Ragam Jenis Buku Tulis dan Rekomendasi Merek Terbaik

Jenis buku tulis - bangkit perkasa

Buku tulis merupakan salah satu ATK yang paling banyak dibutuhkan. Ada banyak jenis buku tulis yang dapat digunakan sebagai media menulis. Mulai dari buku tulis garis umum, garis tiga, garis 5, dan masih banyak lagi. Masing-masing buku tulis tersebut memiliki fungsi dan kelebihan tersendiri.

Di samping itu, kebutuhan yang tinggi terhadap buku tulis membuat banyak produsen ATK memproduksinya. Oleh karena itu, saat ini tersedia beragam buku tulis dari berbagai merk di pasaran. Agar tidak salah pilih, mari ketahui jenis dan rekomendasi merek terbaik melalui informasi berikut ini!

Fungsi Buku Tulis

Sebelum mengetahui jenis buku tulis, tidak ada salahnya Anda juga mengenali fungsi dari buku tulis. Pasalnya, alat tulis ini banyak dibutuhkan mulai dari anak sekolah hingga perkantoran. Adapun fungsinya yaitu sebagai berikut:

  • Media Catatan Fleksibel

Umumnya, buku tulis seringkali digunakan sebagai media untuk mencatat suatu informasi. Bagi mahasiswa atau pelajar, buku akan digunakan untuk mencatat informasi penting yang disampaikan oleh pengajar atau yang mereka temukan pada buku materi.

Sementara itu, di lingkungan perkantoran buku biasa digunakan untuk mencatat data penting seperti keuangan, atau data lainnya.

  • Meningkatkan Motorik dan Kinerja Otak

Buku tulis ternyata dapat membantu meningkatkan motorik dan kinerja otak, terutama bagi pelajar yang masih duduk di bangku sekolah. Menulis buku membutuhkan serangkaian aktivitas seperti respon otak, menggerakan pensil, dan mengirim informasi dari buku untuk ditulis.

  • Meningkatkan Daya Ingat dan Mengurangi Stress

Buku tulis juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mengurangi stres. Anda bisa memilih jenis buku tulis yang lucu untuk membantu menurunkan stres. Di samping itu, aktivitas menulis di buku dapat membantu memperpanjang daya ingat informasi yang Anda tulis.

Jenis-jenis Buku Tulis

Buku tulis adalah salah satu alat tulis yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan sekolah, pekerjaan, atau kegiatan pribadi. Namun, mungkin Anda pernah bingung memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa tipe buku tulis yang perlu dikenali:

  • Buku Tulis Garis Umum

Buku tulis garis umum adalah buku tulis yang memiliki halaman dengan garis-garis tipis atau garis-garis pucat yang membantu dalam menjaga agar tulisan lebih rapi saat menulis. Buku tulis ini cocok digunakan untuk menulis catatan, membuat daftar, atau menulis cerita. 

Garis-garisnya memberikan panduan yang membantu menjaga tulisan agar lebih rapi dan teratur. Jenis buku ini bisa dipilih sebagai buku tulis untuk anak SMP, SMA, ataupun SD. Kelebihan dari buku ini yaitu: 

  • Memudahkan dalam menjaga keteraturan tulisan;
  • Cocok digunakan untuk menulis catatan atau membuat list.
  • Buku Tulis Garis 3

Buku tulis garis 3 memiliki garis-garis yang dibagi menjadi tiga bagian secara horizontal di setiap halamannya. Buku ini merupakan buku tulis yang bagus untuk anak SD untuk melatih tulisan mereka. 

Garis-garis yang jelas memudahkan dalam belajar menulis huruf-huruf dan angka dengan rapi. Selain itu, buku ini juga biasanya digunakan untuk melatih anak-anak dalam menulis aksara sambung agar tampak lebih rapi. Adapun kelebihannya yaitu:

  • Cocok untuk anak-anak dalam tahap belajar menulis;
  • Membantu dalam melatih keterampilan menulis dengan rapi.
  • Buku Tulis Garis 5

Sama seperti buku tulis garis 3, buku tulis garis 5 memiliki garis-garis horizontal, tetapi dibagi menjadi lima bagian. Buku tulis ini juga biasanya digunakan oleh anak-anak untuk belajar menulis huruf sambung agar lebih rapi sesuai dengan garis yang sudah ada pada buku tersebut.

Selain itu, buku ini juga dapat digunakan untuk menulis not balok dan menulis komposisi. Adapun kelebihannya yaitu sebagai berikut:

  • Cocok untuk menulis teks halus agar lebih rapi;
  • Memberikan panduan menulis not balok atau sebagai buku paranada.
  • Buku Tulis Kotak Kecil

Buku tulis kotak kecil memiliki halaman dengan kotak-kotak kecil yang terbagi secara rapi. Jenis buku tulis ini sering digunakan untuk membuat diagram, grafik, atau melakukan perhitungan matematika. 

Kotak-kotaknya memudahkan dalam menjaga keseragaman dan keakuratan gambar atau angka. Dengan penulisan angka yang lurus, perhitungan angka-angka dapat dilakukan dengan lebih mudah. 

Perhitungan ini dapat berupa pembagian, penjumlahan, perkalian, dan pengurangan. Adapun kelebihan dari buku ini yaitu:

  • Cocok untuk membuat diagram, grafik, atau melakukan perhitungan matematika;
  • Memudahkan dalam menjaga keseragaman dan keakuratan gambar atau angka.
  • Buku Tulis Kotak Besar

Berbeda dengan buku tulis kotak kecil, buku tulis kotak besar memiliki kotak-kotak yang lebih besar dan lebih jarang di setiap halamannya. Buku ini merupakan buku tulis untuk anak TK karena dapat membantu anak yang baru saja belajar menulis. 

Selain itu, buku ini juga biasanya digunakan untuk belajar menulis huruf-huruf mandarin. Dengan kota-kotak yang terdapat pada buku tersebut, tulisan dapat menjadi rapi karena ada batas-batas yang jelas pada setiap sisinya. Adapun kelebihan dari buku ini yaitu:

  • Membantu anak belajar menulis huruf atau angka agar lebih rapi;
  • Memberikan batasan yang jelas saat belajar menulis huruf mandarin.

Rekomendasi Merk Buku Tulis Terbaik

Setelah mengenali beberapa jenis buku tulis, tentunya Anda juga harus mengetahui merk apa saja yang direkomendasikan dan memiliki kualitas terbaik. Dari sekian banyaknya merk buku tulis yang ada, setidaknya ada dua merk yang bisa kamu pilih yaitu:

  • Buku Tulis SiDu

Siapa yang tidak kenal dengan buku tulis Sinar Dunia atau SiDu, merk buku tulis yang kertasnya tebal. Buku ini sudah menjadi pilihan dan andalan sejak dulu di kalangan anak sekolah. 

Buku ini sangat terkenal karena memiliki kualitas kertas yang tebal, tidak kasar, tidak mudah sobek, serta sampul buku dengan warna yang terang dan gambar menarik. Buku tulis ini tersedia dalam berbagai desain sampul, ukuran, dan jumlah lembaran. 

Dengan begitu, Anda bisa membeli tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan anak sekolah. Selain buku tulis, SiDu juga menawarkan produk buku gambar yang tidak kalah berkualitas.

  • Buku Tulis Campus

Buku tulis lainnya yang tidak kalah berkualitas yaitu BMB Campus. Buku yang satu ini biasanya menjadi favorit di kalangan anak kuliahan dan bisa juga menjadi buku tulis untuk anak SMA.

BMB Campus merupakan singkatan dari Best Maxi Book. Buku yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 18×25 cm. Tersedia dua tipe, yaitu BMB Campus berisi 36 lembar dan 50 lembar. 

Buku ini memiliki kualitas kertas yang cukup tebal dan nyaman digunakan untuk menulis materi di sekolah. Selain itu, ukurannya yang besar memungkinkan lebih banyak memuat materi pembelajaran selama satu semester.

Demikian jenis buku tulis dan rekomendasi merk terbaik yang bisa Anda pilih. Kenali lebih jauh mengenai ATK yang dijual PT BPS dengan mengunjungi laman produk untuk informasi lengkap ATK dari Distributor PT BPS. Anda juga dapat mempelajari informasi dan tips terkini seputar ATK dan penggunaannya melalui laman blog. Untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dan pemesanan produk, hubungi tim PT BPS, melalui laman hubungi kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait