Berikut Teknik Pengemasan Produk yang Baik agar Lebih Awet

teknik pengemasan

Jika Anda membuat produk tertentu untuk dijual, maka tentunya perlu diperhatikan tentang bagaimana cara mengemasnya. Sebenarnya, ada berbagai teknik pengemasan yang bisa dilakukan dalam hal ini.

Namun, dalam memilih teknik yang sesuai, tentunya Anda perlu mengetahui lebih lanjut tentang setiap jenisnya, termasuk karakter dan keunggulannya. Hal ini akan dibahas dalam artikel ini, simak sampai tuntas dan pastikan produk Anda dikemas dengan maksimal!

Jenis-jenis Teknik Pengemasan

Kemasan memainkan berbagai peran penting untuk produk Anda. Misalnya, untuk melindungi produk dari berbagai kontaminasi zat lain, menambah nilai estetika produk yang dijual, serta bisa menjadi media promosi supaya merek dagang lebih terkenal dan mudah diingat.

Ada berbagai zat kontaminasi dari luar yang bisa merusak produk, terlebih untuk produk pangan. Sebagai contoh, sinar matahari, uap air, paparan udara, bakteri yang ada di berbagai tempat, serta debu dan kotoran.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengemas produk dengan tepat, sesuai dengan jenis produk yang akan dijual. Mari ketahui apa saja jenis teknik dari pengemasan, simak penjelasan di bawah ini!

  • Pengemasan Kotak Karton

Teknik pengemasan yang pertama yakni dengan memanfaatkan kertas karton atau sering disebut dengan paperboard packaging materials. Secara umum, ada dua jenis kemasan karton yang sering ditemui untuk berbagai macam produk, yaitu:

  • KLL atau Kemasan Kotak Karton

KKL disebut juga dengan folding carton box. Penggunaan karton dapat berfungsi sebagai kemasan primer yang bersentuhan langsung dengan produk, maupun sebagai kemasan sekunder  yang kontak langsung dengan kemasan primer namun tidak menyentuh produk.

Kemasan dengan teknik ini dapat memberikan fungsi perlindungan, namun tetap mudah dipakai serta dapat dibuat dengan estetik. Anda bisa memberikan sentuhan desain grafis sebaik mungkin jika ingin memberikan tampilan menawan.

Contoh dari kemasan dengan teknik ini yakni kemasan cokelat, sereal, biskuit, roti, dan susu.

  • KKG atau Kemasan Kotak Karton Gelombang

Selanjutnya, ada KKG atau yang disebut dengan Master Box. Kemasan ini biasanya digunakan dalam hal pengangkutan, penyimpanan, dan distribusi barang.

KKG umum dipakai untuk mengangkut produk dalam kemasan primer dan sekunder, sehingga membutuhkan performa yang baik dan tahan dari risiko retak.

  • Kemasan Kaca

Sesuai namanya, kemasan ini memanfaatkan material kaca, misalnya dalam botol kaca. Ini dapat diterapkan untuk produk pangan dan jenis produk lainnya. Kemasan jenis ini dapat memberikan perlindungan ekstra untuk produk Anda dan dapat didaur ulang.

Namun, perlu dipahami bahwa kemasan ini memiliki dua aspek yang menjadi kekurangan utama, yaini mudah pecah dan bahannya berat.

  • Teknik Pengemasan dengan Plastik Rigid

Teknik ketiga yaitu dengan memanfaatkan plastik rigid. Jika dibandingkan dengan kemasan kaca, teknik ini memiliki keunggulan yakni lebih ringan dan tidak mudah pecah.

Lalu, kemasan ini juga praktis, dapat diproduksi dalam jumlah banyak, dan tahan dari risiko korosi. Namun, perlu diketahui bahwa kemasan ini memiliki kekurangan yakni hanya sekali pakai untuk produk makanan, tingkat ketahanannya terhadap panas terbilang rendah, dan mudah menguap.

  • Pengemasan Kaleng Logam

Pengemasan dengan kaleng logam bisa dibilang sebagai salah satu teknik tertua untuk mengemas makanan dan berbagai jenis produk lainnya.

Bahan utama yang dipakai pun bervariasi, mulai dari timah, baja ringan, hingga alumunium dan berbagai campuran pendukung.

Kelebihan dari kemasan ini yakni kuat, dapat dipanaskan, serta kedap air, udara, dan cahaya. Namun, kekurangannya yakni dapat bereaksi dengan zat di sekitarnya, sehingga bisa menyebabkan korosi.

  • Teknik Pengemasan dengan Aluminium Foil

Selanjutnya, ada pengemasan dengan memanfaatkan aluminium foil. Dengan bahan ini, maka Anda bisa melakukan pengemasan dengan meminimalisir masuknya kontaminasi bakteri dan udara.

Selain itu, bahan aluminium foil juga tidak bisa ditembus matahari, sehingga dapat lebih menjaga produk Anda dari perubahan tekstur, bau tidak sedap, dan perubahan rasa.

  • Pengemasan dengan Vacuum Bag

Pengemasan dengan vacuum bag banyak dipakai dan menjadi hal wajib untuk berbagai jenis makanan beku atau frozen food.

Hal ini berkaitan dengan kelebihan dari pengemasan yang satu ini, yakni bisa menjaga makanan untuk disimpan dalam waktu yang lama.

Sesuai namanya, teknik ini memanfaatkan teknologi vakum, sehingga tidak ada lagi oksigen di dalam kemasan. Dengan adanya teknik ini, maka Anda bisa meminimalisir risiko berkurangnya komposisi dan kadar gizi makanan, serta mencegah kontaminasi bakteri.

  • Pengemasan dengan Nitrogen Flushing

Berikutnya, ada teknik untuk mengemas dengan memanfaatkan nitrogen flushing. Dengan teknik ini, oksigen di dalam kemasan akan dikeluarkan, lalu diganti dengan nitrogen.

Ini bertujuan untuk menghindari berbagai reaksi oksidasi yang dapat berpotensi untuk membuat produk makanan cepat basi atau rusak.

Teknik ini juga dapat membuat kemasan makanan jadi mengembang, sehingga tekstur dari berbagai jenis makanan dapat terjadi. Misalnya, untuk berbagai jenis makanan ringan.

Rekomendasi Lakban Berkualitas untuk Pengemasan Produk

Setelah mengetahui berbagai jenis teknik pengemasan produk, maka kini mungkin Anda sudah terbayang jenis seperti apa yang paling cocok dengan produk yang dibuat. Berbagai pertimbangan perlu dilakukan, termasuk melihat setiap karakter dan kelebihannya.

Berbagai jenis teknik membutuhkan lakban untuk mendukung prosesnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih produk lakban berkualitas, berikut adalah rekomendasinya.

  • Nachi Tape

Rekomendasi pertama, ada Nachi Tape, sebuah merek yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Diproduksi oleh PT Nachindo Tape Industry, setiap produk Nachi dibuat secara konsisten untuk menjaga standar kualitasnya.

Anda bisa memakai lakban dari Nachi untuk berbagai keperluan, termasuk pengemasan produk terbaik. Tentunya, Anda bisa memilih jenis lakban yang paling cocok untuk pengemasan tersebut.

Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa bisa membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan lakban atau produk lainnya, hubungi kami untuk pemesanan lebih lanjut.

Untuk merek Nachi Tape, ada berbagai produk yang dapat menjadi pilihan, yaitu Isolasi Nachi 1/2”, Plakban OPP Metalized Nachi Tape, Plakban PVC Ducting Nachi Tape, Plakban Kertas Nachi Kraft, Isolasi Listrik Nachi Dus Plastik, dan Isolasi Listrik PVC National.

Selain itu, ada pula Double Foam Nachi Tape, Double Tape Nachi, Isolasi Nachi Hard PVC, Isolasi Nachi Kaleng, Isolasi Nachi Dus, Plakban Kain Nachi Cloth Tape Warna-warni, Plakban Kertas Nachi Masking Tape, dan Plakban OPP Nachi Core Violet.

  • Goldtape

Kedua, ada merek Goldtape yang sangat direkomendasikan untuk berbagai kebutuhan pengemasan produk Anda. Perekat ini tersedia dalam berbagai warna, ukuran, dan jenis. Dengan perekat yang fleksibel namun kuat ini, Anda bisa melakukan berbagai proses pengemasan dengan maksimal.

Ada berbagai produk yang tersedia, yakni Plakban Kertas Goldtape, Isolasi Listrik PVC Goldtape, Lakban Kertas Goldtape Masking Core Biru, Isolasi Kado Goldtape 12×7 Yard, Isolasi Goltape Core, dan Lakban OPP Goldtape Core.

Itulah penjelasan tentang berbagai jenis teknik untuk mengemas produk yang sebaiknya Anda ketahui. Pertimbangkan dengan baik akan memakai teknik apa dan pastikan prosesnya didukung oleh alat dan bahan terbaik, termasuk ketika membutuhkan lakban.

Sudah dijelaskan pula berbagai rekomendasi produk lakban yang cocok untuk mendukung teknik pengemasan Anda. Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa dapat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan lakban dan atau produk ATK lainnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai grosir ATK. Kunjungi laman produk untuk informasi lengkap ATK dari Distributor PT BPS, Anda juga dapat mempelajari informasi dan tips terkini seputar ATK dan penggunaannya melalui laman blog. Untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dan pemesanan produk, hubungi tim PT BPS, melalui laman hubungi kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait