Prospek & Modal Jualan Alat Tulis Serta Keuntungannya

modal jualan alat tulis beli di Bangkit Perkasa Sukses distributor ATK nasional

Anda punya modal uang namun bingung ingin membuka usaha apa? Anda bisa coba menjalankan bisnis jualan alat tulis. Bisnis alat tulis termasuk salah satu bisnis yang menjanjikan dan minim kerugian.

Selain minim kerugian, Anda juga tidak perlu memiliki modal yang besar untuk memulai bisnis ini. Ragu untuk memulai usaha menjual alat tulis? Berikut prospek serta modal membuka bisnis jual alat beli yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan!

Prospek Jualan Alat Tulis

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka usaha adalah prospek dari bisnis yang akan dijalankan. Prospek usaha stationery terbilang menjanjikan sama seperti halnya bisnis kuliner atau pakaian.

Sampai saat ini kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar akan alat tulis masihlah tinggi mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, sampai karyawan. Target pasar usaha ini juga luas yang mencakupi seluruh kalangan masyarakat secara umum baik dari kelas bawah sampai kelas atas. 

Meski saat ini banyak kegiatan tulis menulis yang sudah dilakukan melalui ponsel atau laptop, namun masih banyak kegiatan yang memerlukan alat tulis sehingga Anda tidak perlu khawatir akan prospek bisnis ini. 

Kelebihan Usaha Jualan Alat Tulis

Terdapat beberapa kelebihan membuka usaha menjual alat tulis. Berikut adalah daftar dan penjelasan ringkasnya:

1. Minim Risiko Kerugian

Kelebihan usaha menjual alat tulis salah satunya adalah minim risiko kerugian karena produk alat tulis cenderung tidak akan rusak atau basi dalam waktu yang lama. Anda tidak akan rugi jika tidak menjual banyak produk dalam waktu dekat. 

Hal tersebut berbeda dengan usaha kuliner dimana makanan bisa basi atau rusak jika didiamkan dalam waktu lama. 

2. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Sebagian orang selalu mengira jika untuk membuka usaha perlu modal yang besar. Namun tidak dengan usaha menjual alat tulis ini. Anda tidak harus memiliki modal hingga puluhan juta untuk memulai usaha ini.

Modal tersebut bisa lebih rendah jika Anda memiliki ruang kosong sebagai tempat berjualan. Anda juga bisa lebih menghemat modal jika membuka toko online saja. 

3. Operasional Usaha Tidak Sulit

Anda tidak perlu merasa khawatir untuk memulai usaha alat tulis ini meskipun Anda adalah seorang pemula yang belum pernah berkecimpung di dunia bisnis alat tulis. 

Kegiatan operasional usaha alat tulis sangat mudah dan tidak memerlukan skill khusus karena Anda cukup melayani pelanggan secara ramah. Pembelian stok juga tidak perlu dilakukan setiap hari.

Modal Membuka Usaha Jualan Alat Tulis

Untuk memudahkan Anda dalam memperkirakan modal usaha alat tulis, berikut contoh analisa modal usaha alat tulis yang bisa Anda perhatikan:

1.2Modal Investasi

Poin pertama yaitu modal investasi yang perlu disiapkan untuk keperluan memulai usaha. Apabila tanpa menyewa tempat untuk toko, paling tidak Anda perlu menyiapkan modal yang meliputi:

Etalase : Rp2 juta

Meja dan Kursi : Rp1 juta

Kalkulator : Rp50 ribu

Rak display : Rp1,5 juta

Papan nama : Rp200 ribu

Renovasi toko : Rp3 juta

Jumlah : Rp7,75 juta

Total jumlah perkiraan modal investasi awal yang perlu Anda siapkan untuk membuka toko paling tidak yaitu sekitar Rp7,75 juta jika Anda sudah memiliki tempat sendiri tanpa menyewa.

2. Biaya Operasional

Selain modal untuk investasi awal, Anda juga perlu menyiapkan modal untuk keperluan biaya operasional bulanan toko yang meliputi:

Alat tulis : Rp3 juta

Gaji karyawan : Rp1 juta

Listrik : Rp200 ribu

Kantong plastik : Rp100 ribu 

Perlengkapan  lain : Rp200 ribu

Jumlah : Rp4,4 juta

Total perkiraan jumlah biaya operasional bulanan paling tidak yaitu sekitar Rp4,4 juta. Jika dijumlahkan antara modal investasi dan biaya operasional maka paling tidak modal yang perlu disiapkan untuk membuka toko alat tulis yaitu sekitar Rp12,1 juta. 

Keuntungan Bisnis Jualan Alat Tulis

Dari perhitungan perkiraan modal di atas, berapa kira-kira keuntungan yang bisa Anda dapatkan setiap bulannya? Misalkan jika penjualan yang Anda peroleh setiap hari adalah sekitar Rp200 ribu, omset perbulan Anda adalah sekitar Rp6 juta.

Dari penjualan di atas, maka laba bersih yang Anda peroleh tiap bulan yaitu Rp6 juta – Rp4,5 juta = Rp 1,5 juta.

Dari laba bersih tersebut, maka ROI toko Anda yaitu Rp7,75 juta : Rp1,5 juta = 5 ,1 bulan. Jadi, Anda bisa balik modal paling tidak setelah penjualan selama 5,1 bulan. 

Perhitungan di atas adalah asumsi modal jika Anda sudah memiliki lokasi untuk toko tanpa menyewa. Angka modal tentu bisa berbeda tergantung harga modal dan biaya operasional toko di daerah Anda.

Tips Bisnis Jualan Alat Tulis bagi Pemula

Meskipun bisnis alat tulis ini tergolong mudah, namun kesuksesan usaha tergantung pada strategi bisnis yang Anda gunakan. Berikut beberapa tips sukses usaha jual alat tulis bagi pemula.

1. Memilih Lokasi Strategis

Pertama Anda harus memilih lokasi toko yang strategis yaitu dekat dengan kawasan kalangan masyarakat yang banyak membutuhkan alat tulis. Beberapa lokasi strategis yang bisa Anda pilih diantaranya yaitu seperti dekat sekolahan, kantor atau kampus. 

2. Survei Kebutuhan Pasar

Tips usaha alat tulis berikutnya yaitu Anda perlu menyiapkan alat tulis yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan survei kira-kira alat tulis apa saja yang banyak diperlukan oleh pelanggan. 

Anda bisa menyetok barang yang paling banyak dicari dalam jumlah banyak sedangkan untuk barang yang sedikit dicari Anda bisa menyediakannya dalam jumlah yang sedikit. 

Semakin lengkap produk yang Anda sediakan tentu pelanggan akan menyukai toko Anda dengan sendirinya. Kemudian jangan lupa untuk menata barang Anda serapi dan semenarik mungkin. 

3. Membuat Promosi

Biasanya promosi toko alat tulis adalah dari mulut ke mulut pelanggan. Namun tidak ada salahnya Anda membuat promosi baik melalui media sosial atau membuat website toko alat tulis. Anda juga bisa memperluas usaha Anda dengan menjual produk alat tulis melalui e-commerce.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Selengkap apapun produk di toko Anda, jika pelayanan yang Anda berikan tidak ramah dan kualitas produk tidak baik tentu pelanggan akan merasa kecewa. Oleh karena itu, berikan pelayanan terbaik pada pelanggan Anda.

5. Memilih Supplier ATK Terjangkau dan Terpercaya

Anda dapat memaksimalkan keuntungan dengan cara memilih supplier alat tulis yang terpercaya dan harga yang terjangkau. Salah satu distributor ATK terpercaya yang bisa Anda pilih adalah Distributor ATK Bangkit Perkasa.

Bangkit Perkasa adalah distributor alat tulis kantor terpercaya yang sudah menyediakan berbagai alat tulis dari berbagai merk selama kurang lebih 25 tahun. 

Itulah prospek dan modal jualan alat tulis beserta keuntungannya. Asumsi keuntungan di atas tentu bisa lebih tinggi atau lebih rendah. Anda bisa memulai bisnis jual alat tulis dengan mengandalkan Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa. Informasi lebih lanjut seputar kerja sama dan pemesanan hubungi kami!

Pelajari beragam produk yang tersedia di laman produk Bangkit Perkasa. Anda juga dapat pelajari beragam informasi terkini seputar bisnis alat tulis melalui laman blog Bangkit Perkasa.

Bagikan Artikel: