dan ketipisan yang sesuai kebutuhan Anda. Namun, dalam penggunaannya tidak bisa semua orang lakukan begitu saja. 

Hal ini membutuhkan pelatihan dasar dan keterbiasaan agar bisa lancar dalam mengoperasikan pulpen ini.

8. Fibre Tip Pens

Secara teknis bentuknya mirip dengan fineliner pens, namun memiliki ujung yang lebih luas. Selain itu, pena ini juga lebih sering digunakan untuk aktivitas mewarnai dibanding membuat garis-garis yang persisi.

Fibre Tip Pens pun tersedia dalam aneka warna dan ukuran. Penggunaan pena ini akan sangat membantu kegiatan Anda baik di kantor maupun sekolah.

9. Fineliner Pens

Jenis-jenis pulpen dan fungsinya selanjutnya adalah fineliner pen, yang dipakai untuk menulis, menggambar dan melakukan sketsa. Tersedia dalam aneka warna dan biasa juga dipakai untuk membuat hand lettering. 

Pigmen warna yang dihasilkan termasuk kuat dan tersedia dalam 48 variasi warna. Hasil goresannya juga cenderung lebih cepat kering dibandingkan dengan pen lainnya untuk fungsi yang sama.

10. Highlighter Pens

Seringkali disebut juga dengan stabilo, pena ini biasanya dipakai untuk membuat tanda pada teks yang penting di buku Anda. Hasil tintanya tembus pandang dan tidak mudah tembus ke sisi lain kertas. 

Warna yang biasa dipakai adalah hijau, kuning, dan biru. Namun saat ini sudah tersedia dalam aneka warna yang lebih bervariasi. Bahan tintanya terbuat dari tinta fluor bukan tinta hitam, sehingga dapat membuatnya nampak lebih tembus pandang.

Untuk lebih mengenal alat tulis lain selain jenis-jenis pulpen di atas, Anda juga perlu mengetahui Nama-nama Alat Tulis Sekolah yang Wajib Dimiliki. Selalu ingat pilihlah alat tulis sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikianlah jenis-jenis pulpen dan fungsinya yang bisa Anda ketahui sebagai bahan referensi. Apabila Anda membutuhkan pulpen bagi kantor, sekolah atau instansi lainnya, PT Bangkit Perkasa Sukses sebagai distributor ATK lengkap dan terpercaya di Indonesia siap menyuplai kebutuhan ATK Anda. 

Kami melayani pengiriman ke seluruh Indonesia dan telah eksis sejak 1994. Kami berusaha memaksimalkan distribusi yang lebih merata untuk pemenuhan ATK di seluruh negeri. Menghubungkan antara pabrik dan juga para pembeli. Untuk bekerja sama dengan kami, silahkan hubungi kami di sini. 

Bangkit Perkasa juga menjadi distributor pulpen Zebra Picollo biru untuk kebutuhan pulpen pada Pemilu 2024, dari total kebutuhan 30jt pcs, Bangkit Perkasa sudah menyediakan 1000 karton pulpen Zebra Picollo Biru

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban melalui laman blog Bangkit Perkasa. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas dan terjamin. Hubungi Kami untuk pemesanan maupun kerja sama lainnya.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait