Ragam Cara Mengatasi Pulpen Macet dengan Mudah

Cara Mengatasi Pulpen Macet dengan Mudah BPS distributor alat tulis kantor di Indonesia

Pulpen macet memang sangat mengganggu. Apalagi saat sedang mengerjakan laporan atau dokumen penting. Namun, tak perlu khawatir lagi, kini sudah ada banyak cara mengatasi pulpen macet

Dengan begitu, Anda tetap bisa melanjutkan pekerjaan tulis-menulis lagi tanpa harus berhadapan dengan pulpen yang macet. 

Cara Mengatasi Pulpen Macet

Pulpen macet muncul karena terdapatnya bagian yang tidak berfungsi dari dalam tubuh pulpen. Entah itu faktor ballpoint atau tinta pulpen yang memang bermasalah. Nah, untuk mengatasi pulpen yang macet, cobalah menerapkan tips berikut. 

  • Goreskan di Ujung Spidol Permanen

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pena macet ialah dengan menggoreskan pena pada ujung spidol permanen. Karena tinta spidol permanen memiliki bahan pelarut yang kuat maka cobalah menggoreskan pulpen macet pada bagian ujung spidol. Dengan begitu, tinta pulpen yang mengering akan larut dan keluar lagi. 

  • Goreskan ke Kaca

Cara kedua yang bisa Anda lakukan ketika mengalami pulpen macet ialah dengan menggoreskan pulpen pada kaca. Selain kaca, Anda juga bisa menggoreskan pulpen pada alumunium dan benda lain yang memiliki permukaan yang licin. Goreskanlah berkali-kali hingga tinta yang macet kembali keluar. 

  • Ketuklah Ujung Pulpen

Cara mengatasi pulpen macet selanjutnya ialah dengan mengetukkan ujung pulpen. Namun, pastikan untuk mengetuk pulpen pada permukaan benda yang cukup keras. Silahkan mengetukkan pulpen pada meja, dinding ataupun lantai. 

Sebelum mengetukkan pulpen pada permukaan yang keras, jangan lupa untuk menaruh selembar kertas agar tinta pulpen tidak meninggalkan noda tinta pada meja atau permukaan benda lainnya. 

  • Goreskan di Penghapus

Jika Anda takut mengetukkan pulpen yang macet pada permukaan benda yang keras, cobalah menggunakan penghapus. Umumnya, anak sekolah membawa penghapus ke sekolah, jadi silahkan memanfaatkan penghapus saat pulpen mendadak macet di kelas. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggosokkan pulpen pada penghapus. Tak hanya penghapus, Anda juga bisa menggunakan barang berbahan karet lainnya. Goreskan pulpen secara terus-menerus pada penghapus hingga tinta pulpen kembali muncul. 

  • Memanaskan Ujung Pulpen

Tips terakhir yang bisa Anda coba saat pulpen tiba-tiba macet tak mengeluarkan tinta adalah dengan memanaskan ujung pulpen. Pertama-tama, silahkan mengeluarkan tabung tinta dari pulpen. 

Setelah itu, arahkanlah sudut pulpen yang terbuat dari bahan besi tersebut ke arah api. Tak perlu api yang besar, cukup gunakan api dari pemantik saja. 

Jangan terlalu lama melakukannya, panaskan ujung pulpen beberapa detik saja. Hal ini dilakukan agar bahan pulpen yang terbuat dari plastik tidak ikut terbakar. Setelah itu, masukkan kembali tabung tinta ke keadaan seperti semula. 

Cara Memilih Pulpen Berkualitas Anti Macet

Selain mengetahui cara mengatasi pulpen macet, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips memilih pulpen yang berkualitas yang anti macet. 

  • Pilih Pulpen dengan Tinta Pekat

Saat membeli pulpen, pilihlah jenis pulpen dengan tinta yang pekat. Tulisan yang bagus tentu berasal dari kualitas tinta yang bagus pula. Tinta pekat pada sebuah pulpen menandakan jika pulpen tersebut memiliki tinta yang bagus. 

Jadi, Anda pun tidak akan menemui pulpen macet lagi saat sedang sibuk-sibuknya menulis. Untuk produk pulpen terbaik, Anda bisa mendapatkannya di BPS

  • Pilih Pulpen yang Tidak Mudah Bocor

Pulpen yang sangat mudah bocor dapat dipastikan sebagai pulpen yang sangat rawan macet. Bayangkan, saat Anda sedang sibuk menulis laporan dan tugas, Anda harus berhadapan dengan tinta bocor di mana-mana. 

Oleh sebab itu, jangan tergiur dengan pulpen dari segi tampilannya saja. Pilihlah jenis pulpen yang terkenal dengan hasil tintanya yang berkualitas. Pulpen yang mudah bocor bisa menyebabkan banyak masalah. Mulai dari noda tinta di permukaan kertas hingga di dalam tas.

  • Pilih Pulpen yang Tidak Gampang Macet

Cara mengatasi pulpen macet paling mudah adalah dengan memilih pulpen yang tidak mudah macet. Umumnya, di beberapa tempat atau toko yang menjual alat tulis menyediakan kertas sebagai tempat tester pulpen, salah satunya adalah BPS dengan produknya yang beragam.

Cobalah melakukan corat-coret pada kertas tersebut dengan menggunakan beberapa jenis pulpen yang ingin Anda beli. Pulpen yang gampang macet biasanya menghasilkan goresan tinta yang juga mudah putus. 

Sebaliknya, jenis pulpen yang anti macet akan memberikan kesan yang nyaman saat digunakan. Hal tersebut dapat dilihat dari goresan tinta yang dihasilkan. 

  • Pilih Pulpen dengan Merek Terkenal

Pulpen yang sudah populer dan banyak digunakan bisa menjadi referensi utama saat sedang mencari pulpen yang anti macet. Lihatlah merek pulpen mana yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di sekitar Anda. Anda juga bisa melakukan survei dari setiap pengguna pulpen yang berbeda-beda. 

Baca Juga: Ini Perbedaan Perlengkapan dan Peralatan Kantor Beserta Jenisnya

BPS Pelopor Supplier Pulpen Berkualitas Anti Macet

Kini Anda tidak perlu repot mencari cara mengatasi pulpen macet. Dengan membeli pulpen dari toko atau supplier pulpen berkualitas seperti PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS), Anda dapat memiliki beragam  pulpen terbaik anti macet. Kunjungi  laman produk pulpen BPS.

Bagikan Artikel: