...

Penerapan Strategi O2O dalam Bisnis ATK

Strategi-O2O-dalam-Bisnis-ATK-BPS

Apakah toko ATK Anda akhir-akhir ini sepi pelanggan? Atau mungkin Anda mulai mengkhawatirkan adanya persaingan toko online ATK di e-commerce?

Kekhawatiran ini sangat wajar. Seiring dengan perkembangan digital, gaya hidup masyarakat pun berubah, termasuk pola belanja yang beralih dari offline ke online. 

Tidak jarang, para pemilik toko fisik merasa cemas akan hal ini. Mengingat Anda juga perlu menjaga kestabilan kas bisnis demi bisa membayar operasional karyawan dan lain sebagainya. 

Jangan panik, strategi O2O adalah solusi cerdas untuk Anda. Pahami betul strategi O2O (Online to Offline) dan bagaimana cara penerapannya secara tepat. Maka dari itu, ikuti penjelasan strateginya berikut ini: 

Memahami Konsep O2O

Sebelum mengetahui apa itu O2O, Anda perlu memahami satu hal penting bahwa kemunculan toko online di e-commerce tidak sepenuhnya menyingkirkan keberadaan toko fisik Anda. Mengapa demikian?

Jadi, Google telah melakukan riset bahwa 80% pelanggan masih membutuhkan offline store ketika mereka membutuhkan barang dengan cepat. Ini tentu bisa menjadi angin segar untuk meningkatkan optimisme Anda dalam berbisnis ATK. 

Namun, tentu kecanggihan teknologi juga perlu Anda perhatikan. Oleh sebab itu, strategi O2O memainkan peran. Lalu, bagaimana konsep O2O sebenarnya?

Secara definisi, O2O adalah model bisnis yang mengombinasikan konsep toko online dan toko fisik untuk meningkatkan penjualan. Sederhananya, Anda menarik perhatian pelanggan melalui toko online atau platform digital dan menggiring mereka untuk melakukan pembelian secara offline

Jadi, Anda tidak akan menjadikan e-commerce sebagai lawan, melainkan mitra yang saling melengkapi bisnis ATK Anda. 

Kelebihan dari model bisnis ini adalah Anda menawarkan pengalaman belanja yang lengkap untuk pelanggan. Belanja online memang sudah menjadi kebiasaan belanja masyarakat modern. Namun, ada kalanya mereka butuh untuk pergi ke toko fisik dengan tujuan memastikan kualitas barang yang diinginkan. 

Dengan menggunakan strategi O2O, Anda memberikan akses yang mudah kepada pelanggan untuk mengetahui produk-produk ATK yang dibutuhkan. Anda juga memberikan fasilitas pembelian langsung melalui toko fisik agar para pelanggan bisa memeriksa secara lengkap terhadap produk yang diinginkan. Tentu, sangat solutif, bukan? 

Memainkan dua konsep antara online dan offline tentu akan mendekatkan Anda dengan pelanggan. Di sisi lain, Anda juga bisa menghemat biaya operasional seperti ongkos kirim jika hanya mengandalkan toko online di e-commerce

Pada akhirnya, Anda tidak perlu mengkhawatirkan persaingan bisnis digital yang semakin ketat. Anda hanya perlu menjadi lebih adaptif agar toko ATK bisa bersaing secara maksimal.

Alasan Penting untuk Menerapkan Strategi O2O dalam Bisnis ATK

Setelah memahami penjelasan konsep di atas, Anda tentu sepakat bahwa strategi O2O adalah salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan di era digital. Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa penerapan O2O dalam bisnis ATK menjadi sebuah keharusan. 

1. Meningkatkan Brand Awareness

Bagaimana bisnis ATK Anda bisa dikenal pelanggan jika tanpa keterpaparan informasi di media digital? Mungkin, Anda bisa saja menggunakan media promosi secara tradisional seperti melalui banner, koran, flyer, dan lain sebagainya. 

Namun, penggunaan media digital seperti media sosial saat ini memainkan peran krusial dalam persaingan bisnis. Tanpa adanya online presence di e-commerce atau media sosial, toko ATK Anda mungkin akan sulit untuk menjangkau pelanggan secara luas. 

Maka dari itu, konsep O2O akan mendorong toko ATK Anda semakin dikenal oleh banyak orang melalui kombinasi promosi media digital dan tradisional (keberadaan toko fisik). Inilah mengapa, strategi O2O mampu meningkatkan brand awareness bisnis Anda. 

2. Memudahkan dalam Mengelola Ketersediaan Barang

Salah satu manfaat penting penerapan strategi O2O adalah Anda bisa dengan mudah mengelola ketersediaan barang. Dengan mengombinasikan sistem online dan offline, Anda dapat mengetahui produk ATK apa saja yang perlu diisi ulang di toko fisik. 

Anda juga bisa mencatat pergerakan stok secara tepat. Anda bisa mengintegrasikan data penjualan platform online dengan sistem manajemen toko fisik. Hal ini tentu akan mengurangi risiko kekurangan dan kelebihan stok yang bisa mengecewakan pelanggan serta membebani biaya operasional. 

Di sisi lain, Anda juga bisa menemukan produk ATK apa saja yang paling diminati dan dibutuhkan oleh pelanggan melalui riwayat pemesanan online

3. Strategi Pemasaran yang Efektif

Masih bingung tentang strategi pemasaran bisnis ATK? Anda tidak perlu pusing. O2O adalah strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis Anda. Keberadaan toko ATK Anda baik secara fisik maupun online sebenarnya juga bisa menjadi media promosi atau pemasaran. 

Strategi O2O dalam bisnis bisa dijadikan sebagai sebuah strategi kampanye pemasaran terpadu yang mencangkup berbagai saluran. Misalnya, toko online Anda di media sosial menawarkan promosi khusus jika pelanggan melakukan pembelian secara daring dan mengambilnya di toko offline

Dengan demikian, pelanggan tidak hanya akan mengetahui channel toko Anda di platform digital, tetapi juga keberadaan toko secara fisik. Selain itu, pelanggan juga bisa merasakan pelayanan personal selama proses pengambilan di toko offline.

4. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Dari penjelasan strategi pemasaran di atas, bisa disimpulkan bahwa O2O adalah strategi efektif untuk  menjangkau target pasar yang lebih luas. Promosi online akan memungkinkan pelanggan untuk menjelajahi produk ATK dengan mudah tanpa harus pergi langsung ke toko fisik. 

Strategi Penerapan O2O dalam Bisnis ATK

Jangan bingung, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut untuk menerapkan strategi O2O:

1. Tentukan Objektif dan Media yang Digunakan 

Langkah pertama penerapan strategi O2O adalah menentukan objektif bisnis yang ingin dicapai melalui kombinasi konsep online dan offline. Misalnya, Anda ingin meningkatkan brand awareness toko fisik Anda. Berarti, Anda bisa membangun channel secara online yang hanya digunakan untuk mengetahui detail produk dan toko fisik Anda. 

Selain itu, pilihlah media atau channel yang tepat sesuai dengan target pelanggan Anda seperti website, media sosial, e-commerce, dan lain sebagainya. 

2. Desain Media Online Toko ATK Secara User Friendly

Langkah yang kedua adalah mendesain toko online Anda agar user friendly. Buatlah tampilan produk atau toko menjadi lebih responsif, desain visual yang menarik, dan proses navigasi yang mudah.

Hal ini akan membantu pelanggan untuk mendapatkan keinginan mereka melalui channel atau media toko online.  

3. Buat Kampanye Digital Bisnis ATK 

Setelah itu, Anda bisa merancang program kampanye digital bisnis ATK. Misalnya, Anda berkeinginan agar target pelanggan Anda mengetahui lokasi toko fisik ATK. 

Anda bisa menawarkan 50 voucher diskon 10% di media sosial bagi pelanggan pertama yang pergi ke toko fisik Anda. 

4. Mintalah Feedback dari Pelanggan

Terakhir, selalu mintalah feedback dari pelanggan tentang pelayanan toko Anda. Anda juga bisa bertanya kepada mereka bagaimana mereka tahu tentang letak toko fisik Anda. 

Mulai Ekspansi Bisnis ATK Anda bersama Distributor ATK Bangkit Perkasa

Itulah beberapa penjelasan mengapa strategi O2O adalah kunci keberhasilan bisnis ATK Anda. Di sisi lain, Anda juga perlu memperhatikan kualitas produk ATK yang ingin dijual. 

Anda butuh supplier produk-produk ATK berkualitas? 

Bangkit Perkasa bisa jadi mitra Anda yang terpercaya untuk memenuhi kebutuhan produk ATK. Telusuri lebih lanjut laman ini untuk mengetahui ragam produk lakban dan ATK kami.

Jika ingin berkonsultasi, jangan ragu untuk berkonsultasi melalui laman kontak. Jangan lupa, klik artikel Bangkit Perkasa agar Anda bisa menemukan informasi seputar strategi bisnis ATK.

Bagikan Artikel: