10 Jenis Pensil untuk Kantor, Sekolah, dan Hobi Anda

Jenis Pensil BPS

Jenis pensil ternyata beragam dan dibeda-bedakan berdasarkan kegunaannya. Pensil sebagai salah satu ATK yang banyak digunakan di kantor dan sekolah. Selain itu, pensil juga bisa dipakai untuk menunjang hobi Anda. 

Dengan mengetahui jenis-jenisnya yang ternyata banyak, tentu akan menambah pengetahuan Anda mengenai macam-macam pensil. Kira-kira, pensil jenis apa yang Anda butuhkan?

10 Jenis Pensil dan Masing-masing Fungsinya

Bagi Anda yang hendak melakukan pemenuhan kebutuhan akan pensil, dapat membaca artikel ini sebagai bahan referensi. Pensil manakah yang sebenarnya sedang Anda butuhkan. Agar Anda tidak sampai salah dalam melakukan pembelian.

Sebelum membahas mengenai jenis-jenis pensil ada baiknya jika Anda mengetahui tentang beragam Nama-nama Alat Tulis Sekolah yang Wajib Dimiliki. Salah satunya yaitu pulpen Pulpen Zebra Kokoro yang siap menunjang kegiatan sekolah, kuliah dan kantor. Mari, kita simak 10 jenis-jenis pensil untuk kebutuhan Anda, dibawah ini. 

1. Pensil Karbon

Pensil karbon biasanya dipakai untuk keperluan melukis ataupun menggambar. Materialnya terbuat dari bahan granit dan juga arang yang dikombinasikan. Meski kelihatannya sama, namun pensil karbon ini berbeda dengan pensil grafit ataupun jenis arang. 

2. Pensil Cair Grafit

Pensil cair satu ini merupakan salah satu dari jenis pensil grafit, biasa dipakai untuk melukis dan menggambar pada area yang lebih luas. Karena berbentuk cair, pensil ini juga lebih mudah untuk diaplikasikan. 

Pigmen warna pensil cair grafit juga termasuk kuat. Biasanya tersedia dalam variasi warna kuning, merah, biru, sepia dan abu-abu.

3. Pensil Grafit

Warna pensil grafit ini kehitaman dan menggunakan clay atau tanah liat sebagai bahan pengikat warna, sehingga membuat pigmen warnanya jadi beberapa tingkat lebih tinggi. Tingkat kepadatannya dibedakan dengan urutan dari gelap ke terang. 

Pensil jenis grafit yang umum dipakai adalah 2H dan 6B. Contohnya adalah merk Staedler 2B yang banyak dipakai untuk ujian, karena kekuatan goresannya yang berpigmen kuat. Kehitamannya tepat dan pas hingga bisa terbaca oleh scanner. 

4. Pensil Arang

Jenis dari pensil berikutnya adalah pensil arang yang dibuat dari charcoal dengan pilihan tekstur konsisten. Warnanya bisa dibilang lebih gelap daripada bahan grafit. Apabila ingin menggambar sketsa di kertas yang bertekstur, bisa memakai pensil arang.

5. Pensil Lilin (Grease Pencil)

Dikenal juga sebagai wax pencil untuk membuat kaligrafi di Cina. Bisa dipakai juga untuk menulis di permukaan gelas, sehingga kerap dipakai di laboratorium.

6. Pensil Cat Air

Cat air seperti pensil warna lainnya terdiri dari berbagai macam warna dan terasa basah saat diaplikasikan. Cara memakainya bisa dengan brush atau langsung menggoreskannya seperti pensil biasa pada umumnya.

7. Pensil Mekanik

Anda tidak perlu repot meraut jika memakai pensil ini, tinggal mengisinya dengan bahan isian yang terbuat dari grafit. Panjang dan pendeknya juga dapat disesuaikan dengan mudah. 

8. Copying Pencil

Pensil ini tidak mudah dihapus, untuk itu biasanya banyak dipakai untuk memberikan tanda pada cucian atau kain-kain. Bisa juga dipakai untuk melakukan salinan dokumen. Ujung pensilnya memiliki anilin ekstra dengan bahan grafit.

9. Pensil Warna

Banyak digunakan untuk memberikan pewarnaan pada gambar dengan cara menggoreskannya di kertas. Baiknya digunakan untuk permukaan kertas yang halus atau tidak bertekstur.

10. Pensil Kayu

Pensil yang satu ini banyak digunakan dan bahannya juga beragam. Mulai dari karbon, ataupun garfit, bahkan juga arang. Pensil ini ujungnya harus diraut agar dapat digunakan.

Setelah membaca ulasan di atas tentunya pengetahuan Anda semakin bertambah mengenai jenis-jenis pensil. Ketahui juga 13 Macam-macam Alat Tulis Sekolah yang Wajib Dimiliki untuk menambah pengetahuan Anda tentang alat-alat tulis lainnya.

Demikian untuk daftar jenis pensil yang bisa Anda jadikan pengetahuan tambahan agar Anda bisa membeli produk pensil sesuai dengan keperluan. Jika Anda membutuhkan ATK untuk kantor atau instansi Anda, BPS siap menjalin kerja sama dengan Anda. Kami melakukan distribusi ATK ke seluruh Indonesia. Hubungi kami di sini dan dapatkan penawaran menarik sekarang juga! 

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel: