Cara Membuat Peta Konsep di Buku Tulis yang Benar

Cara Membuat Peta Konsep di Buku Tulis yang Benar BPS distributor alat tulis terlengkap di indonesia

Terdapat beberapa cara membuat peta konsep di buku tulis yang dapat Anda ikuti. Peta konsep, memang dapat membantu menghubungkan konsep serta ide. Hal ini membuat pemahaman akan suatu materi menjadi lebih mudah.

Peta konsep banyak digunakan untuk pembelajaran. Untuk membuatnya dengan benar, mari simak informasi yang akan dijelaskan pada tulisan kali ini!

Apa itu Peta Konsep?

Sebelum membahas tentang cara membuat peta konsep di buku tulis, ketahui dulu pengertiannya. Peta konsep adalah upaya untuk menghubungkan ide dan berbagai konsep yang ada. Karena dibuat dengan ilustrasi dan simbol grafis, peta konsep membuat suatu materi lebih mudah diingat.

Fungsi Peta Konsep?

Terdapat beberapa jenis peta konsep, yaitu rantai kejadian, pohon jaringan, model laba-laba, dan siklus. Adapun fungsi dan manfaat peta konsep untuk siswa antara lain:

  1. Memudahkan siswa dalam mengingat materi dan berkonsentrasi.
  2. Menghemat waktu ketika belajar.
  3. Menjadikan proses belajar lebih efisien dan cepat.
  4. Dapat digunakan untuk memunculkan ide-ide baru.
  5. Melihat keseluruhan materi dengan lebih rinci.

Itulah pengertian dan beberapa fungsi dari peta konsep untuk kegiatan belajar. Membuat peta konsep juga memerlukan langkah yang tepat. Hal ini agar penggambarannya mudah dipahami dan mencakup materi yang diperlukan.

Langkah-langkah Cara Membuat Peta Konsep di Buku Tulis yang Benar

Terdapat beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat peta konsep di buku tulis. Apa saja langkahnya? Mari simak berikut ini!

1. Tentukan Topik atau Gagasan Utama

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengetahui gagasan atau topik keseluruhan yang akan dibahas. Topik ini akan menjadi acuan dalam membuat peta konsep. 

2. Buatlah Titik Sentral Peta Konsep Anda

Titik sentral berfungsi sebagai acuan untuk mengembangkan kerangka dan cabang peta konsep nantinya. Titik ini juga dapat Anda buat dalam bentuk gambar untuk meningkatkan kreativitas. 

3. Tentukan Cabang-cabang Utama dari Titik Sentral

Cabang akan terdiri dari materi yang berkaitan dengan topik yang telah ditentukan. Cabang-cabang utama dapat Anda buat dalam bentuk atau ukuran yang lebih besar.

4. Buatkan Sub Cabang Utama

Setelah menemukan cabang-cabang utama, Anda bisa melanjutkannya dengan sub-sub baru. Sub ini dapat digambar atau ditulis lebih kecil dari cabang utama. 

5. Perjelas Peta Konsep dengan Simbol atau Ikon

Agar peta konsep semakin lengkap, Anda bisa menambahkan simbol dan ikon yang berkaitan dengan topik. Simbol ini memudahkan otak untuk mengingat informasi yang ada.

6. Gunakan Warna Sebagai Sorotan Peta Konsep

Sama seperti simbol, warna memudahkan kita dalam mengingat peta konsep. Selain itu, pengaplikasian warna dapat membuat peta konsep semakin menarik.

7. Tambahkan Keterangan pada Peta Konsep

Pastikan Anda menambahkan keterangan dengan lengkap. Namun, keterangan yang singkat dan padat lebih disarankan agar isi peta konsep tidak bertele-tele.

8. Pastikan Peta Konsep Mudah Dipahami

Setelah semua langkah diikuti, pastikan peta konsep dapat dipahami dengan mudah. Anda bisa mengevaluasi apakah terdapat informasi yang belum dicantumkan.

Itulah langkah membuat peta konsep yang mudah untuk diikuti. Membuat peta konsep juga membutuhkan ketelitian. Dengan begitu, peta konsep yang dibuat mudah untuk dipahami.

Baca Juga: Teknik dan 5 Cara Menulis Bagus dengan Pulpen

Lengkapi Kebutuhan ATK Siswa Bersama BPS Distributor ATK

Kegiatan membuat peta konsep ini memerlukan alat tulis yang lengkap agar hasil semakin maksimal. Kebutuhan alat tulis dapat terpenuhi dengan mudah bersama PT. BPS sebagai distributor alat tulis yang dapat Anda akses di sini. Hubungi kami untuk kerja sama atau pembelian.

Mari ikuti cara membuat peta konsep di buku tulis dan lancarkan proses belajar mengajar. Bersama PT BPS, kebutuhan alat tulis akan terpenuhi!

Bagikan Artikel: