Ketahui Perbedaan Mewarnai Menggunakan Crayon Pensil Warna dan Spidol

Perbedaan Mewarnai Menggunakan Crayon Pensil Warna dan Spidol - BPS

Banyak perbedaan mewarnai menggunakan crayon pensil warna dan spidol yang perlu Anda pahami. Perbedaan bahan baku menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas pewarnaan masing-masing media. 

Warna yang khas dari crayon tentu tidak akan Anda dapatkan saat mewarnai dengan spidol. Itulah mengapa, penting mengetahui apa yang membedakan ketiga media untuk mewarnai tersebut. Berikut pembahasan selengkapnya untuk Anda:

Perbedaan Mewarnai Menggunakan Crayon Pensil Warna Dan Spidol

Hasil mewarnai dengan pensil warna, crayon, dan spidol akan sangat berbeda. Ketahui berbagai faktor yang melatarbelakanginya di bawah ini:

1. Warna yang Dihasilkan Jika Menggunakan Pensil Warna

Sebagai alat untuk mewarnai, pensil warna termasuk yang paling mudah untuk digunakan. Selain bisa mewarnai dengan bersih, media ini mendukung gambar Anda jadi lebih detail, ekspresif, serta photorealistic.

Warna yang dihasilkan oleh pensil warna dapat Anda atur melalui pelapisan. Pewarnaan lapisan pertama cenderung ringan. Kemudian, secara bertahap warnanya menjadi lebih cerah melalui pelapisan berikutnya. 

Anda pun dapat membuat gradasi warna yang terlihat halus. Untuk pelapisan yang tipis, pigmen warna dari media ini lebih mudah terkelupas dan hilang. Tetapi, setelah melalui pelapisan yang tebal warnanya akan lebih berpigmen dan tidak mudah dihilangkan.

2. Warna yang Dihasilkan Jika Menggunakan Crayon

Selanjutnya, perbedaan mewarnai menggunakan crayon pensil warna dan spidol terletak pada kesesuaian warnanya. Crayon memiliki warna yang lebih tepat dengan intensitas tinggi. 

Hasil dari menggunakan crayon sebagai media mewarnai adalah warnanya lebih lembut. Selain itu, crayon memiliki corak warna yang lengkap untuk setiap warna utama. Misalnya, tersedia warna marun untuk warna utama merah serta warna navy untuk warna utama biru. 

Kelengkapan corak warna tersebut tentu menghasilkan perpaduan yang apik. Terutama dalam aspek shading dan highlighting warnanya. Mewarnai dengan crayon juga lebih ideal untuk area gambar yang luas, mengingat daya sebarnya yang lebar.

3. Warna yang Dihasilkan Jika Menggunakan Spidol

Mewarnai dengan spidol akan menghasilkan warna yang lebih jelas dan cerah visualnya. Kemudian, perbedaan mewarnai menggunakan crayon pensil warna dan spidol adalah warnanya tidak melebar dan lebih rapi. 

Ini karena daya sebar dapat diatur dengan ujung spidol yang runcing. Hasil pewarnaan menjadi apik untuk dilihat, sebab warna spidol pekat dan tebal.

Mendapatkan spidol untuk mewarnai bisa melalui Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa. Tersedia produk spidol seperti Artline Pencil Type Marker 12 Colors dengan ujung pena yang presisi dan halus.

Spidol warna dari Artline ini tahan air dan sinar ultraviolet. Mewarnai jadi lebih nyaman dengan kesegaran tinta yang terjaga melalui tutup penanya. Untuk mendapatkan spidol berkualitas tersebut, hubungi kami sekarang!

Kelebihan dan Kekurangan Pensil Warna

Mengetahui perbedaan mewarnai menggunakan crayon pensil warna dan spidol saja tidak cukup. Berikut kelebihan dari pensil warna dibandingkan media mewarnai lainnya:

  • Mudah dibersihkan. Pensil warna hanya perlu Anda letakkan kembali ke tempatnya setelah Anda selesai mewarnai. Sebab, tidak menimbulkan noda seperti crayon atau cat air; 
  • Serbaguna. Mewarnai dengan pensil warna bisa menggunakan berbagai teknik. Mulai dari pelapisan atau layering, blending, hingga mengaplikasikan pelarut;
  • Presisi dan mudah diatur. Anda bisa menghasilkan corak warna yang presisi melalui pengaturan dengan berbagai teknik mewarnai. Hasilnya, Anda bisa menciptakan gambar realisme yang detail;
  • Jenisnya beragam. Mulai dari pensil warna air hingga pensil warna lilin, Anda bisa sesuaikan dengan preferensi. Ini juga menjadi kesempatan bereksperimen untuk menemukan gaya mewarnai yang paling ideal untuk Anda;
  • Tidak mudah luntur. Pensil warna dengan kualitas kelas atas tahan terhadap cahaya. Ini penting bila Anda mewarnai karya yang akan dijual atau dipamerkan. Ketahanan ini tentu karena pigmen pada pensil warna yang tidak mudah pudar.

Sementara itu, kekurangan dari pensil warna sebagai alat mewarnai yang jadi perbedaan mewarnai menggunakan crayon pensil warna dan spidol yaitu:

  • Cukup memakan waktu. Untuk mewarnai satu karya yang besar, perlu puluhan jam terutama jika tingkat kerumitannya tinggi. Misalnya, saat Anda ingin menciptakan kesan realistis yang mengharuskan Anda menambahkan banyak lapisan warna;
  • Kurang ideal untuk pembauran. Tidak seperti grafit atau pastel yang mudah dibaurkan warnanya, pigmen pada pensil warna cukup sulit digeser. Ini mengharuskan Anda menggunakan pelarut demi mendapatkan efek yang diinginkan;
  • Sulit memperbaiki kesalahan pewarnaan. Anda tidak dapat mencerahkan lapisan warna yang telah dibuat sebelumnya. Sebab, permukaan warna yang semakin dilapisi membuatnya lebih sulit dihapus.

Kelebihan dan Kekurangan Crayon

Crayon merupakan alat untuk mewarnai yang memiliki ciri khas. Beberapa kelebihan crayon di antaranya: 

  • Warnanya lebih akurat. Variasi warna crayon juga lebih sesuai dan akurat dengan namanya. Termasuk untuk corak warna turunan dari warna utamanya. Seperti warna merah muda yang merupakan turunan warna merah dan terlihat akurat sesuai namanya;
  • Tahan air. Crayon terbuat dari lilin sehingga menjadi media mewarnai yang tahan terhadap air;
  • Mudah digunakan. Mewarnai dengan crayon lebih mudah karena daya sebarnya luas sehingga cocok untuk karya berukuran besar;
  • Ekonomis dan hemat. Seluruh permukaan crayon dapat Anda gunakan mewarnai, baik sisi tajam maupun tumpulnya. Ini membuat crayon alat mewarnai yang ekonomis karena bisa dimaksimalkan hingga habis.

Beberapa kekurangan crayon yang perlu Anda perhatikan sebagai antara lain:

  • Kurang ideal untuk pencampuran. Meskipun bisa menerapkan pelapisan, material crayon membuatnya tidak bisa tercampur secara optimal dengan material lain;
  • Tekniknya terbatas. Mewarnai dengan crayon tidak bisa menerapkan teknik yang canggih. Terutama untuk mewarnai secara detail mengikuti garis gambar yang telah dibuat. 

Kelebihan dan Kekurangan Spidol

Membahas kelebihan spidol sebagai alat mewarnai cukup banyak, contohnya:

  • Warnanya lebih cerah. Mewarnai dengan spidol menghasilkan warna yang tajam dan cerah. Selain kualitas tintanya, ujung pena spidol yang tajam juga membuatnya menghasilkan garis tebal yang jelas;
  • Lebih rapi. Ujung spidol yang runcing tersebut membuat pewarnaan jadi lebih rapi dan bersih. Garis pada gambar Anda masih bisa terlihat dengan baik tanpa khawatir tertutup dengan spidol;
  • Lebih praktis. Spidol tidak harus diraut untuk menggunakannya. Anda tinggal membuka tutup spidol, lalu memoles gambar dengan warna sesuai konsepnya.

Adapun kekurangan dari spidol untuk mewarnai adalah: 

  • Tidak cocok untuk pencampuran. Tinta spidol bersifat tidak dapat dicampur. Artinya, Anda tidak bisa menghasilkan gradasi warna pada gambar. Bila gaya mewarnai Anda membutuhkan banyak pencampuran, maka spidol tidak ideal digunakan;
  • Media kanvas terbatas. Tinta spidol rentan tembus pada kanvas atau kertas yang tipis. Itulah mengapa, perlu kanvas dengan ketebalan tertentu agar mewarnai dengan spidol bisa dilakukan.

Berbagai perbedaan mewarnai menggunakan crayon pensil warna dan spidol tersebut semoga menjadi referensi bermanfaat bagi Anda, pelajari lebih lanjut produk ATK Bangkit Perkasa. Bila preferensi media mewarnai Anda adalah crayon, dapatkan hanya di Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa.

Tersedia Crayon Titi 55 Warna yang lebih unggul karena mudah dicampur. Warna crayon terang dan tajam dengan ketahanan tinggi. Crayon ini juga aman untuk anak karena bebas bahan beracun. Kunjungi Kontak Bangkit Perkasa untuk melakukan pemesanan produk. Serta pelajari tips terkini seputar bisnis ATK dan lakban melalui laman blog Bangkit Perkasa Sukses!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait