...

Paket Alat Tulis Anak TK yang Perlu Dilengkapi Sekolah

Paket-Alat-Tulis-Anak-TK-yang-Perlu-Dilengkapi-Sekolah-BPS

Paket alat tulis anak TK menjadi kebutuhan esensial dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, penting bagi sekolah untuk melengkapi berbagai peralatan tulis agar anak betah dan nyaman selama proses belajar. 

Namun, ada kalanya memilih alat tulis yang aman untuk anak kecil cukup menantang. Pihak sekolah harus mengerti dengan baik kebutuhan alat tulis yang sesuai dengan kemampuan dan usia anak TK. 

Jangan khawatir, Anda bisa mengetahui beberapa daftar alat tulis yang perlu dilengkapi sekolah beserta aspek pertimbangan dalam memilihnya. 

Pentingnya Alat Tulis untuk Pendidikan Anak TK

Mengapa paket alat tulis anak TK perlu dilengkapi oleh sekolah?

Seperti yang diketahui, alat tulis memiliki peran yang penting dalam perkembangan kognitif dan motorik anak usia Taman Kanak-Kanak. Di usia ini, anak-anak berada pada momen krusial dalam mengembangkan keterampilan dasar seperti menulis, menggambar, dan lain sebagainya. 

Dengan memakai alat tulis, anak-anak bisa mengendalikan gerakan tangan mereka dalam proses belajar menulis dan menggambar. Hal inilah yang menjadi bagian dari perkembangan motorik halus. 

Di sisi lain, alat tulis juga dapat membantu anak dalam mengeksplorasi kreativitas mereka seperti mewarnai, menggambar objek, menuliskan huruf, dan lain sebagainya. 

Sederhananya, alat tulis berperan penting sebagai penunjang anak untuk memupuk keterampilan akademis mereka di masa depan. 

Selain itu, memiliki alat tulis yang tepat dan lengkap juga dapat meningkatkan antusias dan semangat anak untuk belajar.

Misalnya, anak akan merasa lebih bersemangat belajar menggambar ketika mereka dihadapkan dengan warna-warni krayon dengan motif kartun. Intinya, dengan memperhatikan kelengkapan alat tulis, proses belajar anak tidak akan terhambat. 

Anda bisa melengkapi berbagai alat tulis ini dengan membelinya di berbagai toko atau usaha ATK terdekat. 

Daftar Alat Tulis Dasar yang Perlu Dilengkapi

Berikut adalah paket alat tulis anak TK yang perlu dilengkapi untuk memudahkan proses belajar di sekolah:

1. Pensil dan Penghapus

Alat utama yang tidak boleh dilewatkan adalah pensil dan penghapus. Proses belajar pengenalan huruf biasanya membutuhkan dua alat penting ini. Namun, Anda perlu memperhatikan kualitas pensil dan penghapus sesuai dengan kondisi anak-anak. 

Anak TK umumnya mulai belajar menggenggam dan mengendalikan alat tulis sehingga penting untuk Anda menyediakan alat yang memudahkan mereka. 

Misalnya, Anda bisa memilih ukuran pensil yang sedikit lebih besar agar mudah digenggam oleh anak dan tidak menimbulkan kelelahan saat menulis. 

Anda bisa memilih Pensil Lumograph HB dengan ketajaman yang aman dan desainnya yang ergonomis sehingga cocok untuk anak. Anda juga perlu memilih penghapus yang lembut dan mudah digunakan oleh anak-anak seperti Agatis Eraser B 40.

2. Buku Gambar dan Buku Tulis

Alat tulis selanjutnya yang perlu disediakan oleh sekolah adalah buku gambar dan buku tulis. Alat ini penting untuk mendukung proses belajar menulis dan menggambar. 

Namun, untuk anak TK, sekolah wajib memilih buku dengan ukuran dan ketebalan kertas yang sesuai. Jika Anda memilih buku dengan ketebalan yang berat dan ukuran besar, hal ini akan menyulitkan pergerakan anak. 

Anda bisa memilih buku gambar ukuran A3 dan buku tulis dengan ukuran A4 yang memberikan ruang yang cukup untuk anak bebas berekspresi. 

3. Crayon dan Pensil Warna

Umumnya, anak gemar sekali untuk menggambar dengan nuansa yang berwarna-warni. Oleh sebab itu, crayon dan pensil warna menjadi alat tulis wajib dalam kegiatan menggambar dan mewarnai. 

Crayon dan pensil warna memberikan anak-anak kebebasan untuk mengungkapkan imajinasi mereka. Melalui pilihan warna yang tersedia, anak-anak dapat mengembangkan konsep warna, pola, dan bentuk. Hal inilah yang sebenarnya menjadi bentuk dari perkembangan kognitif anak. 

Namun, pastikan crayon dan pensil warna yang Anda beli memiliki label ‘non-toxic’ seperti Agatis Crayon. Label ini menunjukkan bahwa produk tersebut telah diuji dan aman digunakan oleh anak-anak. 

Alat Tulis Tambahan untuk Kegiatan Kreatif

Di sekolah TK, anak akan diajarkan berbagai kegiatan kreatif. Oleh sebab itu, sekolah mungkin saja juga membutuhkan paket alat tulis anak TK tambahan seperti beberapa alat berikut ini:

1. Gunting Anak dan Lem

Gunting dan lem adalah alat yang penting untuk mendukung berbagai kegiatan kreatif seperti membuat kolase dari potongan kertas berwarna, menghias kartu ucapan, atau membuat kerajinan tangan dari kertas lipat.

Namun, gunting juga merupakan alat yang cukup berbahaya untuk anak. Maka dari itu, sekolah perlu memilih gunting dengan ujung yang tumpul dan lem yang tidak berbahan racun sehingga aman untuk anak. 

2. Stiker dan Kertas Origami

Membuat burung atau bunga dari stiker dan kertas origami tentu menyenangkan, bukan? 

Kegiatan ini tentu bisa menambah variasi dan kesenangan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Untuk memilih paket alat tulis anak TK ini, Anda bisa memakai stiker yang mudah dilepas dan dipasang kembali. Pilihlah stiker dengan tema menarik seperti kartun favorit anak, hewan, boneka, dan lain sebagainya. 

Sementara itu, kertas origami yang ideal untuk anak TK adalah kertas dengan ukuran sedang, seperti 15×15 cm. Ukuran ini cukup besar untuk dilipat oleh tangan kecil tetapi tidak terlalu besar untuk dipegang. 

3. Penggaris dan Set Geometri Sederhana

Sekolah umumnya juga mulai mengenalkan bentuk pola dan ukuran. Oleh sebab itu, penggaris dan set geometri sederhana juga tidak boleh terlewatkan untuk melengkapi kebutuhan paket alat tulis anak Tk.

Namun, ada kalanya mengajarkan penggunaan penggaris dan set geometri tidak mudah. Apalagi, anak-anak baru mengenal alat-alat ini untuk pertama kalinya. 

Tips sederhananya, Anda bisa menjelaskan mulai dari konsep dasar seperti pengenalan ukuran panjang, tinggi, lebar, dan lain sebagainya. Kemudian, berikan contoh langsung proses penggunaan alat geometri seperti segitiga siku-siku untuk mengukur benda di sekitar sekolah. 

Pertimbangan dalam Memilih Alat Tulis untuk Anak TK

Setelah mengetahui daftar paket alat tulis anak ATK, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek berikut sebelum membelinya. 

1. Keamanan dan Kualitas

Pertama, Anda harus memperhatikan aspek keamanan dan kualitas alat tulis yang cocok untuk anak TK seperti crayon yang berbahan non-toxic, gunting yang ujungnya tumpul, dan lain sebagainya. 

Alat tulis yang berkualitas tentu akan memastikan keamanan serta kenyamanan anak dalam belajar. 

2. Ergonomis dan Kemudahan Penggunaan

Di usia TK, anak memasuki tahap perkembangan motorik halus awal. Maka dari itu, sekolah penting untuk memilih alat tulis yang ergonomis dan mudah sehingga mampu mendorong perkembangan motorik anak. 

Pilihlah desain alat tulis yang mudah dipegang dan digunakan dalam proses belajar menulis dan menggambar seperti Agatis Pensil Prime 2B Hijau. Pensil ini memiliki bahan yang lembut dengan ketebalan cukup sehingga mudah digenggam anak. 

Pengadaan Alat Tulis untuk TK Bersama Distributor ATK Terlengkap Bangkit Perkasa

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk melengkapi paket alat tulis anak TK? 

Anda bisa memanfaatkan distributor usaha ATK terpercaya seperti Bangkit Perkasa untuk memenuhi kebutuhan alat tulis dalam jumlah yang besar. Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membeli setiap saat dan tentunya bisa menghemat biaya. Anda cukup percayakan stok alat tulis berkualitas dengan menghubungi kontak ini

Anda bisa memilih berbagai jenis alat tulis yang aman untuk anak melalui laman produk. Jangan lupa, kunjungi artikel Bangkit Perkasa untuk mengetahui rekomendasi alat tulis terbaru demi mendukung fasilitas anak. 

Bagikan Artikel: