Pilih yang Mana? Pensil Mekanik vs Pensil Kayu

Macam-macam Ukuran Kertas HVS yang Umum Digunakan

Pensil mekanik vs pensil kayu, mana yang lebih baik? Kedua pensil ini nyatanya memiliki karakteristik tersendiri. Untuk memutuskan mana yang lebih baik, tentu Anda perlu memperhatikan tujuan penggunaan pensil dan kekurangan serta kelebihannya masing-masing.

Terdapat beberapa jenis pensil yang ada di pasaran, salah satunya pensil mekanik dan kayu. Namun, kita sering bingung untuk menentukan manakah pensil yang tepat untuk dipilih. Untuk itu, mari simak penjelasan lengkap mengenai kedua pensil ini agar tidak salah dalam memilih!

Pensil Mekanik vs Pensil Kayu, Simak Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini!

Kedua pensil ini sering digunakan dalam hal menulis dan menggambar. Perlu diketahui, pensil kayu dan pensil mekanik memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Agar tidak salah memilih, simak penjelasan mengenai kedua pensil berikut ini!

1. Pensil Mekanik

Pensil mekanik didesain lebih modern daripada pensil kayu. Jenis pensil ini memungkinkan untuk diisi ulang. Pada pensil mekanik, terdapat tombol untuk mengeluarkan atau memperpanjang isi pensil. 

2. Kelebihan

Kelebihan dari pensil ini yaitu lebih praktis dan tidak menimbulkan residu. Tulisan dan gambar yang tercipta terlihat lebih bersih dan tegas. Hal ini karena isi pensil mekanik memiliki keruncingan yang sama tanpa harus diraut manual.

Isi dari pensil mekanik dapat diisi ulang sesuai ukuran yang diinginkan. Ukuran dari isi pensil ini diantaranya yaitu 0,3 hingga 0,9 mm. Pensil mekanik sangat cocok untuk membuat garis tipis dan arsiran yang cukup terang.

3. Kekurangan

Pensil mekanik kurang cocok digunakan untuk mengarsir permukaan yang cukup luas. Hal ini membutuhkan waktu yang lama mengingat pensil yang cukup runcing. Selain itu, arsiran dengan pensil mekanik tidak segelap menggunakan pensil kayu.

Pensil mekanik vs pensil kayu? Pensil mekanik memang dapat diisi ulang. Namun, penggunaannya harus lebih hati-hati karena rawan patah. Selain itu, isi pensil mekanik memiliki harga yang relatif mahal daripada pensil kayu.

4. Pensil Kayu

Pensil kayu menjadi yang paling banyak digunakan. Biasanya, terdapat kode di ujung pensil untuk menunjukkan spesifikasi atau ketebalannya. Pensil kayu memiliki beberapa tingkatan, dari lunak hingga keras.

5. Kelebihan

Pensil kayu lebih cocok digunakan untuk keperluan mengarsir dan membuat gambar dengan garis yang tebal. Jenis pensil ini juga dapat diraut sesuai kebutuhan. Isi pensil dapat diruncingkan dan ditumpulkan dengan mudah.

Pensil kayu memiliki harga yang lebih terjangkau daripada pensil mekanik. Pensil ini juga cocok untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.

6. Kekurangan

Pensil kayu terkadang memiliki inti yang rapuh sehingga berpotensi mengotori kertas. Setiap ujung pensil tumpul dan habis, kita harus meraut ulang agar dapat digunakan kembali. Karena harus selalu diraut, efisiensi waktu ketika menggunakan pensil ini juga berkurang.

Itulah perbedaan pensil mekanik dan pensil kayu berdasarkan kelebihan dan kekurangannya. Setelah mengetahuinya, manakah pensil yang lebih cocok untuk Anda?

Baca Juga: Macam-macam Ukuran Kertas HVS yang Umum Digunakan

Kebutuhan akan pensil sebagai alat tulis adalah hal yang penting untuk dipenuhi. PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS), dapat menjadi distributor dengan produk berkualitas untuk Anda. Mari tentukan produk alat tulis yang Anda butuhkan di sini.

Pensil mekanik vs pensil kayu, keduanya adalah alat tulis yang penting. Alat tulis adalah keperluan pokok baik dalam bangku sekolah hingga perkantoran. Untuk itu, mari penuhi kebutuhan akan alat tulis seperti pensil dan sebagainya bersama PT BPS. Agar kebutuhan Anda terpenuhi, mari segera kontak kami di sini

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait