Macam-macam Ukuran Kertas HVS yang Umum Digunakan

Ukuran kertas hvs terdiri dari beberapa macam yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. HVS (Houtvrij Schrift) adalah salah satu jenis kertas yang banyak digunakan, terutama untuk keperluan cetak mencetak.

Di pasaran, jenis kertas ini memiliki berbagai macam ukuran yang perlu Anda ketahui. Agar tidak salah pilih, berikut akan dijelaskan ukuran dari kertas HVS beserta kegunaannya masing-masing.

Ukuran Kertas HVS yang Perlu Anda Ketahui

Penggunaan kertas HVS cukup besar terutama pada industri percetakan atau bidang perkantoran. Kertas ini memiliki tekstur yang cukup kasar dan dapat menyerap tinta dengan baik. 

Lantas, apa saja macam ukuran dari kertas HVS yang paling banyak digunakan? Simak daftar dan karakteristiknya berikut ini!

1. Ukuran A6

Kertas HVS ukuran A6 banyak digunakan untuk nota belanja, memo, hingga selebaran. Ukuran ini memiliki dimensi 10,5 x 14,8 centimeter. Karena cukup kecil, jenis ukuran ini tidak banyak digunakan dibanding kertas HVS lainnya.

2. Ukuran A5

Kertas A5 tentu lebih sering kita jumpai. Kertas ini banyak digunakan untuk pembuatan novel, buku menu, undangan, hingga brosur. Ukuran kertas ini yaitu 14,8 x 21,0 cm. dalam pembuatan novel, kertas berwarna kuning lebih banyak digunakan karena nyaman untuk dibaca.

3. Ukuran A4

Kertas A4 paling banyak digunakan di perkantoran. Ukuran kertas ini yaitu 21 x 29,7 cm. Kertas HVS A4 berfungsi untuk membuat jadwal, mencetak dokumen, membuat sketsa, dan masih banyak lagi. Jenis kertas ini juga banyak digunakan di sekolah dan kampus.

4. Ukuran A3

Kertas A3 memiliki ukuran yang lebih besar sehingga jarang digunakan dibanding A4. Ukuran kertas ini yaitu 29,7 x 42 cm. Jenis kertas HVS ini banyak digunakan untuk mencetak selebaran, laporan kerja, atau media gambar.

5. Ukuran A2

Kertas A2 memiliki ukuran 42 x 59,4 cm. Ukuran kertas HVS ini banyak digunakan untuk mencetak poster, peta, atau gambar dalam ukuran besar. 

Itulah macam ukuran dari kertas HVS yang banyak digunakan. Pastikan, Anda mengetahui kebutuhan kertas dengan baik agar tidak salah memilih ukuran.

Tips Memilih Kertas HVS

Dalam memilih kertas HVS, Anda juga perlu memperhatikan beberapa tips berikut. Jangan salah menentukan kertas, ya!

1. Ketebalan

Kertas HVS umumnya memiliki ketebalan yang relatif tipis, yaitu 70 hingga 80gsm. Sehingga penggunaannya sangat cocok untuk cetak mencetak dokumen perkantoran. 

2. Warna yang Dibutuhkan

Terdapat berbagai macam warna kertas HVS. Untuk keperluan perkantoran, kertas HVS putih lebih banyak digunakan. Beberapa warna lain juga digunakan untuk mencetak jadwal, brosur, dan sebagainya.

3. Merk Kertas

Terdapat berbagai merk kertas di pasaran dengan kualitasnya masing-masing. Anda perlu mencermatinya agr kertas yang dipilih dapat digunakan dengan baik karena terjamin kualitasnya.

Itulah beberapa tips dalam memilih kertas HVS yang bisa Anda ikuti. Jangan sampai kertas yang dipilih tidak sesuai dengan keperluan Anda.

Baca Juga: Menatap Peluang Bisnis Fotocopy dan Alat Tulis di Tahun 2023

BPS Distributor Kertas HVS untuk Berbagai Keperluan

Kebutuhan akan kertas HVS memang cukup tinggi terutama untuk keperluan kantor maupun sekolah. Untuk itu, tidak perlu khawatir karena terdapat PT BPS sebagai distributor alat tulis yang dapat Anda percaya.

Berbagai kertas HVS yang dapat disediakan bisa Anda akses di sini. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan mengunjungi tautan berikut. Pastikan kebutuhan alat tulis terutama kertas HVS terpenuhi dengan baik. Setelah melihat informasi di atas, mari pilih ukuran kertas HVS sesuai yang Anda perlukan!

Bagikan Artikel: