Ukuran Kertas Continuous Form, Kegunaan, dan Cara Kerjanya untuk Bisnis Anda

Ukuran Kertas Continuous Form Bangkit Perkasa Sukses distributor atk dan lakban di jakarta

Continuous form adalah kertas yang kerap digunakan untuk berbagai keperluan dalam bisnis. Namun sebelum membelinya, Anda perlu mengetahui ukuran kertas continuous form, kegunaan, dan cara kerjanya. Anda juga perlu mengetahui vendor yang tepat, seperti Bangkit Perkasa.

Bangkit Perkasa.com ialah distributor alat tulis dan lakban paling lengkap di Indonesia untuk berbagai kebutuhan kantor dan industri. Salah satu produk kami adalah  kertas continuous form. Selain itu Kami menerima pembelian dalam jumlah besar (bulk buying) pengiriman se-Indonesia.

Lalu bagaimana dengan ukuran, kegunaan, dan  cara kerja kertas tersebut? Intip ulasan selengkapnya dalam uraian ini!

Ukuran Kertas Continuous Form

Ada berbagai ukuran dari jenis kertas ini yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran yang tersedia pun tergantung pada merek. Untuk merek Paperline sendiri, ada dua ukuran yang berada di pasaran, yakni:

  1. 9,5 x 11 inchi yang dibagi menjadi dua dengan ukuran masing-masing 9,5 x 5,5 inchi
  2. 14 7/8 x 11 inchi

Selain dibagi berdasarkan ukuran kertas continuous form, kertas milik Paperline ini juga dapat dibedakan lagi menurut banyak lembarannya dalam satu kertas, yaitu:

  1. 1 ply
  2. 2 ply
  3. 3 ply
  4. 4 ply

Jika Anda membeli kertas continuous form 1 ply, maka Anda akan mendapatkan kertas satu lembar saja. Namun jika Anda membeli 2 ply, maka Anda akan memperoleh dua lembar dalam satu rangkap. Begitu juga seterusnya.

Kegunaan Kertas Continuous Form

Mengutip buku Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi, Haris Priyatna dan M. Luttfi Fatahillah (2023: 37), kertas continuous form dibuat khusus untuk komputer, bersambung, serta mempunyai lubang di kedua sisinya.

Kertas ini memiliki berbagai kegunaan dalam bisnis, seperti:

  • Faktur Pajak

Faktur pajak merupakan bukti dari pajak yang dibayar oleh pengusaha kena pajak atau biasa disebut dengan PKP. Faktur pajak ini bisa dijadikan bukti pembayaran pajak serta transaksi oleh berbagai lembaga seperti instansi keuangan.

Jika Anda pernah melihat kertas yang digunakan oleh faktur pajak, itulah kertas continuous form. Biasanya ukuran kertas continuous form yang digunakan adalah 9,5 x 11 inchi.

  • Slip Gaji

Slip gaji merupakan bukti penerimaan gaji yang diterima oleh karyawan. Di dalamnya terdapat nominal penghasilan yang diperoleh serta berbagai potongan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Sama seperti faktur pajak, umumnya ukuran kertas yang digunakan untuk slip gaji adalah 9,5 x 11 inchi. Namun biasanya perusahaan menggunakan kertas yang berlapis agar slip gaji tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

  • Penerimaan dan Pengeluaran Uang

Setiap ada penerimaan dan pengeluaran uang, maka buktinya harus dimiliki oleh masing-masing pihak yang bersangkutan. Dengan demikian, pihak-pihak tersebut mempunyai salinan yang memudahkan pembuatan laporan keuangan.

Kertas yang digunakan untuk kepentingan ini juga umumnya berukuran 9,5 x 11 inchi. Biasanya perusahaan atau industri akan membutuhkan kertas dengan jumlah beberapa rangkap sehingga bisa dijadikan salinan.

  • Penerimaan Barang

Tak hanya penerimaan uang saja, namun juga penerimaan barang membutuhkan bukti tertulis. Dengan demikian, masing-masing pihak yang terlibat mempunyai bukti bahwa barang tersebut telah diterima sekaligus mempermudah inventaris.

Ukuran kertas continuous form yang digunakan untuk penerimaan barang umumnya sama dengan kertas penerimaan atau pengeluaran uang. Namun hal ini bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan perusahaan, seperti siapa saja yang perlu mendapatkan salinannya.

  • Faktur Penjualan

Faktur penjualan merupakan keterangan berisi harga dari barang-barang yang dibeli oleh klien. Di dalam faktur penjualan juga terdapat total tagihan yang harus dibayar klien tersebut. Pada umumnya, faktur penjualan diberikan kepada klien yang membeli barang secara kredit dalam jumlah besar.

Itulah mengapa faktur penjualan menjadi bukti sah untuk disimpan klien maupun pemilik usaha mengenai suatu transaksi. Faktur penjualan pun akan menggunakan kertas yang berisi beberapa rangkap.

  • Nota Penjualan

Berbeda dengan faktur penjualan, nota penjualan biasanya diberikan kepada klien yang membeli secara kontan. Bagaimanapun juga, nota penjualan juga berisi rincian barang, harga, beserta total yang harus dibayar klien.

Nota penjualan pun bisa menjadi bukti sah untuk disimpan klien dan pemilik usaha. Selain itu, nota penjualan juga bisa digunakan oleh klien jika ingin meretur barang yang rusak.

  • Surat Jalan

Surat jalan merupakan bukti bahwa suatu barang telah dikirim dari satu lokasi kantor ke lokasi lainnya baik masih milik perusahaan, klien, maupun ke jasa ekspedisi.

Dengan demikian, ada bukti konkrit bahwa suatu barang telah diizinkan untuk keluar. Hal ini bisa membantu proses inventaris dan perijinan. Biasanya, kertas yang digunakan berisi beberapa rangkap.

  • Formulir Pendaftaran

Berbagai instansi seperti sekolah maupun bank akan membutuhkan kertas continuous form untuk formulir pendaftaran. Dengan demikian, ada bukti sah baik bagi instansi maupun pendaftar bahwa ia telah terdata secara resmi.

Ukuran kertas continuous form yang digunakan umumnya lebih besar dari berbagai kepentingan di atas karena harus memuat banyak data. Salah satu ukuran yang digunakan adalah 14 7/8 x 11 inchi.

  • Berbagai Kepentingan Perusahaan Lain

Masih ada beragam kepentingan perusahaan lain yang memanfaatkan kertas continuous form. Hal ini bisa berbeda pada masing-masing perusahaan. Biasanya, kertas ini digunakan saat perusahaan ingin membuat suatu dokumen yang memerlukan banyak salinan.

Cara Kerja Kertas Continuous Form

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kertas ini khusus digunakan untuk komputer. Bagaimanapun juga, pencetak atau printer yang digunakan harus khusus, tak seperti printer pada umumnya.

Namun selebihnya, cara mencetak kertas ini cukup mudah dan serupa dengan kertas lainnya. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mencetak data pada kertas continuous form tersebut:

  1. Masukkan kertas continuous form dengan benar pada head printer
  2. Sembari menyalakan printer tersebut, pencet dan tahanlah tombol “FONT
  3. Tunggu hingga printer selesai mencetak kertas tersebut.
  4. Setelah itu, pencet tombol LF/FF agar konfigurasi pada printer berubah.
  5. Pilihlah menu “Page length for tractor
  6. Lalu, tekan tombol “FONT
  7. Jika sudah, Anda bisa memilih ukuran kertas yang diinginkan, misalnya 5,5 inchi
  8. Kemudian, pencet tombol “FONT

Baca Juga: Jenis Kertas Thermal, Ukuran dan Rekomendasi Mereknya untuk Swalayan

Bangkit Perkasa sebagai Distributor ATK Terpercaya

Setelah mengetahui ukuran kertas continuous form, kegunaan, dan cara kerja, Anda bisa mulai mempertimbangkan distributor yang bisa menyediakan kertas tersebut dengan kualitas tinggi. Salah satunya adalah Bangkit Perkasa!

Bangkit Perkasa merupakan distributor ATK dan lakban terlengkap di Indonesia yang bisa melayani pengiriman barang ke seluruh daerah di Indonesia untuk beragam kebutuhan. Salah satu ATK yang kami punya adalah kertas continuous form.

Untuk melihat berbagai produk yang ada selain kertas tersebut, Anda bisa mengunjungi laman produk kami. Anda juga bisa mempelajari beragam informasi yang faktual tentang lakban dan ATK lainnya di laman blog Bangkit Perkasa. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman kontak kami!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait