Ragam Ukuran Sampul Buku dan Cara Menghiasnya untuk Tahun Ajaran Baru

jenis sampul buku - Bangkit Perkasa

Tahun ajaran baru menjadi momen yang penting bagi para anak sekolah dalam mempersiapkan berbagai alat tulis menulis, termasuk buku tulis. Biasanya kegiatan sampul menyampul juga menjadi bagian yang paling ditunggu-tunggu. Sehingga, berbagai jenis sampul buku yang lucu dan menarik dipilih oleh anak Anda.

Sebelum Anda membantu anak dalam menyampul buku tulisnya agar anak semakin semangat bersekolah. Yuk, simak artikel bermanfaat tentang berbagai variasi ukuran sampul buku dan cara menghias sampul agar menarik dan kreatif di bawah ini!

Jenis-jenis Sampul Buku dan Ukurannya

Sampul buku tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelindung bagian depan dan belakang buku tulis anak Anda. Fungsi lainnya adalah sebagai daya tarik anak agar lebih semangat dan tertarik untuk belajar.

Perlu Anda ketahui bahwa berbagai variasi sampul buku juga terdapat berbagai jenis ukurannya. Pertama ukuran kuarto yang berukuran 27 cm x 21 cm, sedangkan kedua yaitu boxy untuk ukuran buku tulis 34 cm x 25 cm. Pembahasan lengkapnya simak di bawah ini!

  • Sampul Buku Mika Quarto

Rekomendasi jenis sampul buku pertama adalah sampul bening yang mudah dipasang pada buku tulis. Sampul buku mika quarto memiliki keunggulan yaitu praktis karena sudah dipotong-potong. Artinya, Anda hanya perlu langsung memasangnya pada buku tulis Si Kecil.

Selain itu, keunggulan sampul buku mika kwarto adalah harganya yang murah. Namun, beberapa konsumen bilang bahwa kekurangan produk satu ini adalah mudah rusak dan terkadang tidak sesuai ukuran buku tulis atau adanya selisih ukuran.

  • Sampul Mika Bening Boxy

Sampul mika bening boxy tidak berbeda dengan sampul buku mika quarto. Satu-satunya hal yang membedakan adalah ukurannya. Jika quarto diperuntukkan untuk buku tulis ukuran kecil, sedangkan boxy untuk ukuran buku yang besar.

Keunggulan jenis sampul ini adalah harganya yang ekonomis dengan bahan tebal dan tidak mudah robek. Selain itu, Anda tidak perlu memotong dan mengelem sampul ini karena praktis langsung gunakan. Kekurangannya adalah sampul mudah berbekas jika terlipat.

  • Kertas Sampul Cokelat Motif

Jenis sampul buku kertas cokelat motif menjadi salah satu jenis sampul yang umum digunakan. Jika Anda menggunakan sampul jenis ini, dipastikan buku tulis Si Kecil akan lebih bervariasi dan menarik motifnya. Jadi, tentu keunggulan sampul ini adalah tersedia dengan berbagai motif.

Namun, kekurangan produk sampul ini adalah hanya tersedia dalam ukuran boxy alias hanya untuk buku tulis ukuran besar. Selain itu, jika tidak berhati-hati dalam penggunaan maka akan mudah sobek atau rusak.

  • Sampul Buku Doff Roll

Bahan plastik doff yang tebal menjadi bahan utama pembuatan sampul buku satu ini. Rata-rata sampul plastik buku tulis hanya memiliki tebal 0,05mm. Tetapi, plastik doff memiliki tebal 0,11 mm. Jika Anda menggunakan sampul berbahan doff, maka buku tulis Si Kecil akan terlindungi.

Kekurangan jenis sampul ini adalah tidak praktis alias Anda harus mengukur dan memotong sendiri sesuai dengan ukuran buku tulis Si Kecil. Maka dari itu, biasanya sampul buku doff roll jarang digunakan untuk buku tulis. Biasanya jenis ini digunakan pada buku novel atau komik.

  • Sampul Buku Roll Folio Boxy Quarto

Rekomendasi jenis sampul buku berikutnya adalah roll folio boxy quarto yang memiliki ukuran beragam. Sampul plastik jenis ini tersedia dalam ukuran lebar hingga 45 m, yang mana tentu Anda wajib memotong dan mengukur sendiri sesuai ukuran buku yang ingin di sampul.

Keunggulan lain dari sampul buku roll folio boxy quarto ini adalah harganya yang terjangkau dengan ukuran yang fleksibel. Untuk ketebalan plastiknya berada pada ukuran standar, sehingga jenis sampul ini dapat digunakan dalam berbagai jenis buku, seperti buku tulis, novel, komik dan sebagainya.

  • Sampul Samson Boxy 80 Gram

Terakhir, terdapat sampul samson boxy 80 gram cokelat polos. Anda yang ingin menyampul buku tulis untuk tahun ajaran baru Si Kecil dengan motif sederhana tapi terkesan rapi dan bersih, jenis sampul ini dapat menjadi pilihan tepat.

Keunggulan jenis sampul ini terletak dari harga yang lebih murah dibanding sampul-sampul lainnya. Namun, kekurangannya berada pada material yang mudah kusut dan sobek ketika dipotong dan dilipat.

Inspirasi dan Cara Menghias Buku Tulis untuk Tahun Ajaran Baru

Apabila Anda sudah mengetahui berbagai jenis sampul buku yang dapat digunakan oleh Si Kecil pada tahun ajaran baru. Selanjutnya, agar proses belajar lebih menarik dan unik, Anda juga dapat menghias buku tulis Si Kecil.

Cara menghias buku agar menarik dapat mengatasi rasa bosan dengan tampilan yang biasa-biasa saja. Selain itu, kegiatan ini dapat membuat Si Kecil lebih semangat dalam belajar. Maka dari itu, simak inspirasi dan cara menghias buku tulis agar lebih menarik berikut ini:

  • Tambahkan Aksesoris

Inspirasi pertama adalah menghias buku tulis dengan menambahkan aksesoris lucu. Misal, Anda dapat menambahkan glitter dan kancing pada sampul buku. Caranya adalah dengan memberikan lem perekat pada sampul buku dan taburkan glitter di depan sampul.

Anda dapat melihat berbagai inspirasi aksesoris yang terdapat pada buku diary. Namun, jika Anda menggunakan inspirasi ini pastikan untuk menggunakan aksesoris yang ramah bagi Si Kecil. Hindari penggunaan aksesoris yang mudah tertelan dan/atau terlalu besar.

  • Tempel Stiker dan Washi Tape

Menempelkan stiker dan washi tape (selotip bergambar) dapat menjadi inspirasi buku tulis menarik dan estetik yang dapat Anda gunakan. Biasanya, di marketplace terdapat stiker dan washi tape menarik dan lucu dengan gambar-gambar menarik,

Caranya Anda cukup menempelkan berbagai macam stiker dan selotip bergambar di depan dan di belakang buku tulis Si Kecil. Keunggulan cara ini dapat Anda terapkan dan menjamin bahwa buku tulis Si Kecil akan semakin berwarna dan menarik.

  • Gunakan Jenis Sampul Buku Estetik

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk menghias dan membuat buku terlihat lebih menarik adalah menggunakan sampul buku estetik. Anda dapat menggunakan kertas kado, kertas sampul bermotif batik dan sebagainya.

Anda dapat memilih warna-warna yang menarik dan cerah. Hal ini dapat membuat Si Kecil lebih tertarik dengan buku tulis yang dimilikinya. Namun, pastikan jika Anda menyampul buku tulis dengan rapi dan kuat agar tidak mudah sobek.

  • Gunakan Teknik Decoupage

Terakhir, Anda dapat menggunakan teknik decoupage yang mana merupakan teknik hiasan buku tulis kreatif dengan lembaran kertas atau kain. Teknik ini dibuat dengan lem khusus (mod podge) yang bertujuan untuk menambahkan gambar dan kertas hiasan.

Cara satu ini terbilang cukup mudah dan ekonomis, sehingga Anda dapat mengaplikasikannya pada buku tulis anak Anda. Misal, Anda cukup mempersiapkan lem khusus dan stiker motif bunga, lalu tempelkan pada permukaan buku tulis.

Kesimpulannya, Anda akan mendapatkan jenis sampul buku terbaik dan beragam di tempat distributor ATK terlengkap. Kenali lebih jauh mengenai ATK yang dijual PT BPS dengan mengunjungi laman produk untuk informasi lengkap ATK dari Distributor PT BPS. Anda juga dapat mempelajari informasi dan tips terkini seputar ATK dan penggunaannya melalui laman blog. Untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dan pemesanan produk, hubungi tim PT BPS, melalui laman hubungi kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait