Macam Macam Jenis Pensil Warna di Dunia

jenis pensil warna di dunia Bangkit Perkasa Sukses distributor atk terlengkap

Pensil warna merupakan salah satu alat tulis yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan prakarya dan seni. Berbagai jenis pensil warna bisa digunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari pewarnaan.

Pensil warna yang ada di dunia ini terdiri dari beberapa macam, simak di sini untuk tahu selengkapnya! Manfaatkan berbagai keunggulannya dengan baik supaya bisa membuat hasil karya yang indah dan memukau.

Macam-macam Pensil Warna

Inilah dua jenis dari pensil warna yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan mewarnai. Mulai dari pensil warna yang umum dipakai hingga pensil warna yang bisa dipadukan dengan media air, bisa Anda gunakan. 

Perhatikan dan pahami perbedaannya, supaya bisa memilih dan memanfaatkannya dengan optimal.

1. Pensil Warna Classic / Umum

Jenis pertama yaitu pensil warna classic yang sangat umum ditemui di pasaran. Pensil warna jenis ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak kecil yang baru belajar mewarnai, anak sekolah, hingga kalangan profesional.

Terdapat berbagai merek dari pensil warna classic yang beredar dan dijual di pasaran. Mulai dari yang biasa hingga berbagai merek premium, bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget.

Pensil warna ini biasa digunakan untuk menggambar dan mewarnai dengan menggunakan teknik arsir. Selain itu, bisa juga dipadukan dengan berbagai teknik lainnya, misalnya teknik blend atau bisa disebut sebagai teknik mencampur.

Maksud dari teknik mencampur tersebut tidak dengan mencampurkan berbagai jenis pewarna lainnya, melainkan mencampurkan warna atau menghaluskannya dengan beberapa cara.

Sebagai contoh, bisa digosok dengan memanfaatkan blending stumps. Namun, jika tidak memiliki blending stumps, bisa juga memanfaatkan berbagai alat pendukung lainnya, misalnya kapas atau tisu.

2. Pensil Warna Aquarel / Watercolor

Jenis pensil warna yang kedua yaitu jenis aquarel atau watercolor. Sesuai dengan namanya, pensil ini bisa dipadukan dengan media air.

Jika ingin memanfaatkan teknik tersebut, maka Anda bisa melakukannya setelah selesai mengarsir warna. Ketika arsiran warna sudah selesai, maka bisa dilanjutkan dengan menyapu warna tersebut dengan kuas yang telah dicelupkan ke dalam air atau sudah basah.

Terdapat berbagai teknik untuk mencampurkan air tersebut, tergantung dari seberapa banyak air yang ingin dicampurkan. Jika air yang dibutuhkan hanya sedikit, maka cukup dibasahi sedikit bagian kuas saja.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan pensil warna yang satu ini yaitu media kertasnya. Pastikan Anda memakai kertas yang bisa digunakan untuk teknik ini, atau kertas yang tidak mudah robek jika terkena air.

Ketebalan dari kertas yang dipakai perlu disesuaikan. Jika memakai kertas yang terlalu tipis, maka akan sangat mudah robek atau rusak jika terkena air.

Banyaknya air yang akan dipakai juga perlu diperhatikan. Meski kertas yang dipakai sudah tebal, namun tetap masih bisa berpotensi rusak jika pemakaian airnya terlalu banyak.

Itulah jenis dari pensil warna yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk mewarnai gambar indah Anda. Tentunya, jenis pensil warna yang akan dipakai bisa disesuaikan dengan keperluan dari pewarnaan, sehingga hasil warna menjadi maksimal.

Berbagai jenis media pendukung yang dibutuhkan, juga perlu diperhatikan. Misalnya, kertas yang digunakan harus sesuai. Jika memerlukan tambahan alat seperti tisu, jangan lupa untuk disiapkan sebelum memulai proses mewarnai.

Baca Juga: Terbaik di 2023! 8 Pilihan Merk Spidol yang Bagus

Penuhi juga kebutuhan menggambar dengan buku gambar. Bangkit Perkasa.com siap membantu Anda. Bangkit Perkasa.com juga menyediakan pensil warna merk Staedtler dan Agatis Prime. Tersedia beragam warna dalam satu pack. Anda dapat memilih sesuai dengan jumlah warnanya.

Bangkit Perkasa merupakan distributor alat tulis terbesar di Indonesia yang bisa  menerima pengiriman alat tulis ke seluruh pelosok negeri.

Selain itu, Bangkit Perkasa.com juga menyediakan berbagai jenis alat prakarya seperti spidol, gunting, lakban, cutter, dan lain sebagainya. Anda bisa mengunjungi laman produk kami untuk mempelajari ragam alat tulis yang kami sediakan. 

Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut seputar kerja sama atau pembelian dari berbagai produk kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait