Ide Hadiah Lomba yang Bermanfaat untuk Anak SD

hadiah lomba yang bermanfaat untuk anak sd - BPS

Memberikan hadiah lomba yang bermanfaat untuk anak SD setelah mereka memenangkan lomba bukan hanya berupa penghargaan semata, tetapi juga sebagai tanda apresiasi dan bentuk dukungan bagi mereka.

Hadiah yang tepat dapat memotivasi mereka untuk terus berprestasi sekaligus mendukung perkembangan kognitif, sosial, dan emosional mereka. Umumnya, ada banyak lomba yang biasanya diadakan untuk anak SD. Baik lomba akademik, ataupun lomba non akademik seperti saat momen perayaan 17 Agustus. Lalu, hadiah apa yang cocok?

Rekomendasi Hadiah Lomba yang Bermanfaat Untuk Anak SD

Dalam rangka mengapresiasi anak SD yang mengikuti lomba dan berhasil juara, ada baiknya memberikan mereka hadiah yang bermanfaat. Salah satunya yaitu media mereka untuk belajar. Berikut rekomendasi hadiah lomba yang bermanfaat bagi anak SD:

1. Buku Tulis 

Hadiah lomba pertama yang dapat Anda berikan bagi anak SD yaitu buku tulis. Alat tulis ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi anak SD, karena mereka akan menggunakannya untuk kegiatan belajar, baik di rumah ataupun sekolah. 

Buku tulis dapat mereka gunakan untuk mencatat pelajaran, menulis cerita, menulis perhitungan, dan sebagainya. Dengan begitu, hadiah ini dapat membantu mereka untuk lebih berkembang.

Biasanya, anak SD menyukai karakter kartun yang lucu dan berwarna-warni. Jadi, agar lebih menarik, Anda bisa memberi mereka buku tulis dengan gambar-gambar yang lucu dan penuh warna. 

2. Pensil Warna

Salah satu kegiatan yang paling digemari oleh anak SD yaitu pensil warna. Media ini dapat membantu merangsang kreativitas anak agar lebih berkembang. Dengan pensil warna, anak-anak dapat mengekspresikan imajinasi mereka melalui gambar dan warna.

Selain itu, kegiatan menggambar dan mewarnai juga dapat meningkatkan keterampilan motorik halus sambil membantu anak-anak belajar mengenal warna. Anda dapat memilih pensil warna yang berkualitas baik dan memiliki pilihan warna yang lengkap agar disukai oleh anak-anak.

3. Pensil

Pensil dapat menjadi hadiah lomba yang bermanfaat untuk anak SD. Hadiah ini bisa diibaratkan pasangan yang tidak dapat terpisahkan dari buku. Tanpa pensil, anak-anak tidak dapat belajar menulis atau menggambar.  

Saat ini, tersedia banyak pilihan pensil yang hadir dengan bentuk yang menarik. Tentunya, hal ini dapat mendorong semangat anak dalam belajar menulis. Selain memperhatikan kemasannya, penting juga untuk memilih pensil dengan kualitas unggul.

Pensil yang berkualitas tentu akan lebih nyaman saat digunakan, karena warnanya akan lebih pekat dan tidak mudah patah. Dengan begitu kegiatan belajar anak tidak akan terganggu.

4. Penghapus

Selain pensil, penghapus juga dapat menjadi pilihan hadiah lomba yang bermanfaat untuk anak SD. Penghapus akan sangat berguna bagi anak SD saat mereka sedang belajar menulis atau menggambar. Pasalnya, alat tulis ini dapat digunakan untuk menghapus tulisan atau gambar yang salah.

Anda dapat memberikannya seperangkat dengan pensil, dan buku. Sama seperti pensil, saat ini penghapus juga tersedia dalam bentuk yang menarik. Bahkan, beberapa di antaranya hadir dengan bentuk karakter dan warna yang menarik. Tentunya, hal ini dapat membuat mereka senang saat menerimanya. 

5. Crayon

Selain pensil warna, media lainnya yang banyak digemari oleh anak SD untuk mewarnai yaitu crayon. Dengan crayon, anak-anak dapat membuat gambar yang penuh dengan warna. Tentunya, hal ini juga dapat membantu mengembangkan kreativitas anak.

Saat ini, crayon sudah hadir dengan berbagai macam bentuk. Beberapa di antaranya hadir dengan kemasan seperti pensil warna sehingga lebih mudah digenggam dan digunakan oleh anak-anak saat mewarnai.

Selain itu, setiap paket crayon memiliki pilihan warna yang berbeda-beda. Ada yang hanya terdiri dari 12 warna, ada juga paket crayon yang menawarkan pilihan warna yang jauh lebih lengkap. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan anggaran lomba tersebut.

6. Buku Gambar

Tidak hanya buku tulis, buku gambar juga dapat menjadi pilihan hadiah lomba yang bermanfaat untuk anak SD. Pada usia ini, anak-anak biasanya sangat senang dengan kegiatan menggambar. Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi pilihan hadiah yang tepat. 

Dengan adanya buku gambar, anak-anak dapat menggambar apa saja yang mereka inginkan. Tentunya, hal ini membantu mereka untuk mengasah bakat seni yang dimilikinya sejak dini. 

Cobalah pilih buku gambar yang memiliki kertas tebal dan tidak mudah sobek agar lebih awet. Selain itu, Anda juga dapat memilih buku gambar dengan sampul yang menarik agar mereka lebih bersemangat ketika menggambar.

Ide Perlombaan yang Cocok untuk Anak SD

Perlombaan merupakan salah satu cara untuk memeriahkan suatu momen tertentu. Untuk anak-anak SD, Anda dapat memilih lomba yang menyenangkan dan tidak berbahaya dilakukan oleh anak-anak. Berikut sederet lomba yang cocok untuk anak SD:

  • Lomba Estafet Karet

Lomba estafet karet dapat menguji kerja sama antar tim dalam perlombaan. Dalam permainan ini, peserta harus memindahkan karet gelang dari satu titik ke titik lainnya menggunakan sedotan. Cara bermainnya yaitu siapkan beberapa sedotan dan karet gelang. Bagi peserta menjadi beberapa tim, masing-masing tim terdiri dari 4-5 anak.

Setiap anggota tim harus menggunakan sedotan untuk mengambil karet gelang dan memindahkannya dari satu peserta ke peserta lainnya dalam tim yang sama hingga karet tersebut sampai pada titik yang ditentukan. 

Tim yang berhasil memindahkan semua karet gelang dengan cepat adalah pemenangnya. Selanjutnya, panitia dapat memberikan hadiah lomba yang bermanfaat untuk anak SD pada pemenangnya.

  • Lomba Makan Kerupuk

Lomba yang satu ini seringkali ditemui pada momen perayaan 17 Agustus dan menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya menyenangkan, lomba ini juga cukup lucu dan menghibur.

Sebelum memulai lomba, kerupuk akan digantung pada ketinggian yang disesuaikan dengan tingin peserta. Pastikan kerupuk diikat dengan baik agar mudah diraih oleh anak-anak.

Selanjutnya, peserta harus memakan kerupuk yang digantung tersebut tanpa menggunakan tangan. Bila perlu, tangan peserta bisa diikat ke belakang punggung untuk berjaga-jaga dari kecurangan.

Agar lebih lucu dan menantang, panitia sesekali dapat menggoyangkan tali kerupuk tersebut agar anak-anak sulit meraihnya. Anak yang pertama kali berhasil menghabiskan kerupuk, itulah pemenangnya.

  • Lomba Balap Karung

Selain lomba makan kerupuk, lomba lainnya yang menjadi favorit di kalangan anak-anak yaitu lomba balap karung. Lomba tradisional ini akan menguji kecepatan dan keseimbangan anak untuk dapat sampai finish dengan cara melompat-lompat menggunakan karung.

Sebelum mulai perlombaan, panitia dapat menyiapkan beberapa karung yang kuat dan cukup besar untuk anak-anak. Buatlah garis start dan finish untuk menentukan posisi awal dan terakhir dari lomba tersebut.

Selanjutnya, setiap peserta harus masuk ke dalam karung hingga pinggang dan melompat menuju garis finish. Anak yang pertama kali mencapai garis finish adalah pemenangnya.

Demikian ide hadiah lomba yang bermanfaat untuk anak SD lengkap dengan ide lomba yang dapat diadakan. Anda bisa memberikan perlengkapan alat tulis dan mengadakan lomba yang aman untuk mereka. 

Perlengkapan alat tulis ini bisa Anda dapatkan di Distributor ATK dan lakban Bangkit Perkasa. Tersedia banyak pilihan alat tulis seperti buku tulis, pensil, dan lainnya. Kunjungi Kontak Bangkit Perkasa untuk melakukan pemesanan produk. Serta pelajari tips terkini seputar bisnis ATK dan lakban melalui laman blog Bangkit Perkasa Sukses!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait