Jenis-Jenis Peralatan Kantor dan Fungsinya

jenis jenis peralatan kantor Bangkit Perkasa Sukses distributor atk seindonesia

Ada banyak alat yang dapat digunakan untuk menunjang keperluan kantor, misalnya untuk keperluan administrasi dan  pengarsipan. Anda dapat memanfaatkan jenis-jenis peralatan kantor untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas pegawai.

Untuk memenuhi beragam jenis peralatan kantor, Bangkit Perkasa merupakan distributor ATK terlengkap dan terpercaya yang bisa Anda andalkan. Kunjungi laman produk Bangkit Perkasa untuk melihat ragam ATK berkualitas.

Kami menerima pembelian ATK dalam jumlah besar (bulk buying) dan pengiriman ke seluruh Indonesia.

Apa saja alat penunjang yang umum digunakan di kantor? Jangan lewatkan pembahasan informatif berikut dan lengkapi peralatan kantor Anda supaya berbagai pekerjaan dapat selesai dengan baik!

Jenis-Jenis Peralatan Kantor

Peralatan kantor yang perlu disediakan tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan kerja dari perusahaan tersebut. Namun, ada berbagai peralatan yang umumnya dimiliki oleh berbagai jenis kantor, yaitu sebagai berikut:

1. Meja dan Kursi Kerja

Salah satu peralatan utama di kantor yaitu meja dan kursi kerja. Pekerjaan kantor biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga dibutuhkan tempat yang nyaman untuk menyelesaikannya.

Maka dari itu, meja dan kursi kerja perlu didesain seoptimal mungkin dengan berbagai fasilitas yang diperlukan. Di atas meja, biasanya terdapat berbagai tempat untuk menyimpan dokumen kerja, sehingga tidak tercecer.

2. Perangkat Komputer atau Laptop

Jenis-jenis peralatan kantor kedua yang perlu dimiliki yaitu perangkat komputer yang terdiri dari monitor, mouse, keyboard, dan CPU. Jika dibutuhkan, berbagai perangkat lainnya juga bisa ditambahkan, misalnya speaker atau kamera.

Dengan perangkat komputer, ada berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan. Misalnya, membuat laporan, melakukan editing foto atau video, menjadwalkan agenda, melakukan rapat secara online, dan berbagai aktivitas pencatatan.

Di beberapa kantor, mungkin saja perangkat komputer tersebut digantikan dengan laptop dengan kapasitas yang memadai untuk melakukan berbagai pekerjaan kantor. Jika ada berbagai hal yang membutuhkan aplikasi berat, maka laptop yang diperlukan pun perlu disesuaikan.

3. Flashdisk

Masih berkaitan dengan teknologi, peralatan selanjutnya yang sebaiknya ada di kantor yaitu flashdisk. Fungsinya adalah untuk menyimpan berbagai data atau arsip digital. Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakannya untuk memindahkan data tersebut dari satu perangkat ke berbagai perangkat lainnya.

Dengan adanya flashdisk, maka Anda akan lebih mudah untuk melakukan transfer data ketika diperlukan. Selanjutnya, berbagai kolaborasi atau kerjasama juga akan lebih mudah dilakukan.

Ada berbagai variasi dari kapasitas flashdisk, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kapasitas data yang akan disimpan atau dipindahkan.

4. Alat Tulis

Jenis-jenis peralatan kantor selanjutnya yang penting untuk dimiliki yaitu alat tulis. Dalam berbagai kegiatan, seringkali Anda butuh menulis sesuatu, sehingga berbagai alat tulis standar perlu ada di kantor.

Contoh alat tulis yang umum dipakai yaitu pulpen, pensil, penghapus, kertas, tinta, jepitan kertas, dan stapler. Untuk berbagai keperluan, kadang juga dibutuhkan alat pemotong seperti pisau cutter dan sejenisnya.

Untuk melengkapi alat tulis tersebut, distributor Bangkit Perkasa dapat membantu Anda. Produk yang diinginkan bisa diperoleh dengan mudah! Ditambah layanan konsumen yang ramah dan cekatan!

5. Pelubang Kertas

Masih berkaitan dengan kertas dan alat tulis lainnya, peralatan kantor selanjutnya yaitu pelubang kertas. Alat ini dibutuhkan untuk melubangi berbagai jenis dokumen yang akan disimpan dalam folder map. Dengan begitu, maka dokumen akan tertata dengan lebih rapi.

6. Map

Salah satu dari jenis-jenis peralatan kantor berikutnya, ada map yang diperlukan untuk membantu Anda dalam menyimpan berbagai jenis dokumen. Ada beberapa jenis map yang dapat dipilih, mulai dari map folio biasa, map folder, map amplop, map kantong, dan sebagainya.

Anda dapat memilih jenis map yang paling cocok untuk kebutuhan penyimpanan, bisa juga memakai beberapa jenis sekaligus supaya dapat memisahkan dokumen sesuai jenisnya.

7. Printer

Printer atau mesin pencetak menjadi peralatan penting selanjutnya yang sebaiknya ada di kantor. Dengan printer, maka Anda dapat mencetak berbagai dokumen yang dibutuhkan.

Anda dapat memilih jenis printer yang juga menyediakan fasilitas scanner, sehingga kebutuhan pemindaian juga dapat dilakukan dengan mudah. Dokumen yang tadinya berbentuk cetak, dapat dipindai atau di-scan sehingga Anda dapat memiliki bentuk softcopy.

8. Mikrofon

Untuk berbagai kegiatan yang bersifat massal atau membutuhkan banyak orang, maka mikrofon menjadi alat penunjang yang penting. Fungsinya, seperti yang sudah umum diketahui, yaitu untuk mengeraskan suara dari pembicara.

Dengan adanya mikrofon, maka pembicara dapat lebih mudah untuk menyampaikan berbagai hal. Orang-orang yang ada di sana pun dapat menyimak dengan lebih jelas dan nyaman.

Anda dapat memanfaatkan alat ini untuk berbagai kepentingan kantor, misalnya rapat, seminar, penjelasan produk, dan sebagainya.

Untuk dapat menggunakan mikrofon, maka perlu adanya perangkat sound system untuk mendukungnya. Pastikan bahwa Anda memiliki perangkat tersebut supaya dapat memanfaatkan fungsi mikrofon.

9. Mesin Fotokopi dan Kertasnya

Ketika sedang melakukan berbagai pekerjaan kantor, seringkali ada dokumen yang perlu diperbanyak atau difotokopi. Maka dari itu, mesin fotokopi menjadi jenis- jenis peralatan kantor selanjutnya yang penting untuk dimiliki.

Dengan adanya mesin fotokopi, maka Anda bisa memperbanyak dokumen dengan mudah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Dengan begitu, maka karyawan dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih cepat dan efektif.

Untuk mendukung kinerja dari mesin fotokopi, tentu saja Anda membutuhkan kertasnya. Pastikan bahwa Anda juga menyediakan kertas fotokopi sesuai ukuran yang dibutuhkan!

Anda bisa mendapatkannya melalui distributor terpercaya, Bangkit Perkasa. Tersedia berbagai produk kertas fotokopi yang dapat dipilih. Bingung menentukan kertas yang pas dengan kebutuhan Anda? Tim layanan konsumen siap membantu!

10. Lemari Arsip

Selanjutnya, ada lemari arsip yang merupakan jenis-jenis peralatan kantor penting. Sesuai namanya, lemari ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai arsip kantor, sehingga dapat tertata dengan baik.

Anda dapat memilih jenis lemari yang paling cocok dengan kebutuhan pengarsipan kantor. Misalnya, Anda bisa memilih jenis lemari dengan banyak bilik, lemari tanpa penutup untuk setiap bagiannya.

Dengan penyimpanan yang baik, maka data-data penting tidak tercecer dan dapat dengan mudah dicari ketika nantinya diperlukan.

11. Sofa Kantor

Peralatan kantor tidak hanya berupa fasilitas untuk menunjang kinerja karyawan, namun ada juga yang digunakan untuk memberikan fasilitas kepada tamu.

Salah satu peralatan yang sebaiknya dimiliki yaitu sofa kantor. Jika ada tamu berkunjung, Anda bisa memanfaatkan sofa tersebut supaya tamu merasa nyaman dan disambut dengan baik. Jika perlu, Anda juga dapat menambahkan meja kecil untuk meletakkan minuman atau hal-hal lainnya.

Baca Juga: Ragam Jenis Peralatan Gudang yang Wajib Ada untuk Memaksimalkan Bisnismu

12. Paper Shredder

Dalam berbagai kegiatan kantor, tentunya ada berbagai jenis kertas yang digunakan untuk menunjang pekerjaan. Di berbagai kertas, mungkin saja ada data-data penting yang tidak boleh diketahui orang di luar perusahaan. Maka dari itu, jika kertas sejenis itu sudah tidak terpakai, harus segera dihancurkan supaya tidak terbaca orang lain.

Alat yang dapat membantu dalam hal ini yaitu mesin penghancur kertas atau yang sering disebut paper shredder. Alat ini dapat membantu Anda untuk menghancurkan kertas dengan cepat, sehingga berbagai tulisan pun tidak lagi terbaca. Cara ini cukup efektif untuk menjaga berbagai rahasia perusahaan.

Itulah berbagai peralatan kantor yang umum dimiliki, sehingga dapat menunjang berbagai keperluan kerja. Pastikan juga fasilitas tersebut nyaman untuk digunakan, supaya kinerja karyawan pun dapat semakin optimal!

Anda bisa menyesuaikan penyediaan jenis-jenis peralatan kantor dengan kebutuhan perusahaan. Untuk berbagai produk, Anda dapat mencarinya dan memenuhinya melalui distributor Bangkit Perkasa. Silakan langsung hubungi kami untuk informasi, pertanyaan, atau pemesanan produk lebih lanjut!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait