Cara Penggunaan Stapler yang Benar

cara penggunaan stapler

Bagaimana cara penggunaan stapler yang benar? Stapler sendiri merupakan salah satu ATK sederhana yang banyak digunakan dalam kegiatan perkantoran. Alat ini biasanya akan digunakan untuk merapikan beberapa lembar dokumen penting agar tidak berceceran. Dengan alat ini, Anda dapat menyatukan kertas dengan lebih efisien.

Saat ini tersedia banyak pilihan stapler, mulai dari stapler manual, stapler elektrik, serta stapler besar. Oleh karena itu, tidak heran jika ada beberapa orang yang masih bingung cara menggunakannya. Agar lebih paham, mari ketahui cara penggunaannya melalui informasi berikut!

Cara Penggunaan Stapler

Untuk dapat menggunakan stapler dengan benar, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Berikut panduan menggunakan stapler yang dapat Anda ikuti:

  • Siapkan Stapler dan Kertas

Untuk stapler model top load Anda bisa membuka tutup stapler dengan cara pegang bagian bawah stapler, lalu tarik sisi atasnya hingga terbuka penuh dan terlihat penampung kokotnya. 

Sementara itu, untuk stapler model back load biasanya terdapat tombol pada sisi belakangnya. Anda bisa tekan tombol tersebut hingga wadah kokot keluar sedikit, dan tarik hingga keluar seluruhnya.

Stapler elektrik juga biasanya memiliki tombol pada bagian belakang. Anda bisa memegang bagian dasar dengan kuat untuk membuka stapler elektrik.

Selanjutnya, masukkan isi stapler atau kokot dengan bagian runcing mengarah ke dasar wadahnya. Untuk menutup stapler pada model top load, Anda bisa menekannya ke bawah hingga terpasang kuat. Pada model back load, Anda bisa menekan wadah ke dalam untuk menutupnya.

  • Satukan Kertas dengan Stapler

Setelah stapler sudah siap, cara penggunaan stapler berikutnya yaitu satukan kertas menggunakan stapler. Sebelumnya, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa lembar kertas yang ingin disatukan. Posisikan stapler pada pojok kertas. Kokot akan keluar dengan otomatis ketika Anda menekannya.

Bila Anda menggunakan stapler elektrik, biasanya kokot akan langsung keluar. Namun, bila stapler elektrik tidak langsung menembak kokot, tekan kertas ke arah belakang dan pastikan stapler sudah tercolok dengan benar. Saat kertas berhasil disatukan, Anda akan mendengar bunyi “klik”.

Selanjutnya, pastikan stapler sudah berhasil menyatukan kertas dengan kuat. Bila kokot berada pada posisi yang salah, longgar, atau bengkok, Anda bisa mencongkel kaki-kakinya hingga terlepas. Selanjutnya, ulangi penggunaan stapler hingga hasilnya bagus.

Beberapa stapler mungkin sering macet ketika digunakan untuk menyatukan terlalu banyak kertas. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuka stapler, lalu gunakan tang kecil, pinset, atau alat jepit lainnya untuk mencabut kokot yang bengkok pada stapler. Pada stapler elektrik, jangan lupa untuk mencabut dayanya terlebih dahulu.

  • Gunakan Stapler untuk Menempelkan Kertas pada Permukaan Benda

Selain digunakan untuk menyatukan beberapa lembar kertas, stapler juga dapat digunakan untuk menempelkan kertas pada permukaan benda. Cara penggunaan stapler ini dimulai dengan menarik bagian atas stapler menuju belakang pada bagian bawah wadah kokot.

Pada tipe stapler lain, biasanya tersedia tonjolan berwarna perak pada bagian bawahnya yang menghadap ke arah belakang. Tekan tombol tersebut agar stapler dapat terbuka.

Biarkan pangkal stapler menggantung ketika Anda akan menggunakan wadahnya untuk menempelkan kertas di permukaan benda. Pegang kertas yang akan ditempel, lalu tekan celah pelontar stapler dengan kuat pada bagian kertas yang ingin ditempel. Anda bisa mengulangi langkah ini hingga kertas menempel dengan kuat.

Tips Memilih Stapler

Setelah mengetahui cara penggunaan stapler di atas, mungkin Anda bingung harus memilih stapler yang mana. Seperti yang diketahui, saat ini ada banyak jenis stapler yang dapat dipilih. Berikut rekomendasi stapler yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan:

Max HD 12L merupakan jenis stapler yang biasa digunakan untuk kegiatan penjilidan dokumen. Produk ini mempunyai kapasitas sampai 160 lembar sehingga sangat cocok untuk melengkapi perlengkapan kantor Anda. 

Stapler ini terbuat dari baja berwarna silver. Ukuran dimensinya yaitu 518 cm x 118 cm x 280 cm. Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh jenis stapler ini di antaranya:

  • Memiliki penekanan yang kuat sehingga cocok untuk penjilidan yang tebal.
  • Tenggorokan stapler memiliki kedalaman yang cukup besar sehingga dapat digunakan untuk menjilid dokumen yang besar. 
  • Terdapat fitur untuk menyesuaikan kedalaman stapler, jadi bisa disesuaikan dengan ukuran dokumen.
  • Tersedia panduan kertas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Baki stapler dapat dilepas pasang sehingga lebih fleksibel. 
  • Gagang pegangan stapler cukup ergonomis sehingga memudahkan penggunaan.

Jenis stapler berikutnya yaitu stapler Max HD 10. Stapler ini mempunyai kapasitas paling banyak 20 lembar saja dengan ukuran kertas 64 gsm, serta berkapasitas 16 lembar untuk kertas dengan ukuran 80 gsm.

Setiap stapler mampu menampung hingga 50 isi stapler dan biasanya hadir dalam pilihan warna menarik, seperti orange, magenta, light green, sky blue, purple, dan royal yellow. Ukurannya cukup kecil, yaitu 9,3 cm x 4 cm x 2 cm sehingga mudah dibawa kemana-mana. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh stapler ini yaitu:

  • Memiliki desain yang ergonomis sehingga lebih mudah digunakan dan dibawa-bawa. 
  • Kaki stapler dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Hadir dengan penahan kertas yang cukup kokoh. 
  • Terdapat jendela indikator isi stapler yang dapat digunakan untuk mengecek ketersediaan isinya.
  • Awet dan tidak mudah rusak (tergantung cara penggunaan stapler).

Stapler Max HD 10D merupakan jenis stapler yang juga biasa digunakan untuk penjilidan. Stapler ini terbuat dari bahan plastik dan logam dengan pilihan warna yang menarik, seperti gray, black, rose dan yellow. 

Stapler ini memiliki kapasitas maksimal 20 lembar untuk kertas dengan ketebalan 64 gsm, dan kapasitas 16 lembar pada kertas dengan ukuran 80 gsm. Setiap produknya mampu menampung hingga 100 isi stapler. Stapler ini juga menawarkan beberapa fitur yang menarik, yaitu:

  • Hasil penjilidan lebih kuat dan tahan untuk waktu yang cukup lama.
  • Memiliki desain yang ergonomis sehingga penggunaannya mudah dan nyaman.
  • Tersedia fitur pembuka stapler yang memudahkan proses pengisian kokot.
  • Sangat cocok digunakan untuk kebutuhan penjilidan di rumah, sekolah, atau perkantoran.

Rekomendasi terakhir yang dapat Anda pilih yaitu Stapler Max HD 50. Stapler ini dapat diisi oleh stapler No.3-1M. Adapun kapasitasnya yaitu maksimum 30 lembar pada kertas berukuran 84 gsm dan 24 lembar bagi kertas berukuran 80 gsm. Setiap produknya, mampu menampung isi stapler hingga 50.

Ada banyak pilihan warna menarik Stapler Max HD 50 yang dapat Anda pilih, seperti beige, black, pink, dan gray. Ukuran dari stapler ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, yaitu 150 x 50  x 40 mm dengan berat 450 gram. Beberapa fitur yang ditawarkan yaitu:

  • Penjepit sangat kuat dan awet.
  • Memiliki desain yang ergonomis sehingga nyaman digunakan.
  • Penjepit kertas lebih mudah untuk dilepas. 
  • Hadir dalam beragam pilihan warna yang cantik.

Demikian cara penggunaan stapler dan beberapa stapler yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Anda bisa mendapatkan stapler tersebut di Distributor ATK dan lakban Bangkit Perkasa. Tersedia banyak pilihan stapler untuk menunjang penjilidan yang lebih mudah. Kunjungi Kontak Bangkit Perkasa untuk melakukan pemesanan produk. Serta pelajari tips terkini seputar bisnis ATK dan lakban melalui laman blog Bangkit Perkasa Sukses!!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait