Ingin Memiliki Franchise Usaha ATK? Berikut Analisa dan Rincian Modalnya

franchise usaha ATK - BPS

Anda yang berencana memulai bisnis alat tulis kantor (ATK) pasti telah mempertimbangkan opsi franchise usaha ATK sebagai langkah awal yang menarik. Franchise satu ini menawarkan banyak keunggulan, termasuk kemudahan dalam manajemen dan pasokan barang.

Untuk membantu Anda dalam mempertimbangkan usaha franchise alat tulis kantor, artikel ini akan membahas mengenai apa itu usaha franchise, langkah awal untuk memulainya, dan rincian modal awal yang dibutuhkan.

Selain itu, kami juga akan berbagi tips berguna tentang cara mencari supplier ATK yang dapat diandalkan. Maka dari itu, ikuti informasinya agar Anda bisa sukses dalam dunia usaha franchise khusus alat tulis kantor!

Apa itu Usaha Franchise?

Usaha franchise merupakan model bisnis di mana seorang pengusaha, yang dikenal sebagai franchisee membayar franchisor atau pemilik waralaba untuk menggunakan model, sistem, dan merek dagang mereka. Adapun franchisor sendiri bertanggung jawab untuk memberikan berbagai macam bantuan kepada franchisee, seperti pelatihan, dukungan, dan periklanan.

Dengan demikian, meskipun Anda adalah pemilik bisnis, Anda tidak bekerja sendirian. Franchisor akan memberikan bimbingan dan pendampingan selama Anda menjalankan bisnisnya, dengan tujuan untuk memastikan kelancaran bisnis tersebut.

Bicara tentang keunggulan, franchise usaha ATK lebih baik dibandingkan bisnis yang dimulai sendiri. Di bawah ini adalah dua keunggulannya:

  1. Pertama, Anda dapat memulai bisnis dengan cepat tanpa perlu repot membuat proposal bisnis atau strategi pemasaran. Segala perencanaan bisnis telah tersedia dan dapat dilaksanakan dalam waktu singkat.

Anda hanya perlu menjalankan sistem yang telah diterapkan oleh pihak franchisor, sambil mendapatkan pelatihan khusus tentang keuangan, pemasaran, dan manajemen operasional bisnis.

  1. Kedua, Anda akan memiliki mitra profesional dalam bentuk franchisor yang sudah memiliki manajemen yang terbentuk dan berjalan dengan baik. Dengan adanya mitra bisnis ini, Anda tidak perlu merasa kesulitan dalam mengembangkan bisnis Anda.

Langkah Awal Membuat Franchise Usaha ATK

Usaha alat tulis kantor yang bersifat franchise, Anda dapat melakukan persiapan modal, pemilihan lokasi, penyusunan tim kerja yang andal, dan pemilihan franchisor atau supplier yang tepat. Lebih detail, berikut adalah daftar dan penjelasannya:

  • Persiapan Modal yang Tepat

Sebagai langkah pertama dalam memulai bisnis franchise ATK, Anda perlu memperhitungkan modal yang dibutuhkan. Modal ini akan menjadi kunci utama dalam memilih dan membeli paket franchise yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk menyiapkan modal yang cukup agar Anda dapat memulai bisnis dengan lancar.

  • Pemilihan Lokasi Strategis

Pilihlah lokasi berjualan yang strategis untuk memaksimalkan potensi penjualan. Meskipun banyak franchise sudah menyediakan tempat, namun memilih lokasi yang tepat dapat meningkatkan penjualan Anda. Lokasi yang dekat area sekolah, kampus, atau instansi pemerintahan dapat menjadi pilihan yang baik untuk menarik pelanggan.

  • Penyusunan Tim Kerja yang Andal

Meskipun Anda mungkin tidak memerlukan bantuan untuk urusan manajerial, memiliki tim kerja yang terpercaya dapat membantu dalam proses pelayanan kepada pelanggan di toko. Pilihlah karyawan yang dapat Anda percaya untuk membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih efisien.

  • Pemilihan Franchisor atau Supplier yang Berkualitas

Pilihlah franchisor yang memiliki reputasi baik dan track record perusahaan yang memuaskan. Citra baik franchisor akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda. Pastikan untuk memilih franchisor bereputasi baik dan menawarkan dukungan yang memadai seperti Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa.

Ini adalah franshisor atau supplier ATK yang menyediakan beragam produk. Anda dapat mengontak tim Bangkit Perkasa untuk informasi lebih lanjut.

Rincian Modal Awal Franchise Usaha ATK

Dalam memulai franchise usaha alat tulis kantor, penting untuk mempertimbangkan modal yang Anda miliki dan paket yang disediakan oleh supplier atau franchisor. Berikut adalah daftar lengkap paket modal awal beserta rincian barang yang biasanya tersedia:

  1. Paket ATK Rp. 5 juta: Menyediakan kurang lebih 120 macam barang. 
  2. Paket ATK Rp. 10 juta: Menyediakan kurang lebih 160 macam barang. 
  3. Paket ATK Rp. 15 juta: Menyediakan kurang lebih 200 macam barang. 
  4. Paket ATK Rp. 20 juta: Menyediakan kurang lebih 240 macam barang. 
  1. Paket ATK Rp. 25 juta: Menyediakan kurang lebih 280 macam barang. 
  2. Paket ATK Rp. 30 juta: Menyediakan kurang lebih 320 macam barang. 
  3. Paket ATK Rp. 50 juta: Menyediakan kurang lebih 500 macam barang. 
  4. Paket ATK Rp. 100 juta: Menyediakan kurang lebih 650 macam barang. 
  5. Paket ATK Rp. 150 juta: Menyediakan kurang lebih 800 macam barang. 
  6. Paket ATK Rp. 200 juta: Menyediakan kurang lebih 1000 macam barang. 
  7. Paket ATK + photocopy: Menyediakan paket alat tulis kantor dan mesin photocopy dengan rentang harga Rp. 6.5 hingga Rp. 14 juta, stabilizer mesin photocopy senilai Rp1.3 juta, neon box senilai Rp. 600 ribu, dan beragam pelengkap usaha photocopy lainnya.

Adapun pelengkap tersebut mulai dari mesin binding spiral plastik, ring spiral kawat beragam ukuran, mesin dan plastik laminating, pemotong kertas, stappler besar khusus menjilid, cutting mats, plastik kantong kertas photocopy, dan toner photocopy.

Setiap paket mewakili jumlah barang yang akan disediakan, dengan peningkatan jumlah barang seiring dengan kenaikan modal yang diperlukan. Sesuaikan pilihan paket dengan kemampuan modal Anda dan tujuan bisnis yang ingin dicapai.

Tips Mencari Supplier ATK

Ketika Anda memulai bisnis franchise usaha ATK, salah satu langkah krusial adalah menemukan supplier yang dapat diandalkan. Berikut beberapa tips penting untuk membantu Anda dalam mencari supplier ATK yang tepat:

  • Pastikan Ketersediaan Barang yang Konsisten

Pilihlah supplier yang dapat menjamin ketersediaan barang secara konsisten. Supplier yang profesional akan memastikan bahwa stok ATK selalu tersedia dan dapat disalurkan tepat waktu kepada Anda sebagai pemilik franchise.

  • Evaluasi Kemampuan Penyediaan Barang

Selanjutnya, perhatikan kemampuan supplier dalam menyediakan berbagai jenis ATK. Supplier yang andal tidak akan mengalami kesulitan dalam memenuhi permintaan barang dengan jumlah yang dibutuhkan, memastikan Anda tidak kehabisan stok saat pelanggan membutuhkannya.

  • Pilih Supplier dengan Pilihan ATK yang Lengkap

Cari supplier yang menawarkan pilihan ATK yang lengkap. Hal ini penting agar Anda memiliki variasi produk yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Supplier yang menyediakan pilihan ATK yang beragam menandakan kualitas dan fleksibilitas dalam memenuhi permintaan Anda.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda dapat menemukan supplier ATK yang dapat mendukung kelancaran operasional bisnis franchise usaha ATK Anda. Pastikan untuk memilih supplier yang dapat memberikan layanan terbaik dan kualitas produk yang memuaskan untuk memastikan kesuksesan bisnis Anda.

Kesimpulan

Dari informasi di atas, membuka usaha franchise ATK memerlukan pemahaman yang baik tentang apa itu franchisee dan franchisor, persiapan awal, modal, hingga tips menemukan supplier atau franchisor terpercaya. 

Perihal supplier ATK, Anda bisa mengandalkan Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa. Ini merupakan distributor alat tulis kantor paling lengkap dan profesional. Tersedia beragam macam produk yang dapat mendukung franchise usaha ATK. Anda bisa mengontak tim Bangkit Perkasa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran menarik!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait