Rekomendasi Merk Pensil yang Bagus untuk Menulis

merk pensil yang bagus untuk menulis - Bangkit Perkasa

Pensil merupakan komoditas yang tidak pernah terlepas dari kehidupan sehari-hari. Faktanya, mulai dari Anda kecil hingga dewasa, setidaknya Anda pernah membutuhkan dan menggunakan pensil. Berbagai merk pensil yang bagus untuk menulis juga banyak tersedia di berbagai toko atau distributor ATK online maupun offline.

Biasanya, 2B dan HB menjadi jenis pensil umum yang bagus dan digunakan untuk menulis, menggambar dan sebagainya. Lalu, apa perbedaan keduanya? Temukan jawaban dan rekomendasinya dalam artikel di bawah ini!

Kenali Perbedaan Pensil 2B dan HB

Anda tentu pernah mendengar pada masanya Ujian Nasional, siswa wajib mengisi lembar jawaban menggunakan jenis pensil tertentu, seperti pensil 2B. Lalu, misalnya ada pula ketika menggambar, Anda wajib menggunakan pensil jenis HB. Jadi, apa arti kode pensil 2B dan HB?

Pada umumnya, jenis pensil 2B dan HB merupakan kode pensil yang menandai bentuk dan warna sebuah pensil. Kode angka 2 pada 2B menunjukkan bahwa pensil tersebut lunak, lalu kode pensil “H” pada HB digunakan untuk menunjukkan pensil yang cenderung keras. Sedangkan, Huruf “B” sendiri menandakan warna hitam.

Jadi, penggabungan kode 2B artinya jenis pensil tersebut lunak dan berwarna hitam. Lalu, kode HB menandai pensil tersebut keras dan hitam. Maka dari itu, jika Anda ingin memahami tingkat kekerasan sebuah pensil, ketahui terlebih dahulu kode-kodenya.

Jenis-jenis Pensil yang Perlu Diketahui

Untuk informasi Anda, umumnya terdapat tiga kategori utama pada pensil, yaitu kategori B, F dan H. Hal yang membedakan ketiganya adalah tingkat ketebalan, kekerasan dan fungsinya. Untuk dapat memahami ketiganya, kenali beberapa jenis pensil di bawah ini:

  • Pensil 2B

Menjadi jenis pensil yang paling umum digunakan, pensil 2B memiliki derajat kegelapan yang ideal. Sifat pensil 2B memberikan warna sedang dan bervariasi. Maka dari itu, pensil 2B ini cocok untuk digunakan dalam berbagai hal seperti menulis, menggambar, mengarsir dan sebagainya.

  • Pensil 8B

Jika Anda mencari pensil dengan tingkat kegelapan tinggi, jenis pensil dengan kode 8B adalah pilihan tepat. Pensil ini banyak dipilih oleh para seniman dan pelukis ketika membuat sketsa atau mengarsir. Alasannya, salah satunya karena jenis pensil 8B membuat tonjolan dan sisi gelap-terang sketsa lebih terlihat.

  • Pensil HB

Selain pensil dengan kode 2B, pensil HB juga umum digunakan untuk sehari-hari. Pensil dengan grafit standar serta fitur gelap-terang yang umum ini dapat digunakan untuk menulis hingga menggambar. Pada dasarnya, pensil kode HB cocok untuk digunakan untuk kegiatan apa saja.

  • Pensil F

Pensil dengan kode F merupakan jenis pensil yang hasil goresannya sedikit lebih ringan dan tipis dibandingkan jenis pensil HB. Goresan yang dihasilkan lebih gelap dan/atau lebih terang, lalu grafit pensil F juga sedikit lebih keras. Jenis pensil ini biasanya digunakan untuk menulis.

  • Pensil 2H

Kode H pada pensil mengandung timbal yang lebih rendah sehingga hasilnya adalah warna yang lebih terang dan mudah dihapus. Salah satu contoh jenis pensil kode H adalah pensil 2H. Jenis pensil satu ini biasanya digunakan untuk kebutuhan pekerjaan teknis, seperti membuat garis-garis arsir atau sketsa. 

Cara Memilih Merk Pensil yang Bagus untuk Menulis

Apabila Anda sudah mengetahui beberapa jenis pensil beserta kegunaannya, selanjutnya Anda dapat mengetahui cara memilih merk pensil terbaik. Berikut ini poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih pensil yang bagus untuk menulis:

  • Ketahui Arti Kode Warna Pensil

Pertama, hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa penamaan pensil berdasarkan kode huruf dan angka. Ada pula penamaan pensil berdasarkan kode warna, yang mana terdapat pada bagian luar pensil yang menunjukkan asal wilayah produksi pensil.

Beberapa contohnya adalah pensil warna hijau, artinya diproduksi oleh pabrik yang berada di Brazil dan Jerman. Lalu, pensil warna kuning merupakan pensil yang diproduksi di wilayah Amerika Serikat. Pensil warna hitam dan merah, diproduksi oleh pabrik yang berada di wilayah Asia dan India.

  • Pilih Cara Kerja Pensil

Sebelum memilih merk pensil yang bagus untuk menulis, Anda juga wajib mengetahui cara kerja pensil. Umumnya, diketahui dari cara kerjanya pensil terbagi menjadi dua jenis yaitu pensil kayu dan pensil mekanik. Keduanya memiliki tingkat grafit yang sama sesuai kode pensil, hanya saja yang membedakan adalah bentuk dan preferensi pengguna.

Cara kerja pensil mekanik adalah pensil yang dapat di-refill isi di dalamnya. Penggunaannya mudah sekali, yaitu Anda cukup tekan beberapa kali ujung pangkal pensil yang nantinya akan mengeluarkan lead. Sedangkan, cara kerja pensil kayu tentu Anda sudah mengetahuinya secara umum.

  • Pertimbangkan Pensil Merk Pensil yang Bagus untuk Menulis

Merk pensil yang terkenal dan sudah terbukti bagus menjadi cara jitu yang dapat Anda ketahui ketika memilih pensil terbaik. Beberapa merk pensil terkenal yang ada di Indonesia mudah sekali didapatkan, termasuk di distributor ATK terpercaya dan terlengkap seperti PT Bangkit Perkasa Sukses.

Rekomendasi Merk Pensil yang Bagus untuk Menulis

Ketika menulis menggunakan pensil,dengan merk terbaik, tentu hasilnya akan berbeda dengan penggunaan merk lainnya. Beberapa rekomendasi merk pensil terbaik untuk menulis, menggambar dan sebagainya dapat Anda simak berikut ini:

  • Agatis Pensil Prime 2B Hijau

Rekomendasi pertama adalah Agatis Pensil Prime 2B Hijau, yang merupakan pensil untuk menulis dengan grafit premium 2B. Keunggulan produk satu ini adalah grafit yang lunak, halus dan nyaman digunakan untuk keperluan apa saja, seperti menulis dan menggambar.

Selain itu, desain produk seperti adanya 3 stripes dan white crown membuat Agatis Pensil Prime 2B menjadi lebih elegan. Pensil ini memiliki jumlah 20 buah kotak pensil dalam 1 dus, yang mana tentu dapat Anda gunakan semaksimal dan sebaik mungkin. 

  • Staedtler Lumograph HB

Merk pensil yang bagus untuk menulis terbaik yang direkomendasikan selanjutnya adalah Staedtler Lumograph HB. Pensil dengan kualitas yang tinggi untuk menulis, menggambar dan membuat sketsa ini terkenal dengan material grafit yang kokoh.

Keunggulan lainnya adalah harga yang murah, tidak mudah patah dan umum digunakan untuk ujian. Untuk satu kotak, terdapat 12 buah pensil yang dapat Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari. Lalu, apakah Anda salah satu orang yang memakai Staedtler Lumograph HB ketika ujian sekolah?

  • Staedtler Lumograph 2B

Rekomendasi merk pensil terbaik untuk menulis yang terakhir adalah Staedtler Lumograph 2B. Memiliki keunggulan bahan grafit yang berkualitas dan empuk saat digunakan, merk pensil satu ini sangat cocok digunakan oleh anak sekolah, pekerja teknik atau kantoran.

Selain itu, bentuk pensil heksagonal membuat Staedtler Lumograph 2B tidak mudah patah ketika diraut. Untuk satu dus produk satu ini terdapat 20 kotak pensil yang mana masing-masing kotak berisi 12 buah pensil.

Itulah berbagai rekomendasi merk pensil yang bagus untuk menulis terbaik yang dapat Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Anda tidak perlu ragu untuk mendapatkan alat tulis menulis terbaik, yang mana cukup mencari distributor ATK terbaik dan lengkap.

Distributor ATK terlengkap dan terbaik seperti Bangun Perkasa Sukses salah satu contohnya. Kenali lebih jauh mengenai ATK yang dijual PT BPS dengan mengunjungi laman produk untuk informasi lengkap ATK dari Distributor PT BPS. 

Anda juga dapat mempelajari informasi dan tips terkini seputar ATK dan penggunaannya melalui laman blog. Untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dan pemesanan produk, hubungi tim PT BPS, melalui laman hubungi kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait