Cara Menata Toko ATK agar Produk Mudah Ditemukan

Toko Alat Tulis Kantor (ATK) adalah tempat yang sering dikunjungi oleh pelanggan yang membutuhkan berbagai perlengkapan kantor. Cara menata toko ATK sangat penting agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan barang yang mereka cari.

Artikel ini akan membahas cara efektif untuk menata toko alat tulis. Dengan begitu, pelanggan dapat mudah menemukan barang, dan pekerjaan Anda juga lebih ringan.

10 Cara Menata Toko ATK, Praktis dan Mudah! 

Tidak hanya produk-produk berkualitas dari Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa, penataan pada toko alat tulis kantor jadi salah satu faktor penunjang suksesnya jual beli. Dengan penataan yang rapi dan terstruktur, pelanggan jadi mudah menemukan produk. Alhasil, hal ini membuat pelanggan jadi lebih sering kembali untuk membeli barang.

Ada beberapa cara untuk melakukan penataan pada toko ATK. Apa saja? Berikut ini ulasannya!

  1. Analisis Ruang Toko

    Langkah pertama sebagai cara menata toko ATK adalah melakukan analisis terhadap ruangan toko. Perhatikan ukuran dan struktur ruangan, serta pertimbangkan posisi pintu masuk, area kasir, dan ruang penyimpanan. 

    Dengan pemahaman yang baik tentang ruang toko, Anda dapat merencanakan tata letak yang optimal untuk memastikan setiap sudut dapat dimanfaatkan secara efisien. Anda juga dapat mengetahui kebutuhan apa saja yang cocok untuk organisir toko. Seperti lemari, rak penyimpanan, rak gantung, meja, dan lain sebagainya.

  2. Kategorisasi Produk

    Salah satu cara terbaik untuk membuat produk mudah ditemukan adalah dengan mengategorikan produk dengan jelas. Pisahkan produk berdasarkan jenisnya, seperti pensil, pena, kertas, dan alat tulis lainnya. 

    Gunakan rak atau wadah yang sesuai untuk setiap kategori produk ATK. Agar pelanggan dapat dengan cepat mengidentifikasi dan menemukan barang yang mereka butuhkan.

    Seperti contoh, Anda memilih rak dinding sebagai tempat penyimpanan kertas kado, kertas karton, dan lain sebagainya. Sementara untuk macam-macam pena, Anda mengumpulkannya di satu sudut dengan lemari bersekat. 

    Sebagai saran, tata produk dari yang ukurannya kecil hingga besar. Misalnya saja untuk bagian alat yang kecil seperti pena, ada di bagian depan toko. Sementara barang dengan ukuran besar seperti tas, HVS, berbagai jenis map berada pada bagian belakang sesuai urutan ukurannya.

  3. Gunakan Rak dan Wadah yang Efisien

    Cara menata toko ATK berikutnya adalah mengenai pemilihan tempat untuk produk. Pilih rak dan wadah yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan toko ATK Anda. 

    Rak gantung, rak dinding, dan wadah transparan adalah pilihan yang bagus untuk memaksimalkan ruang penyimpanan dan memudahkan pelanggan dalam melihat produk. Pastikan bahwa rak dan wadah memiliki label yang jelas untuk setiap kategori. Sehingga pelanggan dapat dengan mudah membaca dan menavigasi.

    Selain itu, Anda juga dapat memilih menggunakan open shelf supaya memudahkan penataan barang. Konsep ini memudahkan Anda dalam merapikan berbagai produk yang ada pada toko ATK.

    Namun sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa barang mungking membutuhkan etalase biasa supaya lebih aman dari jangkauan pelanggan yang tidak bertanggung jawab.

  4. Prioritaskan Produk Terlaris di Arah Mata Pandang

    Letakkan produk-produk terlaris atau yang paling sering dicari oleh pelanggan pada ketinggian mata pandang. Hal ini akan membuat produk tersebut lebih menonjol dan meningkatkan kemungkinan pembelian impulsif. 

    Jangan ragu untuk mengubah penataan produk tergantung pada tren dan musim. Sehingga pelanggan selalu melihat produk-produk baru dan populer.

    Sebagai contoh, Anda dapat meletakkan pena di bagian depan toko. Sebab, pena ini menjadi salah satu barang terlaris yang banyak dicari pelanggan.

  5. Penataan yang Menarik

    Meski merupakan toko alat tulis, namun Anda harus memperhatikan penataan yang menarik pelanggan. Anda dapat menata sesuai dengan tema atau musim.

    Misalnya saja saat musim masuk sekolah, sebisa mungkin tata dengan suasana sekolah. Kemudian letakkan produk seperti buku tulis, pena dan kebutuhan sekolah lain dalam satu tempat.

    Anda dapat menambahkan pajangan yang menarik pada toko. Cara menata toko ATK yang seperti ini akan menarik pelanggan untuk datang. Sekaligus mengingatkan pelanggan jika musim tertentu telah tiba.

  6. Penyusunan Produk Menurut Merek atau Jenis

    Selain kategorisasi berdasarkan jenis produk, Anda juga dapat menyusun produk berdasarkan merek atau jenis tertentu. Misalnya, jika toko Anda memiliki banyak produk dari merek tertentu, buat area khusus untuk merek tersebut. 

    Misalnya saja, ada satu rak yang berisi merek hanya dari Kenko. Pada bagian tersebut, Anda dapat meletakkan berbagai produk. Mulai dari binder clip, gunting, pewarna, hingga buku.

    Hal ini akan membantu pelanggan yang memiliki preferensi khusus terhadap merek tertentu. Dengan begitu, pelanggan selalu teringat jika membeli produk merek tersebut hanya pada toko Anda.

  7. Tambahkan Area Pameran dan Penawaran Khusus

    Buat area pameran di bagian depan toko untuk menampilkan produk-produk unggulan atau penawaran khusus. Pameran ini dapat menarik perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk mengeksplorasi produk lebih lanjut. 

    Selain itu, letakkan produk dengan diskon atau penawaran khusus di area yang mudah dijangkau. Buat tulisan dengan ukuran besar mengenai diskon dan penawaran tersebut. Agar pelanggan dapat dengan cepat melihat kesempatan belanja hemat.

  8. Manfaatkan Pencahayaan yang Baik

    Pencahayaan yang baik dapat membuat toko Anda terlihat lebih bersih, terorganisir, dan menarik perhatian. Pastikan semua area toko terang benderang dan hindari area yang gelap. Ini adalah kunci cara menata toko ATK dengan baik.

    Pilih lampu yang dapat memberikan cahaya merata pada setiap sudut toko. Anda dapat mengkonsultasikannya dengan arsitek atau orang yang ahli dalam penataan ruang untuk memastikan terkait penerangan ini.

  9. Gunakan Sistem Penandaan Harga yang Jelas

    Sistem penandaan harga yang jelas sangat penting untuk kenyamanan pelanggan. Pastikan setiap produk memiliki label harga yang mudah dibaca. Gunakan font yang cukup besar dan warna yang kontras agar informasi harga dapat dengan cepat diidentifikasi oleh pelanggan.

    Selain itu, pastikan label harga juga selalu diperbarui. Apabila ada kenaikan atau penurunan harga, segera dilakukan pemeriksaan. Agar harga yang ada pada sistem dan label toko bisa sesuai.

  10. Jaga Kebersihan dan Keteraturan

    Tidak peduli sebaik apa tata letak dan kategorisasi produk Anda, kebersihan dan keteraturan tetaplah kunci penting. Pastikan area toko selalu bersih dan rapi. Rutin lakukan inventarisasi produk untuk memastikan semua barang tersedia dan ditempatkan pada tempatnya.

    Untuk memudahkan hal ini, Anda dapat menunjuk karyawan khusus. Misalnya saja karyawan untuk kebersihan dan penataan. Kemudian karyawan khusus inventarisasi produk.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat toko ATK yang rapi, teratur, dan mudah diingat oleh pelanggan. Memahami kebutuhan pelanggan dan menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, akan membantu meningkatkan loyalitas pelanggan.

Selain memperhatikan cara menata toko ATK, sebaiknya juga pilih Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa untuk memenuhi kebutuhan produk Anda. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh produk ATK berkualitas. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya!

Bagikan Artikel: