Mengenal Macam Macam Map dan Fungsinya

macam macam map kertas Bangkit Perkasa Sukses distributor ATK Jakarta

Map adalah salah satu alat tulis kantor (ATK) yang sangat penting dalam berbagai keperluan. Selain dalam urusan kantor, berbagai urusan lainnya pun seringkali membutuhkan map untuk mempermudah pengelolaan dokumen. Sebenarnya, ada macam macam map yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kegunaannya.

Meski terkesan sepele, namun sebaiknya Anda mengetahui berbagai jenis map tersebut, sehingga tidak salah pilih ketika akan membeli atau memakainya. Simak artikel ini hingga tuntas untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang jenis-jenis map!

Pengertian Map

Map atau stopmap merupakan salah satu alat yang berguna untuk menata atau mengorganisir berbagai dokumen atau berkas. Jika Anda ingin semua tampak rapi dan mudah untuk diatur, maka map bisa menjadi solusinya.

Map memiliki fungsi utama untuk merapikan dan mengorganisir dokumen. Selain itu, map juga bisa dipakai untuk mengirimkan dokumen. Ada berbagai jenis map yang bisa dipakai sehingga menjadi penting untuk memilih yang paling tepat.

Macam Macam Map

Berikut ini adalah berbagai macam map yang bisa Anda pilih sesuai dengan fungsinya, pastikan Anda tidak salah pilih!

1. Map Amplop

Map jenis yang pertama yaitu map amplop yang bisa berguna untuk mengirimkan dokumen atau berkas. Map ini juga umum dipakai untuk berbagai urusan, misalnya digunakan untuk map lamaran kerja.

Map amplop biasanya berbentuk persegi panjang dengan warna coklat. Di bagian atasnya, ada tali pengikat supaya dokumen di dalamnya tidak tercecer.

2. Map Folio

Selanjutnya, ada map folio yang sangat populer digunakan dalam berbagai keperluan. Ukurannya sedikit lebih besar dari kertas folio, sehingga cocok untuk menempatkan berbagai dokumen dengan ukuran folio atau di bawahnya. Dengan memakai map ini, maka berkas atau dokumen akan lebih mudah tertata rapi.

Biasanya, map ini dibuat dari bahan kertas karton, sehingga lebih tebal jika dibandingkan dengan map amplop. Anda bisa memanfaatkan berbagai pilihan warna yang tersedia, bisa disesuaikan dengan jenis dokumen atau keperluannya.

4. Map Folder

Map folder cukup umum dipakai untuk berbagai keperluan kantor atau organisasi, karena bisa memuat banyak berkas dalam satu buah map. Bahannya bervariasi, salah satunya yaitu bahan plastik yang didesain berwarna-warni.

Jika butuh mengorganisir banyak berkas, maka map ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

5. Map Snelhecter

Macam macam map berikutnya yaitu map snelhecter yang memiliki bentuk mirip seperti sampul buku dan umumnya dibuat dari bahan plastik. Di bagian tengahnya, terdapat tali pengikat dan Anda bisa meletakkan berbagai berkas di bagian tersebut.

Map ini umum dipakai oleh mahasiswa, pelajar, hingga pegawai kantoran untuk menyimpan berbagai berkas, baik dalam jangka waktu yang panjang maupun pendek. Karena memakai tali pengikat, maka dokumen dapat disimpan dengan lebih aman dan rapi.

Namun, jika akan menggunakan map jenis ini, maka Anda perlu melubangi kertas terlebih dahulu supaya bisa dimasukkan ke tali pengikatnya. Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih map folder atau map folio dibanding map snelhecter.

Baca Juga: Arti Warna Tinta Pulpen dan Tiap Kegunaannya

6. Zipper Bag atau Map Kantung

Terakhir, ada map kantung atau zipper bag yang muncul karena tuntutan dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Jika biasanya map cenderung kaku, maka map yang satu ini bisa menawarkan elastisitas.

Tidak hanya bisa untuk meletakkan dokumen, map kantong bisa juga untuk meletakkan berbagai jenis barang lainnya, misalnya alat tulis. Terdapat resleting di atasnya untuk mengamankan barang-barang di dalamnya.

Itulah berbagai jenis map yang umum dipakai untuk berbagai keperluan, misalnya untuk keperluan sekolah atau kantor. Tentunya, jika akan memilih map, perlu disesuaikan dengan penggunaannya.

Terdapat macam macam map berdasarkan warna dan bahannya yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis terlengkap di Indonesia yang meyediakan map folio untuk melindungi dan meningkatkan kerapian dokumen Anda, kunjungi halaman produk atau hubungi kontak untuk informasi lebih lengkapnya.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait