Lengkap! Pahami Jenis-Jenis Pensil: HB, 2B, 4B, 6B, dan 8B

Jenis-Jenis Pensil BPS distributor alat tulis terlengkap seindonesia

Anda pasti menemukan berbagai jenis tipe pensil di toko alat tulis. Ternyata memang jenis-jenis pensil itu sangat beragam dan memiliki fungsi serta kualitas yang berbeda-beda. Apabila Anda hobi menulis pakai pensil, maka penting sekali untuk memahami setiap jenisnya.

Setiap tipe pensil berbeda sesuai dengan tingkat kekerasannya. Selain itu hasil coretan tiap tipe pensil juga bisa terlihat berbeda di atas keras. Mari cari tahu seperti apa sebenarnya perbedaan setiap jenis pensil yang bisa Anda temukan di toko-toko.

Apa Itu Pensil?

Pada awalnya pensil merupakan grafit murni yang dipakai untuk menulis di atas kertas. Namun grafit tersebut memiliki tekstur yang terlalu lembut sehingga cenderung mudah patah.

Kemudian pensil dibuat dengan menggunakan campuran grafit dan tanah liat. Supaya tidak mengotori tangan, pensil juga dibalut dengan material kayu yang mudah digenggam. Sampai sekarang, Anda bisa dengan mudah menemukan pensil di toko-toko alat tulis. 

Jenis-Jenis Pensil Berdasarkan Kekerasan

Ada banyak sekali produk pensil yang bisa Anda jumpai di toko alat tulis. Ternyata produk pensil dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai tingkat kekerasan. Berikut adalah ragam jenis pensil menurut kekerasannya:

1. Pensil Berkekerasan Tinggi (H)

Pertama ada pensil dengan kode H yang memiliki tingkat kekerasan paling tinggi. Jika dibandingkan dengan tipe pensil lainnya, pensil ini memang punya tekstur yang keras dan memberikan goresan tipis di kertas. 

Pensil tersebut memakai konsentrasi timbal yang lebih rendah dan cenderung lebih mudah dihapus. 

2. Pensil Berkekerasan Rendah (B)

Selanjutnya ada pensil dengan kekerasan yang rendah. Tipe yang paling sering digunakan adalah 2B karena paling nyaman dipakai menulis. Jenis pensil ini memiliki warna goresan yang cukup gelap. 

3. Pensil Berkekerasan Sedang (HB)

Ada pula tipe pensil HB yang memiliki tingkat kekerasan sedang. Tingkat kegelapannya berada di antara pensil H dan B. Kode HB itu sendiri digunakan dengan arti H menggambarkan kekerasannya dan B warna gelap yang dimiliki. 

Perbedaan Jenis Pensil HB, 2B, 4B, 6B, dan 8B

Memang jenis-jenis pensil yang beredar di pasaran sangat berbeda. Ada beberapa kode yang sering digunakan yaitu HB, 2B, 4B, 6B, dan 8B. 

Berikut adalah perbedaan mendasar dari pensil-pensil tersebut!

1. Jenis Pensil HB untuk Garis Halus dan Detail

HB merupakan tipe pensil yang biasa digunakan untuk membuat garis halus. Biasanya pensil ini akan dipakai untuk membuat sketsa karena hasilnya juga detail. Masih nyaman dipakai dengan tingkat kekerasan di tengah-tengah. 

2. 2B dan 4B, Jenis Pensil untuk Bayangan dan Tekstur

Kemudian ada pensil 2B dan 4B yang cukup sering kita gunakan untuk menulis. Dua jenis pensil ini ternyata sangat cocok dipakai untuk membuat bayangan dalam sebuah sketsa. Anda juga bisa mengandalkan pensil ini untuk membuat tekstur. 

3. Jenis Pensil 6B dan 8B untuk Bayangan Gelap dan Garis Tebal

Sementara itu pensil 6B dan 8B lebih cocok untuk membuat bayangan gelap dan garis yang tebal. Tipe pensil ini memiliki warna gelap yang lebih pekat. Anda bisa membuat bayangan gelap dengan cepat memakai pensil tersebut.

Baca Juga: Teknik dan 5 Cara Menulis Bagus dengan Pulpen

BPS Solusi Pensil Berkualitas untuk Kebutuhan Kantor Anda

Bagi Anda yang membutuhkan aneka jenis pensil dengan kualitas terbaik, langsung saja hubungi PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS). Perusahaan ini menjadi distributor alat tulis terbaik dan profesional yang bisa Anda percaya. 

PT BPS menyediakan jenis-jenis pensil berkualitas dan alat tulis lainnya. Anda bisa memenuhi kebutuhan alat tulis dengan mudah dan cepat. Langsung saja kunjungi laman produk pensil BPS untuk mendapatkan informasi produk dan pemesanan.

Bagikan Artikel: