6 Persiapan Membuka Toko Alat Tulis Kantor

Toko Alat Tulis Kantor BPS

Alat tulis kantor merupakan barang habis pakai yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari. Membuka toko alat tulis kantor bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Karena permintaanya akan selalu ada. 

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencari pangsa pasar yang tepat. Kemudian mencoba strategi bisnis yang bisa membuat usaha berkembang pesat. Seperti mencari lokasi strategis, menjual secara online, menawarkan variasi produk yang menarik, dan lain sebagaianya. 

Tak hanya mengetahui cara membuka toko ATK yang berkualitas, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara memilih produk ATK yang bisa Anda pasok. Begini Cara yang Tepat Memilih Alat Tulis yang Bagus.

Keuntungan Bisnis Toko Alat Tulis Kantor

Menjalankan toko alat tulis dapat membawa profit yang menggiurkan. Sasarannya bisa dipasarkan ke anak-anak sekolah, mahasiswa, pelukis, ilustrator dan pekerja pada umumnya. Anda bisa memilih ingin menyasar target konsumen yang mana. 

Selain itu keuntungan berbisnis ATK adalah Anda tidak akan mengalami kerugian. Karena alat tulis bisa disimpan untuk waktu yang cepat lama. Bukan barang yang harus segera habis seperti makanan. Di samping itu ketahanan produknya juga memungkinkan alat tulis untuk dikirim ke luar kota dengan aman.  

Hal yang Perlu Disiapkan

Bisnis alat tulis bisa dimulai dengan modal yang minim. Seperti  berjualan di rumah dan menerima pesanan online. Baru setelah itu Anda membuka toko secara fisik untuk menjajakan alat tulis yang lebih lengkap. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan menjalankan bisnis toko alat tulis kantor:

1. Tentukan Lokasi yang Strategis dan Desain Tempat dengan Bagus

Cari lokasi strategis untuk membuka toko alat tulis. Tempat yang potensial yaitu area dekat sekolah, kampus, dan juga perkantoran. Karena di sanalah calon konsumen produk Anda berada.

Siswa dan pekerja adalah pengguna alat tulis yang paling utama. Bila ada toko ATK dekat sekolah atau kantor, mereka akan tertarik  untuk datang ke toko. Supaya konsumen semakin nyaman dan mau datang kembali, buat desain toko yang bagus. 

2. Ketahui Produk Anda

Tentukan alat tulis apa saja yang akan Anda jual. Di awal menjalankan usaha Anda bisa mulai dengan produk yang paling banyak dicari konsumen potensial. Tidak perlu langsung menyetok banyak, cukup beberapa buah untuk setiap item.

Misalnya bila toko Anda berdekatan dengan sekolah maka perbanyak produk buku tulis, pensil, penggaris, dan alat tulis yang umum dipakai anak sekolah. Namun pilih alat tulis berkarakter super hero, animasi, dan penuh warna, yang disukai anak-anak.

Jika toko Anda tidak jauh dari kampus, Anda bisa menawarkan berbagai macam pulpen, map, spidol, highlighter, notebook, dan alat tulis praktis lainnya. 

Pilih jenis alat tulis dengan desain sederhana, namun sediakan dalam berbagai warna. Dengan begitu, pembeli bisa memilih sesuai kesukaan mereka. Dengan begitu, pembeli bisa memilih sesuai kesukaan mereka. Sesuaikan juga dengan kebutuhan misalnya, untuk kebutuhan kabel listrik, sediakan produk Isolasi Listrik PVC Goldtape yang berbahan vinyl sesuai dengan arus listrik.

3. Temukan Supplier Terpercaya

Temukan supplier yang bisa dipercaya, karena Anda akan bekerja sama untuk waktu yang panjang. Pilih supplier yang menyediakan produk berkualitas dengan harga yang rendah. 

Selain itu, pilih supplier yang menawarkan berbagai macam produk. Supaya Anda bisa menambah stok banyak barang untuk toko alat tulis kantor dari satu supplier. 

PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS) sebagai distributor lakban dan ATK di Indonesia, menyediakan berbagai produk alat tulis berkualitas. Kunjungi halaman produk untuk mencari tahu lebih banyak terkait produk-produk yang didistribusikan.

4. Lengkapi Ketersediaan Produk 

Setelah toko Anda semakin ramai, tambah stok produk secara bertahap . Anda bisa melengkapi etalase toko dengan berbagai jenis lakban. Menawarkan cat dan alat lukis, hingga melengkapi macam-macam kertas. 

Toko yang menawarkan produk lengkap akan lebih dipilih. Karena pembeli bisa mendapatkan banyak barang dari satu toko. Mereka tidak perlu lagi mencari ke toko yang lain, jika sudah tersedia di toko Anda. 

Anda juga dapat membuat sebuah website yang berisikan list produk yang Anda jual. List produk ini akan memudahkan calon pembeli memilih produk sesuai dengan kebutuh pembelian. 

5. Gunakan Display yang Menarik

Buat toko alat tulis kantor milik Anda jadi lebih menarik dengan penataan yang rapi. Letakkan produk pada etalase dan rak terbuka, agar produk mudah terlihat konsumen. Simpan sesuai kategori, area khusus pulpen, map, buku, gunting, cat, dan lain sebagainya. 

Kemudian supaya lebih menarik Anda bisa menyusunnya berdasarkan bentuk atau warna. Apabila melihat sekumpulan spidol disusun sesuai warna, etalase toko akan terlihat jauh lebih rapi. 

Pembeli bisa menemukan produk yang mereka inginkan dengan mudah. Selain itu strategi ini juga akan membantu Anda dalam mengorganisir produk serta melakukan pencatatan.  

6. Aktif Secara Online untuk Meluaskan Jangkauan Bisnis

Selain membangun toko secara fisik, bangun juga toko ATK Anda secara online. Unggah foto di media sosial dan marketplace. Promosikan toko dan barang melalui media sosial, maka Anda bisa melebarkan jangkauan bisnis. 

Aktif berinteraksi di media sosial bisa membuka peluang toko ATK Anda semakin dikenal banyak orang.

Demikian cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuka toko alat tulis kantor. Suatu peluang bisnis menjanjikan, tetapi perlu dikelola dengan baik agar dapat berkembang. Salah satunya dengan memilih supplier yang tepat untuk menjalin kerja sama. 

Penting juga untuk mengetahui tampilan etalase toko yang menarik calon pembeli untuk toko ATK Anda. Berikut ini adalah 8+ Inspirasi Etalase Toko ATK, Sederhana tapi Estetik!

Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis alat tulis kantor, Anda bisa memperoleh berbagai macam produk ATK dari BPS. 

PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS) adalah distributor ATK dan lakban untuk pebisnis, toko, dan konsumen sejak 1994. Klik tautan ini untuk mengetahui produk-produk BPS dan hubungi kami melalui kontak yang tersedia untuk informasi selengkapnya!

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel: