Bisnis ATK Pemula, Begini Panduannya agar Sukses

Bisnis ATK Pemula, Begini Panduannya agar Sukses BPS distributor alat tulis kantor

Bisnis ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan bisnis yang menjanjikan bagi pengusaha pemula yang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Namun, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan bisnis ATK pemula.

Mulai dari produk, target pasar, jenis layanan, hingga distributor yang menjadi partner kerja sama harus disiapkan dengan baik. Sebab dengan persiapan yang maksimal, bisnis ATK yang dijalankan juga akan menjadi lebih sukses.

Panduan untuk Bisnis ATK Pemula

Bagi pebisnis pemula, usaha di bidang alat tulis kantor atau ATK adalah bidang yang relatif mudah dijalankan. Hal ini karena permintaan pasar terhadap alat tulis yang selalu tinggi dan model bisnisnya yang fleksibel. 

Namun agar tidak salah langkah, berikut ini panduan berbisnis ATK bagi pemula yang perlu Anda coba:

  • Ketahui Produk dan Seluk Beluk ATK

Sebelum memulai berbisnis ATK, Anda harus mempelajari produk dan seluk beluknya bidang usahanya terlebih dahulu. Anda perlu mengetahui apa saja jenis-jenis produk ATK, merek-merek yang tersedia di pasaran, hingga harga pasarannya.

Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan jenis produk yang akan Anda jual dan strategi penetapan harga yang tepat. Untuk mempermudah, Anda bisa membuat katalog produk lengkap yang disertai tambahan gambar.

  • Tentukan Target Market dan Produk yang Dicari

Selanjutnya, tentukan target market dan jenis produk yang dicari oleh konsumen Anda. Target market bisa dipilih berdasarkan usia, pendidikan, maupun pekerjaan, sebab masing-masing memiliki kebutuhan ATK yang sedikit berbeda.

Misalnya, Anda bisa memilih target market mahasiswa dan pelajar, atau menargetkan karyawan kantor. Namun selain itu, sebaiknya pilih juga produk alat tulis umum yang paling banyak dicari dan diminati oleh konsumen secara general.

  • Bekerja Sama dengan Distributor ATK Terpercaya

Untuk memperoleh produk ATK dengan harga yang lebih murah, Anda bisa bekerja sama dengan distributor ATK terpercaya. Ber-partner bersama distributor ATK dapat memberikan harga lebih murah karena produknya langsung berasal dari produsen.

Pilihan distributor ATK terpercaya untuk memulai bisnis ATK pemula adalah PT Bangkit Perkasa Sukses atau BPS, distributor alat tulis sekolah dan kantor nasional yang sudah bermitra bersama berbagai brand alat tulis terkemuka Indonesia.

  • Tentukan Lokasi yang Sesuai dengan Target Market

Lokasi toko yang strategis dan cocok dengan target market sangat penting dalam bisnis ATK. Misalnya, jika target market Anda adalah mahasiswa dan pelajar, maka sebaiknya pilih lokasi di dekat sekolah atau kampus.

Contoh lain, jika target market Anda adalah karyawan kantor, maka sebaiknya lokasi usaha Anda berada di dekat area perkantoran. Hal ini penting agar tempat usaha Anda lebih mudah dijangkau oleh calon pembeli.

  • Tata Tampilan Toko Bisnis ATK Pemula Anda

Tampilan toko yang rapi dan menarik sangat penting untuk menarik minat konsumen. Jadi, susunlah produk ATK Anda secara teratur dan rapi sehingga konsumen mudah mencari produk yang diinginkan.

Bila perlu, gunakan label nama barang beserta harganya untuk lebih memudahkan konsumen saat bertransaksi. Semakin baik dan rapi tampilan tokonya, target konsumen juga akan semakin tertarik.

  • Sediakan Layanan Fotocopy, Print, dan Cetak Foto

Saat memulai bisnis ATK pemula, sebaiknya jangan hanya berfokus menjual produk alat tulis kantor saja. Anda juga bisa menyediakan layanan tambahan seperti fotocopy, print, hingga cetak foto.

Layanan tambahan tersebut juga bisa menjadi daya tarik tambahan. Sebab hal ini akan membuat konsumen lebih tertarik untuk datang ke lokasi usaha Anda karena dianggap bisa memenuhi kebutuhan mereka secara lengkap.

  • Lakukan Promosi atau Strategi Marketing secara Berkala

Terakhir, promosi atau strategi marketing sangat penting dalam memulai berbisnis ATK bagi pemula. Jadi, beri promosi yang menarik secara berkala untuk memikat atau menarik minat target pasar.

Agar lebih efektif, Anda bisa memanfaatkan media sosial atau platform online untuk memasarkan produk. Selain itu, bisa juga dengan memberikan brosur atau pamflet pada tempat-tempat strategis seperti wilayah kampus atau perkantoran.

Keuntungan Berbisnis dengan PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)

Salah satu aspek penting dalam memulai bisnis alat tulis adalah distributor. Sebagai solusi, Anda bisa bermitra bersama PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS) sebagai distributor terpercaya yang menyediakan berbagai produk ATK berkualitas dengan harga bersaing.

PT BPS menyediakan berbagai macam produk ATK yang lengkap, mulai dari pulpen, pensil, kertas, buku, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, Anda bisa menawarkan beragam produk ATK kepada konsumen Anda dan memenuhi kebutuhan konsumen secara lengkap.

Baca Juga: 6 Persiapan Membuka Toko Alat Tulis Kantor

Sebagai distributor alat tulis sekolah dan kantor yang sudah berdiri sejak tahun 1994, BPS telah menjadi distributor resmi dari berbagai brand besar seperti Sinar Dunia, Kenko, Zebra, Staedtler, Nachi Tape, dan masih banyak lagi.

Dapatkan berbagai penawaran menarik lainnya jika Anda bekerja sama sebagai partner BPS. Untuk memulai bisnis ATK pemula bersama BPS, hubungi kami melalui laman berikut ini.

BPS menyediakan alat tulis kuliah apa saja yang siap pakai untuk para pengusaha ATK. Untuk memesan, Anda bisa menghubungi kami di sini atau kunjungi halaman produk kami di sini.

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait