Jenis-jenis Penghapus untuk Pensil Terbaik

Jenis penghapus - Bangkit Perkasa

Penghapus menjadi suatu alat tulis menulis yang penting, yang mana fungsinya adalah untuk menghilangkan kesalahan menulis. Pada faktanya, jenis penghapus banyak sekali variasinya dan tentu berbeda pula cara pemakaian dan perawatannya.

Pada artikel di bawah ini, Anda akan dikenalkan berbagai macam ragam variasi penghapus. Selain itu, Anda juga mendapatkan informasi tentang cara memilih penghapus terbaik hingga cara merawatnya.

4 Jenis Penghapus Terbaik

Alat tulis penghapus bekerja dengan cara digosokkan ke atas kertas yang sudah tergores pensil. Penghapus umumnya terbuat dari karet yang berfungsi menghapus partikel hitam yang berasal dari pensil. Pada dasarnya ragam penghapus terdiri dari 3 kategori berdasarkan bahan pembuatannya. Simak di bawah ini untuk penjelasannya:

  • Penghapus Uli

Penghapus uli atau kneaded eraser merupakan jenis penghapus yang memiliki sifat fleksibel. Aspek yang membedakan penghapus uli dengan penghapus lainnya adalah cara pemakaiannya. Cara pemakaian penghapus uli yaitu ditempelkan pada permukaan yang terdapat partikel grafit.

Tekstur dari penghapus uli adalah lembut ketika digenggam dan penghapus ini cenderung berbentuk fleksibel dan dapat berubah-ubah. Kelebihan penghapus uli adalah ampuh dan optimal dalam mengangkat partikel grafit. Selain itu, penghapus jenis ini tidak merusak permukaan media dan tidak meninggalkan sisa penghapus.

  • Penghapus Pasir

Jenis penghapus pensil yang baik adalah penghapus yang dapat digunakan untuk kebutuhan sekolah. Salah satunya adalah penghapus pasir yang dapat digunakan untuk menghapus bekas tinta pulpen. Cara kerja penghapus jenis ini sama seperti penghapus pada umumnya, yaitu digosokkan pada permukaan media.

Karena penghapus pasir dapat menghapus tinta pulpen, tentu penghapus jenis ini tidak disarankan untuk media kertas yang tipis. Maka dari itu, tekstur penghapus pasir cenderung lebih runcing dan Anda wajib berhati-hati ketika menggunakannya pada kertas biasa.

  • Penghapus Plastik

Ketiga, terdapat penghapus plastik atau vinyl eraser yang bentuknya seperti serat sintetis yang tahan api dan tidak mudah terbakar. Biasanya, penghapus plastik digunakan untuk menghapus gambar pada kertas hingga bersih. Keunggulan penghapus jenis satu ini adalah tekstur yang lembut dan nyaman dipakai.

Sedangkan untuk kekurangannya yaitu harganya yang relatif mahal dan mudah kotor ketika disentuh. Penghapus plastik biasanya hadir dengan warna putih, yang mana cukup umum digunakan oleh para murid di sekolah.

  • Penghapus Karet

Penghapus karet (Art Gum Eraser) menjadi jenis penghapus terakhir yang wajib Anda ketahui. Penghapus jenis ini sangat umum digunakan oleh masyarakat, yang mana bahan pembuatannya terbuat dari karet yang kenyal dan lembut.

Kelebihan dari penghapus karet adalah tidak mudah merusak media kertas dan optimal dalam menghapus bekas goresan pensil. Selain itu, penghapus karet sangat nyaman digunakan dan harganya yang murah. Hanya saja kekurangannya adalah mudah tergerus sehingga cepat habis.

Cara Memilih Penghapus Terbaik

Karena cukup banyak berbagai ragam penghapus yang dijual di pasaran. Tentu Anda membutuhkan informasi bagaimana cara memilih penghapus terbaik yang dapat digunakan. Maka dari itu, simak penjelasan mengenai cara memilih penghapus terbaik di bawah ini:

  • Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Pertama, Anda dapat menyesuaikan memilih penghapus berdasarkan kebutuhan. Misal, Anda yang ingin menggunakan penghapus hanya untuk kebutuhan menghilangkan goresan pensil, memilih penghapus karet (Art Gum Eraser) adalah pilihan tepat.

Contoh lainnya, jika Anda ingin menghapus goresan grafit dari tinta pulpen maka pilihlah penghapus uli atau kneaded eraser. Jika Anda membutuhkan penghapus untuk kebutuhan sekolah, cukup pilih penghapus karet atau penghapus plastik saja.

  • Pilih Penghapus Minim Serpihan

Salah satu hal yang cukup mengganggu ketika menggunakan penghapus adalah banyaknya sampah serpihan goresan penghapus. Hal ini tentu mengganggu Anda karena harus repot-repot membersihkannya setiap kali selesai menggunakan penghapus.

Maka dari itu, cara memilih penghapus terbaik adalah penghapus yang minim serpihan. Anda dapat memilih penghapus tipe dust catch atau dust free agar serpihan mudah dibersihkan. Selain itu, Anda dapat memilih penghapus berwarna hitam, agar serpihannya mudah terlihat dan dibersihkan.

  • Perhatikan Pelindung Penghapus

Penghapus tentu memiliki pelindung atau cover yang berfungsi sebagai pelapis penghapus. Namun, terkadang ketika penghapus sudah mulai habis, kertas pembungkus tersebut akan tertutup sehingga sulit menggunakan penghapus yang masih tersisa. Sehingga, penting untuk Anda mempertimbangkan aspek satu ini.

Pertama, Anda dapat memilih penghapus dengan ujung cover berbentuk U, yang mana tujuannya agar penghapus tidak mudah terbelah. Kedua, pilih penghapus dengan cover yang mudah disobek agar penghapus terlihat rapi.

  • Pilih Jenis Penghapus dengan Bentuk Terbaik

Cara terakhir dalam memilih penghapus terbaik adalah memilih ragam penghapus dengan bentuk terbaik sesuai kebutuhan dan kegunaan. Misal, Anda menggunakan penghapus mekanik yang bertujuan agar mudah dalam hal penyimpanan.

Lalu, terdapat penghapus dengan bentuk khusus yang memudahkan Anda dalam pemakaian. Penghapus yang umum di pasaran juga memiliki bentuk-bentuk berbeda sesuai kebutuhan Anda. Maka dari itu, sebelum menggunakan penghapus pastikan bentuk penghapus yang Anda butuhkan.

Cara Jitu Merawat Penghapus

Penghapus juga menjadi salah satu alat tulis yang butuh perawatan agar fungsi dan kegunaannya optimal. Merawat penghapus dengan baik dan tepat, Anda akan mendapatkan hasil penghapusan yang baik dan optimal. Simak cara jitu dalam merawat penghapus di bawah ini:

  • Simpan Penghapus Di Tempat Kering

Pertama-tama, tentu Anda wajib menyimpan penghapus di tempat yang kering dan tidak lembab. Hindari penyimpanan penghapus pada tempat yang terkena matahari langsung. Tujuannya, agar tekstur dan kualitas penghapus dapat terus terjaga.

Selain itu, Anda disarankan untuk menyimpan penghapus pada tempat yang bersih dan khusus untuk menyimpan alat-alat tulis menulis. Hal ini agar Anda dapat mudah menemukan penghapus jika dibutuhkan serta penghapus dapat terhindar dari kotoran.

  • Hapus Noda Serpihan yang Tertinggal

Penghapus yang kotor berpotensi untuk meninggalkan noda pada media kertas pekerjaan lain. Maka dari itu, Anda wajib merawat noda serpihan penghapus dengan cara membuang bagian terluar penghapus. Hati-hati dalam penggunaannya juga dapat membantu meminimalisasi noda serpihan berlebih.

  • Pilih Warna Penghapus yang Tepat

Cara ketiga adalah memilih warna penghapus yang tepat. Biasanya, penghapus dengan warna putih cukup rumit dalam merawatnya karena otomatis akan mudah kotor terkena noda. Selain itu, penghapus berwarna putih akan meninggalkan noda serpihan yang sulit untuk dibersihkan karena tidak terlihat.

Maka dari itu, lebih baik Anda memilih penghapus warna hitam karena tidak mudah kotor dan serpihan nodanya mudah terlihat dan dibersihkan. Namun, hal ini menyesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Itulah informasi tentang berbagai jenis penghapus terbaik yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Anda dapat mencari penghapus terbaik di berbagai toko ATK offline maupun online. Atau, Anda dapat langsung  membeli dari distributor ATK yang tentu lebih lengkap dan banyak pilihan.

Bangun Perkasa Sukses merupakan salah satu distributor ATK terlengkap dan terpercaya. Kenali lebih jauh mengenai ATK yang dijual PT BPS dengan mengunjungi laman produk untuk informasi lengkap ATK dari Distributor PT BPS. 

Anda juga dapat mempelajari informasi dan tips terkini seputar ATK dan penggunaannya melalui laman blog. Untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dan pemesanan produk, hubungi tim PT BPS, melalui laman hubungi kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait