Jenis Kertas Thermal, Ukuran dan Rekomendasi Mereknya untuk Swalayan

jenis kertas thermal untuk swalayan Bangkit Perkasa Sukses distributor atk dan lakban di jakarta

Kertas thermal adalah salah satu inventaris yang harus dimiliki oleh swalayan. Hal ini disebabkan kertas tersebut bermanfaat untuk mencetak struk belanjaan. Namun sebelum membelinya, Anda perlu mengetahui jenis kertas thermal, ukuran, dan rekomendasi mereknya untuk swalayan.

Sebelum membahas hal itu. Anda perlu mengetahui vendor terpercaya untuk membeli kertas thermal, yakni Bangkit Perkasa. Bangkit Perkasa ialah distributor ATK dan lakban terlengkap di Indonesia untuk berbagai kebutuhan.

Salah satunya kertas thermal. Kami menerima pembelian dalam jumlah besar (bulk buying) dan pengiriman se-Indonesia. Lantas seperti apa jenis, ukuran, dan rekomendasi mereknya yang bisa dipertimbangkan? Simak ulasan lengkapnya dalam uraian ini.

Jenis Kertas Thermal

Menurut buku Aplikasi Komputer, Chairul Rizal, dkk (2023: 57), kertas thermal merupakan kertas yang cetakannya dihasilkan dari printer thermal menggunakan panas. Dalam penerapannya, printer yang digunakan harus sesuai dengan jenis dari kertas thermal itu sendiri, yakni:

1. Thermal Semi-Coated dan Coated

Jenis kertas thermal yang satu ini sering digunakan pada swalayan untuk mencetak struk belanja. Kertas ini berbentuk gulungan. Gulungan kertas tersebut akan berjalan seiring harga dan produk belanja konsumen dicetak di atasnya.

Kertas yang digunakan ini terdiri dari satu lapisan saja atau 1 ply. Bagaimanapun juga, kualitas cetakannya cukup baik. Kertas ini pun ada yang berbentuk semi-coated yang artinya semi mengkilap dan coated yang artinya benar-benar mengkilap.

Printer yang digunakan biasanya berukuran kecil dan tersambung dengan komputer kasir. Dari komputer kasir tersebut, data transaksi akan dikirim ke printer untuk dicetak. Selain itu, printer ini juga memiliki gerigi sehingga kertas dapat mudah disobek setelah pencetakan transaksi selesai.

Selain untuk mencetak struk belanja dengan mekanisme di atas, kertas jenis ini juga dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan lainnya. Contohnya adalah untuk mencetak transaksi kartu debit atau kartu kredit di berbagai tempat.

2. Thermal Unggul

Jenis kertas thermal ini juga berbentuk gulungan. Namun ada perbedaan dengan kertas thermal roll yang dibahas di atas, yakni kertas ini memiliki dua lapis atau 2 ply.

Kertas ini mempunyai hasil cetakan yang lebih baik dari kertas berjenis coated atau semi-coated 1 ply. Printer yang digunakan pun lebih canggih daripada jenis kertas tersebut.

Umumnya kertas ini digunakan di berbagai tempat yang tak kalah canggih pula. Bagaimanapun juga, kertas ini sering ditemukan di kehidupan sehari-hari.

3. Thermal Warna

Sesuai namanya, thermal warna mampu mencetak struk atau bukti pembayaran lain dengan warna. Jenis kertas thermal ini pun memiliki tiga lapisan atau 3 ply.

Lapisan pertama serta kedua merupakan kertas thermal coated, sedangkan lapisan ketiga adalah kertas thermal unggul. Di lapisan inilah warna akan dicetak.

Printer yang digunakan juga berbeda dengan kertas lainnya. Hal ini disebabkan printer tersebut harus bisa mencetak warna dengan kertas ini.

4. Kertas Thermal Adhesive

Kertas ini mempunyai lapisan bahan perekat. Itulah mengapa kertas ini kerap digunakan untuk mencetak stiker. Kertas ini juga biasa disebut sebagai kertas thermal A4.

Ada beragam fungsi dari kertas ini, yakni untuk mencetak barcode, label, dan berbagai tanda pengenal lainnya. Berbeda dengan kertas thermal pada umumnya yang digunakan untuk transaksi pembayaran, jenis kertas thermal ini digunakan oleh industri manufaktur dan lain sebagainya.

Ukuran Kertas Thermal

Selain mempunyai berbagai jenis, kertas thermal juga mempunyai berbagai ukuran. Ukuran ini juga harus disesuaikan dengan printer agar bisa mencetak dengan maksimal. Berikut beberapa ukuran yang biasa digunakan oleh swalayan.

1. Kertas Thermal 57 x 37 mm

Arti 57 x 37 mm adalah kertas thermal ini mempunyai lebar 57 mm dengan diameter gulungan sebesar 37 mm. Umumnya panjang kertas dalam satu gulungan ialah 15 meter.

Ukuran kertas ini memang paling kecil di antara yang lainnya. Oleh sebab itu, cetakan printer yang digunakan pun berukuran kecil. Meskipun demikian, banyak jenis printer untuk kertas ini yang biasa beredar di pasaran.

2. Kertas Thermal 58 x 40 mm

Kertas yang satu ini sedikit lebih besar daripada kertas thermal sebelumnya, yakni lebarnya adalah 58 mm, diameternya 40 mm. Karena diameternya lebih besar, maka satu gulungannya pun lebih panjang daripada ukuran sebelumnya.

Sama seperti ukuran sebelumnya, kertas ini juga membutuhkan printer khusus yang mampu mencetaknya. Namun jangan sampai tertukar dengan printer untuk ukuran 57 x 37 mm karena kertas tidak akan muat di sana.

3. Kertas Thermal 58 x 50 mm

Kertas ini mempunyai lebar yang sama dengan ukuran sebelumnya. Namun, diameter gulungannya lebih besar, yakni 50 mm. Jadi, panjang gulungannya pun lebih besar pula.

Karena mempunyai lebar kertas yang sama, ukuran kertas ini juga umumnya bisa digunakan pada printer yang sama dengan ukuran sebelumnya. Printer itu pun bisa ditemukan dengan mudah di pasaran.

4. Kertas Thermal 80 x 80 mm

Kertas ini memiliki lebar yang cukup besar, yakni 80 mm. Diameter gulungannya pun 80 mm sehingga lebih panjang daripada ukuran-ukuran kertas thermal yang telah disebutkan sebelumnya.

Printer yang digunakan pun mempunyai jenis yang berbeda dari sebelumnya. Namun jika menggunakan kertas ini, Anda hanya cukup mencari printer untuk lebar kertas 80 mm. Hal ini disebabkan semua jenis printer tersebut bisa digunakan untuk mencetak kertas ini.

Rekomendasi Merek untuk Swalayan

Di pasaran terdapat berbagai merek kertas thermal yang bisa dipilih. Namun, Anda perlu memilih kertas yang terbukti dan terpercaya agar bisnis swalayan bisa berjalan dengan lebih maksimal. Salah satu merek tersebut adalah B29.

B29 merupakan merek dari ATK dan perlengkapan sekolah lainnya. Salah satu jenis produk yang dimiliki oleh merek ini adalah kertas thermal gulungan. Kertas thermal merk ini praktis untuk digunakan. Bahkan kertas thermal B29 sudah populer di kalangan pemilik bisnis swalayan.

Ada tiga ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan bisnis Anda, yaitu:

  1. 80 x 80 milimeter
  2. 57 x 40 milimeter
  3. 57 x 30 milimeter

Baca Juga: Bangkit Perkasa: Vendor ATK dan Lakban Untuk Kantor & Industri

Bangkit Perkasa, Vendor Kertas Thermal Terpercaya

Jika Anda tertarik dengan salah satu jenis kertas thermal di atas, maka Anda bisa membelinya di Bangkit Perkasa. Bangkit Perkasa merupakan distributor ATK serta lakban paling lengkap di Indonesia. Kami juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu barang yang ada di Bangkit Perkasa adalah kertas print struk atau kertas thermal. Kertas ini bisa Anda manfaatkan sebagai bukti sah transaksi dalam bisnis swalayan. Merek kertas thermal yang disediakan Bangkit Perkasa adalah B29 yang sudah terpercaya di kalangan pebisnis.

Kunjungi laman produk kami untuk mengetahui berbagai produk lainnya. Pelajari beragam informasi terkini mengenai penggunaan lakban serta ATK lain pada laman blog Bangkit Perkasa. Informasi selanjutnya dapat Anda dapatkan di kontak kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait