6 Jenis Origami yang Tak Banyak Orang Ketahui

origami rubah berwarna oranye Bangkit Perkasa Sukses distributor atk terlengkap seindonesia

Kertas origami sudah umum digunakan dan mudah ditemui di pasaran Indonesia. Terdapat berbagai ukuran yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seni, terutama yang berhubungan dengan melipat. Ternyata, terdapat berbagai jenis origami yang tak banyak diketahui orang.

Terdapat berbagai jenis dari seni origami, mulai dari seni melipat yang murni tanpa bantuan apapun, hingga seni melipat yang memakai berbagai alat dan bahan lainnya.

Jenis-jenis Origami Unik yang Tak Banyak Diketahui

Jika dilihat dari sejarahnya, origami merupakan sebuah seni tentang melipat kertas yang berasal dari Negeri Sakura atau Jepang. Seiring berjalannya waktu, kesenian ini sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia dan jenis origami pun menjadi semakin banyak. 

Berikut merupakan 6 jenis dari origami, banyak orang yang masih belum mengetahui jenis-jenis ini.

1. Pureland Origami atau Origami Murni

Jenis pertama yaitu pureland origami atau yang bisa diartikan sebagai origami murni. Origami jenis ini murni merupakan seni melipat, tanpa boleh menambahkan elemen lainnya. Anda tidak boleh memakai gunting, lem, serta berbagai alat lainnya jika sedang melakukan kesenian yang satu ini.

Origami murni ini memiliki berbagai tujuan, misalnya untuk mempelajari berbagai dasar origami tanpa bantuan elemen lain. Selain itu, bisa juga untuk melatih berbagai kemampuan motorik serta kreativitas seseorang.

2. Action Origami atau Origami Bergerak

Selanjutnya, ada jenis action origami atau yang bisa disebut sebagai origami bergerak. Sesuai dengan namanya, tujuan dari origami yang satu ini adalah untuk bisa membuat objek bergerak dari lipatan kertas.

Meski demikian, tujuannya bukan untuk membuat benda yang bisa bergerak dengan sendirinya. Tetap dibutuhkan berbagai bantuan tangan untuk bisa membuatnya bergerak.

Jenis origami yang satu ini mungkin sudah familiar di telinga Anda, misalnya membuat pesawat kertas yang bisa diterbangkan. Contoh lainnya yaitu membuat origami kodok yang bisa melompat jika ditekan bagian ekornya.

3. Wet-Folding Origami atau Origami Basah

Secara umum, origami dan berbagai kesenian kertas lainnya perlu dijaga supaya tidak terkena air. Namun, ada sebuah jenis dari kesenian origami yang justru memanfaatkan air sebagai elemen pendukungnya.

Wet-folding origami atau origami basah merupakan salah satunya. Caranya membuat berbagai bentuk origami yaitu dengan membasahi kertas terlebih dahulu.

Setelah kertas sudah basah, baru dibentuk menjadi berbagai jenis lipatan, kemudian tunggu hingga airnya mengering.

Seniman yang memanfaatkan teknik ini akan merasa kertas yang basah lebih mudah dibentuk atau lebih fleksibel. Namun, berbagai teknik dan keahlian perlu dikuasai sehingga kertas basah tersebut tidak rusak.

4. Tessellation Origami atau Origami Tessellation

Jenis origami yang berikutnya yaitu origami tessellation yang tujuan akhirnya yaitu membentuk karya dua dimensi beraturan.

Kertas akan dibentuk menjadi susunan ubin dengan berbagai konsep. Susunan yang rapi tersebut diatur sedemikian rupa sehingga terlihat cantik.

5. Modular Origami atau Origami Modular

Jika sebelumnya ada membahas tentang hasil karya dua dimensi, sekarang berlanjut ke karya tiga dimensi. Origami modular disebut juga sebagai origami tiga dimensi, karena hasil lipatannya berbentuk tiga dimensi.

Sebenarnya, bentuk dasar dari berbagai lipatannya terbilang sama dan sederhana. Namun, dibuat dalam jumlah banyak dan membutuhkan banyak waktu hingga karya tersebut jadi.

6. Kirigami

Kirigami merupakan seni origami yang tidak hanya melipat, tetapi juga memanfaatkan keterampilan menggunting untuk membuat sebuah bentuk. Terdapat berbagai teknik yang sedikit berbeda dibanding seni melipat yang tidak memakai tambahan elemen lain.

Manfaat Membuat Kerajinan Origami yang Bervariasi

Terdapat berbagai manfaat dari membuat kerajinan origami, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh.

1. Mengasah Keterampilan Motorik

Dengan mengerjakan keterampilan origami, maka Anda bisa mengasah berbagai keterampilan motorik. Hal ini juga yang membuat seni origami banyak diajarkan kepada anak-anak yang sedang perlu banyak mengasah kemampuan motorik.

Anda bisa membeli berbagai jenis kertas origami melalui distributor alat tulis Bangkit Perkasa.com dan mengunjungi laman resmi atau menghubungi customer service untuk berbagai informasi lainnya.

2. Melatih Ketekunan, Kedisiplinan, dan Kesabaran

Di Jepang, ada kepercayaan yang menyebutkan bahwa harapan akan terkabul jika membuat seribu burung bangau kertas.

Ada pelajaran yang bisa diambil dari pembuatan seribu bangau tersebut. Dengan membuat kerajinan sebanyak itu, maka dapat melatih ketekunan, kedisiplinan, dan kesabaran.

3. Bisa Diartikan sebagai Simbol Cinta, Kesetiaan, hingga Perdamaian

Selain itu, bangau kertas juga menjadi simbol berbagai hal, mulai dari cinta, kesetiaan, hingga perdamaian.

Itulah berbagai jenis dari origami, ditambah dengan berbagai manfaat dari kesenian melipat yang satu ini. Terdapat berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari kesenian origami, salah satunya mengasah kemampuan motorik.

Baca Juga: 8 Manfaat Origami untuk si Buah Hati

Jika Anda membutuhkan kertas origami, maka Bangkit Perkasa.com dapat membantu Anda. Bangkit Perkasa.com adalah distributor alat tulis terbesar di Indonesia yang bisa mengirimkan produknya ke berbagai pelosok negeri. Selain alat tulis, berbagai peralatan prakarya juga tersedia, seperti spidol, gunting, lakban, dan cutter.

Bangkit Perkasa.com menyediakan kertas origami merk SiDu (Sinar Dunia) yang berkualitas. Mudah dibentuk tapi tidak mudah robek. Terdiri dari beragam warna yang menarik.

Untuk membuat berbagai jenis origami yang cantik, segera beli kertasnya melalui Bangkit Perkasa.com. Anda bisa mengunjungi laman produk untuk melihat berbagai alat tulis yang tersedia. Bisa juga langsung hubungi kami untuk informasi lebih lanjut seputar kerja sama atau pembelian.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait