Daftar Belanjaan ATK untuk Persiapan Tahun Ajaran Baru

Persiapan Tahun Ajaran Baru BPS

Alat Tulis Kantor (ATK) termasuk persiapan tahun ajaran baru yang wajib Anda miliki. Ini demi mengoptimalkan kegiatan belajar di kelas sehingga lebih fokus. Memastikan ATK lengkap juga membuat Anda semakin bersemangat karena tidak kekurangan alat apapun.

Banyak jenis ATK yang akan Anda perlukan ketika belajar di kelas. Tidak hanya pulpen dan pensil saja, namun terdapat alat lainnya seperti buku, penggaris, hingga stapler. Mari ulas satu per satu alat tulis kantor yang wajib ada untuk menyambut tahun ajaran baru berikut ini!

11 Daftar Belanjaan ATK untuk Persiapan Tahun Ajaran Baru

Memaksimalkan proses belajar selama di kelas dapat Anda lakukan dengan melengkapi peralatan tulis kantor. Sebab, setiap alat memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga sebaiknya memiliki semua alat yang terdapat dalam daftar di bawah ini:

1. Pulpen 

Termasuk alat tulis utama bagi pelajar hingga mahasiswa, pulpen wajib masuk ke dalam daftar belanjaan ATK. Pulpen umumnya mulai digunakan sejak jenjang sekolah yang paling dasar hingga jenjang perkuliahan. 

Warna pulpen yang hitam umum digunakan saat menulis, terutama menulis jawaban ujian atau ulangan. Tetapi, penulisan materi di buku tulis pribadi biasanya boleh menggunakan pulpen selain warna hitam. Misalnya, warna biru dan merah. 

Rekomendasi pulpen terbaik untuk Anda adalah Pulpen Zebra Kokoro dari Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa. Pulpen tersebut memiliki tinta berbasis air dengan refill berkualitas Jepang. 

Sistem klik pada pulpen serta desainnya yang ergonomis membuat pulpen nyaman Anda gunakan menulis catatan panjang.

2. Pensil 

Selain pulpen, pensil juga masih sering digunakan sebagai alat tulis khususnya di sekolah tingkat taman kanak-kanak (TK). Keistimewaan alat tulis satu ini adalah dapat dihapus menggunakan penghapus ketika ada tulisan yang salah.

Jenis pensil di masa kini telah berkembang. Ada jenis pensil mekanik yang tidak tumpul dan tidak perlu diraut. Anda cukup isi ulang batang pensil dengan refill yang tersedia. 

Meski begitu, pensil biasa tetap diminati karena daya tahannya yang tinggi. Pengalaman menulisnya pun lebih khas dengan berbagai ketebalan yang tersedia. Seperti Pensil Lumograph 2B Staedtler dengan kehitaman yang mampu terbaca scanner serta komputer. 

3. Penghapus 

Berikutnya, terdapat pelengkap pensil yang wajib masuk ke daftar belanjaan menyambut persiapan tahun ajaran baru. Terdapat berbagai jenis penghapus dengan karet sebagai bahan utamanya.

Anda perlu memilih penghapus berkualitas terbaik agar tidak membuat kertas sobek ataupun meluberkan tulisan. Misalnya, Agatis Eraser B 40 yang efektif menghapus tulisan dari pensil. 

4. Buku Tulis

Sebagai media tulisan serta catatan materi, buku tulis juga wajib Anda miliki. Harga buku tulis akan lebih ekonomis ketika Anda membelinya mendekati tahun ajaran baru. Sebab, toko alat tulis sering mengadakan diskon buku tulis yang tidak tanggung-tanggung.

Segala jenis buku tulis tersedia untuk setiap kebutuhan. Mulai dari buku tulis bergaris, buku khusus tulisan latin, hingga buku kotak-kotak kecil maupun kotak-kotak besar.  

Buku Tulis Campuss 36 Lembar dari SiDU jadi salah satu contoh buku tulis bergaris yang diminati. Sebab, ukurannya lebih besar sehingga bisa memuat lebih banyak materi di dalamnya. 

5. Buku Gambar

Buku gambar juga masuk ke dalam daftar belanjaan untuk persiapan tahun ajaran baru. Fungsi buku ini berbeda dengan buku tulis. Sesuai namanya, buku gambar dapat Anda gunakan sebagai sarana menggambarkan sketsa.

Halamannya tidak bergaris, namun polos dan tebal agar menggambar jadi lebih mudah. Ukuran yang tersedia bervariasi, mulai dari A3, A4, A5, hingga 3A. Buku Gambar SIDU A4 adalah contoh buku gambar berkualitas dengan ukuran 300 x 200 mm. Kualitasnya terjamin karena berasal dari merek unggulan.

6. Spidol 

Alat satu ini berbentuk serupa dengan pulpen. Namun, ujung spidol lebih lembut serta berisi tinta yang lebih cair. Anda perlu spidol sebagai ATK menyambut tahun ajaran baru mengingat fungsinya yang tidak kalah penting.

Spidol digunakan untuk membuat tulisan yang lebih tebal. Umumnya, spidol menjadi variasi tulisan dalam buku catatan agar lebih mudah mengidentifikasi poin yang penting. 

Terdapat pula spidol untuk kebutuhan seni seperti menggambar. Artline Paint Marker 400XF dari Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa adalah contoh spidol dengan beragam warna, mulai dari biru hingga jingga.

Spidol tersebut cepat mengering dengan material serat akrilik. Jadi, penggoresan bisa Anda lakukan di produk apapun dan tidak akan cepat pudar.

7. Correction Pen 

Jika penghapus akan menghapus tulisan dari pensil, maka correction pen (tipe-x) akan menutupi tulisan dari pulpen. 

Terdapat dua jenis correction pen yang tersedia di pasaran. Pertama adalah correction tape dengan bentuk mirip pita kaset. Kedua, correction pen atau tipe-x yang cair dengan ujung aplikator seperti pulpen.

Kenko Correction Pen KE-01 jadi ATK populer dengan kemampuan menutupi tulisan secara presisi dan detail. 

8. Stapler 

Selanjutnya, ada stapler sebagai ATK yang penting dalam daftar belanjaan persiapan tahun ajaran baru. Alat satu ini dapat membantu Anda menyatukan kertas dalam jumlah tertentu sehingga berbentuk menjadi buku. 

Stapler tidak akan lengkap tanpa staples. Komponen pengisi stapler tersebut adalah alat yang menyatukan kertas melalui bantuan stapler. Intinya, stapler alatnya dan staples isinya.

Stapler Max HD 10 tersedia dengan kapasitas 50 isi staples. Warna yang ditawarkan menarik, mulai dari magenta hingga sky blue. 

Sementara itu, Stapler Max No.10 memiliki ketebalan 1 mm dan mampu menempel di kertas dengan baik. Jadi, ideal untuk keperluan sekolah maupun perkuliahan. 

10. Map

Map terbuat dari berbagai material, mulai dari plastik hingga kertas. Biasa juga disebut stofmap, kegunaan alat satu ini adalah sebagai tempat penyimpanan berkas khususnya kertas. Ini bisa jadi ATK persiapan tahun ajaran baru yang tepat. 

Untuk map kertas, rekomendasinya adalah Stopmap Folio B29. Map tersebut terbuat dari kertas manila dengan ketebalan yang pas.   

11. Pensil Warna

Melakukan aktivitas seni di dalam kelas kurang lengkap bila dilakukan tanpa pensil warna. Alat ini terbuat dari minyak atau lilin yang terbungkus silinder kayu. 

Minyak atau lilin tersebut mengandung pigmen, bahan pengikat, serta zat tambahan di dalamnya. Material tersebut berbeda dengan pensil arang serta pensil grafit yang digunakan untuk menulis.

Salah satu pensil warna populer adalah Luna Aquarel 24 W yang terdiri dari dua puluh empat warna. Menggambar apapun jadi lebih hidup dengan kombinasi warna tersebut. 

12. Crayon  

Satu lagi ATK yang menarik untuk melengkapi tahun ajaran baru, yakni crayon. Alat ini merupakan hasil dari perpaduan lilin berwarna, kapur, serta air. 

Untuk mengoptimalkan kegiatan seni, Anda bisa mendapatkan Crayon Titi 55 Warna dengan lima puluh lima warna yang terang dan tebal. Cocok untuk menghasilkan gambar atau lukisan dengan tampilan yang khas.

Sebelas ATK tersebut wajib masuk daftar belanjaan persiapan tahun ajaran baru agar kegiatan belajar di kelas lebih optimal. Anda bisa belanja di Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa yang menyediakan ATK berkualitas dan lengkap, termasuk sebelas ATK di atas.

Bangkit Perkasa menjangkau seluruh Indonesia dan telah memegang ISO 9001, sehingga mutu produk serta kualitas layanannya terjamin. Hubungi kami sekarang untuk distribusi ATK yang terpercaya!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait