Begini Perbedaan Staples dan Stapler, Beserta Jenisnya

Perbedaan Staples dan Stapler BPS distributor alat tulis kantor

Staples dan stapler merupakan dua item yang sering ditemui di sekitar lingkungan, terutama di tempat kerja. Meskipun sering digunakan bersamaan, namun terdapat perbedaan staples dan stapler yang signifikan jika dilihat dari fungsi, bentuk, dan cara penggunaannya.

Secara sederhana, staples digunakan untuk mengikat kertas, sedangkan stapler digunakan untuk menancapkan staples pada kertas agar lebih rapi dan teratur. Selain itu, keduanya juga memiliki jenis yang berbeda. Artikel ini akan membahas perbedaan antara staples dan stapler, serta jenis-jenisnya yang umum ditemukan.

3 Perbedaan Staples dan Stapler

Agar Anda lebih memahami perbedaan antara staples dan stapler, perhatikanlah bagaimana keduanya berbeda dalam fungsi, bentuk, dan cara penggunaannya.

  • Fungsi

Stapler adalah alat yang digunakan untuk menyatukan kertas dengan cara menjepit staples ke dalam kertas. Stapler memiliki bagian penekan yang akan mendorong staples untuk menembus dan menyatukan kertas.

Sedangkan staples merujuk pada logam tipis yang dibentuk menjadi U, yang digunakan sebagai bahan untuk menjepit kertas yang telah disatukan oleh stapler. Staples umumnya terbuat dari logam seperti baja, kuningan, atau stainless steel.

  • Bentuk

Stapler memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi, mulai dari stapler meja, stapler tangan, hingga stapler listrik. Stapler biasanya memiliki penampungan untuk staples di dalamnya.

Selain itu, ada juga stapler yang dilengkapi dengan fitur khusus seperti kemampuan menjepit kertas atau fungsi puncher. Sementara itu, staples merupakan logam berbentuk U dengan ukuran yang bervariasi, seperti 24/6, 26/6, dan 23/13. Ukuran ini mengacu pada lebar dan tinggi staples, serta jumlah kertas yang dapat disatukan.

  • Kegunaan

Perbedaan staples dan stapler yang ketiga adalah kegunaannya. Stapler digunakan untuk menyatukan kertas, karton, atau bahan serupa dengan menjepit staples ke dalamnya dengan mudah dan presisi. Hal ini membantu membantu mengikat kertas atau dokumen agar lebih rapi dan teratur.

Di sisi lain, staples adalah bahan yang digunakan oleh stapler untuk menyatukan kertas. Staples tersedia dalam berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan penyatuan kertas dengan jumlah yang berbeda. Dengan menggunakan staples, kertas yang diikat menjadi lebih kuat dan tidak mudah terlepas.

Jenis Staples dan Stapler

Staples tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk full strip staples, half strip staples, dan roll staples.

  1. Full strip staples berbentuk panjang dan umumnya berisi sekitar 200 staples, memerlukan stapler yang besar untuk penggunaannya.
  2. Half strip staples lebih pendek dari full strip staples, dengan sekitar 100 staples per lajur. Keduanya dapat dipotong menjadi beberapa bagian, namun half strip staples umumnya lebih mudah digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
  3. Roll staples berbentuk gulungan dan umumnya digunakan untuk pekerjaan yang memerlukan staples dengan tekanan tinggi, hanya dapat dipasang dengan mesin jahit kawat.

Ada dua jenis stapler yang umum ditemukan di kehidupan sehari-hari, yakni stapler manual dan stapler elektrik.

  1. Stapler manual lazim dan mudah digunakan dengan tenaga tangan untuk memberikan tekanan pada staples. Selain itu, stapler manual umumnya berukuran kecil, ringan, dan portabel, sehingga mudah dibawa ke mana-mana.
  2. Stapler elektrik dikhususkan untuk tugas-tugas yang lebih berat dan kompleks, dan dapat mengikat media dengan ketebalan yang lebih besar dalam waktu yang singkat. Beberapa jenis stapler elektrik bahkan dapat mengikat ratusan kertas sekaligus.

Setelah mengetahui perbedaan staples dan stapler, serta jenisnya, Anda mungkin ingin mencari stapler yang cocok untuk kebutuhan Anda. Kami merekomendasikan stapler Max dari PT BPS. Stapler Max adalah produk berkualitas tinggi yang cocok untuk kebutuhan kantor, sekolah, maupun rumah.

Baca Juga: 6 Produk Perekat Dinding Tanpa Paku

Produk ini tersedia dalam berbagai jenis dan warna, sesuai untuk mengikat kertas tebal dan penjilidan. Selain itu, stapler Max juga kompatibel dengan berbagai ukuran staples, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang pencocokan antara stapler dan staples yang akan digunakan. Kunjungi halaman ini untuk mendapat stapler pilihan Anda.

Untuk memesan, Anda bisa menghubungi kami di sini atau kunjungi halaman produk kami di sini.

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel: