Macam-macam Tipe X dan Kegunaannya untuk Kebutuhan Sekolah

macam macam tipe x - Bangkit Perkasa

Jangan heran jika Anda akan dihadapkan pada macam macam tipe x atau correction tape saat akan membeli peralatan sekolah yang berfungsi sebagai penghapus menghapus tulisan dari pulpen. Selain tipe x basah dan kering, ternyata ada juga yang berwarna selain putih. 

Untuk itu, Anda patut mempertimbangkan jenis apa yang akan dibeli karena harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sebab, cara penggunaan dan hasilnya tergantung dari jenis correction tape yang digunakan.

Agar tidak salah dalam memilih alat penghapus untuk tinta pulpen, simak penjelasan lengkap seputar jenis, fungsi, cara penggunaan, dan pemilihan yang tepat.  

Mengenal Macam Macam Tipe X yang Umum Digunakan beserta Fungsinya

Selain dua jenis tipe x yang kerap digunakan di sekolah, rumah, dan kantor, ternyata masih ada satu lagi tipe tipe yang bisa ditemukan di pasaran. 

Berikut ketiga jenis atau tipe penghapus pulpen yang dikenal juga dengan sebutan stipo beserta fungsinya. 

  • Correction Liquid

Jenis yang pertama ini merupakan alat koreksi tulisan pulpen yang umum digunakan baik di sekolah, rumah, maupun kantor dengan tekstur berupa liquid atau cair. 

Meskipun pada kenyataannya tidak sepenuhnya berupa cairan, bahkan ada yang teksturnya cenderung agak kental. 

Dari macam macam tipe x yang tersedia di pasaran, jenis yang pertama ini memiliki warna yang menyerupai warna kertas pada umumnya yaitu putih. 

Cara menggunakan correction liquid ini adalah dengan menekan bagian ujung stipo hingga cairannya keluar ke bagian yang hendak dihapus atau dikoreksi. Nantinya, pada bagian tersebut bisa digunakan untuk menulis kembali. 

Hanya saja, Anda harus sabar menunggu hingga cairannya mengering terlebih dahulu sebelum melanjutkan menulis. 

Semula bentuk kemasan correction liquid seperti botol kecil yang lengkap dengan kuas kecil pada bagian tutupnya dan bisa diberi tambahan cairan khusus agar tidak kering. 

Kemasan tersebut telah mengalami beberapa kali perubahan sehingga saat ini muncul dalam bentuk yang lebih ekonomis mulai dari bentuk tabung yang dipipihkan hingga dalam bentuk pena. 

Untuk cara menggunakannya hanya perlu menekan ujung kemasan yang bentuknya mirip ujung pena. Namun, kocoklah kemasan tersebut sebelum digunakan untuk menghindari cairan yang keluar dari kemasan berupa gumpalan.   

  • Correction Tape

Sesuai dengan namanya, stipo yang satu ini bentuknya berupa pita. Adapun cara menggunakannya tinggal menekan bagian ujung lalu mengarahkannya ke bidang kertas yang tulisannya hendak dihapus atau dikoreksi. 

Banyak yang mengatakan bahwa menggunakan macam macam tipe x dari jenis ini lebih mudah dan praktis dibandingkan correction liquid. Pasalnya, bentuknya yang cenderung padat tersebut tidak membuat kertas menjadi lembab. 

Selain itu, Anda pun tidak perlu menunggu lama karena teksturnya kering sehingga bidang kertas yang terkena stipo bisa langsung ditulis kembali. 

Untuk kemasannya sendiri terlihat bundar dengan bagian ujung menyerupai pena kecil sehingga terkesan simpel dan mudah untuk digunakan.

  • Correction Tape

Untuk jenis stipo yang ketiga ini teksturnya berupa cairan namun bukan berwarna putih seperti halnya correction liquid biasa namun tersedia dalam banyak warna. 

Kegunaan tipe x jenis ini selain untuk kebutuhan teknis juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan sentuhan yang estetik pada tulisan.  

Perbedaan antara Correction Tape dan Tipe X Cair

Setelah mengenal macam macam tipe x, saatnya untuk mengetahui apa saja perbedaan yang terdapat pada tipe x yang berbentuk cair dengan correction tape. 

Perlu dipahami, adanya perbedaan inilah yang menjadi pertimbangan ketika akan membeli alat ini. Berikut beberapa perbedaan antara correction tape dengan tipe x cair.  

  • Desain

Secara fisik terlihat jelas perbedaannya yaitu correction tape berbentuk padat sedangkan tipe x liquid berupa cairan. Untuk bentuk kemasan juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. 

Pada tipe x cair model kemasannya terlihat monoton. Berbeda dengan desain correction tape yang cukup bervariasi mulai dari segi ukuran hingga bentuk kemasan yang unik dan lucu. 

Perbedaan kemasan ini juga yang mempengaruhi konsumen dalam memilih jenis tipe x yang akan dibelinya.

  • Efek Modifikasi

Saat diaplikasikan, tipe x jenis cair akan membuat permukaan kertas menjadi lembab dan butuh beberapa lama untuk bisa ditimpa dengan tulisan lagi. 

Saat tipe x mulai mengering, maka permukaan kertas tersebut menjadi kasar dan terasa tidak nyaman untuk dibuat menulis. Selain itu, hasil tulisan pun  terlihat kurang rapi. 

Berbeda dengan permukaan kertas yang tetap bersih dan halus serta cepat kering saat terkena macam macam tipe x dari jenis correction tape. Hal ini membuat hasil tulisan di atas correction tape tetap terlihat rapi. 

Meskipun demikian, ada juga  beberapa jenis correction tape yang membuat permukaan kertas menjadi sulit untuk ditulis kembali, terutama jika menggunakan pensil, pena, atau spidol yang bisa dihapus. 

Salah satu merk tipe x jenis ini yang banyak ditemukan di pasaran adalah Kenko Correction Pen. Keunggulan dari merek ini adalah cairannya yang tidak terlalu kental, tidak berbau, dan terbuat dari bahan material yang aman bagi tubuh manusia. 

  • Kenyamanan Penggunaan 

Dalam hal kenyamanan saat menggunakan kedua jenis tipe x ini juga terdapat perbedaan. Pada tipe x jenis cair yang berbentuk pena dilengkapi dengan bola besi berukuran kecil dengan ujung besi seperti halnya pena yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan putih. 

Cara menggunakannya adalah dengan menekan tepat ke bagian permukaan kertas yang tulisannya akan dikoreksi. Namun, Anda tidak boleh menekan terlalu keras karena membuat cairan yang keluar terlalu banyak. 

Selain itu, pada tipe x cair terkadang mengeluarkan bau yang aneh seperti aroma cat yang cukup menyengat dan tidak bisa langsung hilang meskipun cairan tipe x telah mengeras. 

Sedangkan cara menggunakan correction tape yang berbentuk padat berupa strip tipis hanya perlu menarik kemasan ke belakang sesuai dengan ukuran kesalahan penulisan. 

Tidak hanya itu, tipe x ini juga tidak mengeluarkan aroma yang aneh serta bisa langsung ditulis sesaat setelah diaplikasikan pada permukaan kertas. 

Berdasarkan beberapa perbedaan tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa masing-masing jenis tipe x memiliki keunggulan. 

Untuk tipe x cair mampu menutupi kesalahan penulisan dengan baik tanpa meninggalkan bekas tapi butuh waktu sebelum bisa ditimpa kembali karena harus menunggu kering terlebih dahulu. 

Sedangkan hasil aplikasi correction tape terlihat lebih bersih dan cepat kering serta lebih mudah digunakan tapi tidak cocok jika.diaplikasikan pada dokumen cetak atau dokumen salinan karena akan meninggalkan noda yang terlihat jelas.    

Tips Memilih Jenis Tipe X

Setelah mempelajari macam macam tipe x dan mengetahui keunggulan dan kelemahannya, Anda tentu memiliki gambaran jenis apa yang cocok untuk dibeli. 

Jika membutuhkan alat koreksi tulisan pulpen berbentuk pita atau correction tape, sebaiknya pilih yang lebarnya 4,2 mm. Sebab, ukuran ini sesuai dengan lebar pada garis kertas dan pencetakan komputer sehingga bisa langsung dikoreksi dalam sekali jalan. 

Sedangkan jika hendak membeli tipe x cair, pertimbangkan untuk memilih produk dari produsen tepercaya dan perhatikan tanggal kadaluarsa serta cara penggunaannya. 

Apabila Anda berencana untuk membuka toko ATK bisa membeli berbagai macam tipe x  pada Distributor ATK Bangkit Perkasa. Distributor ini mampu melayani pembelian hingga ke seluruh pelosok negeri. 

Dalam hal pengemasan dan pengiriman dijamin keamanannya layaknya packing keluar negeri. Anda bisa kontak kami sekarang untuk mengetahui macam macam tipe x yang tersedia dan cara pendistribusiannya.  

Kenali lebih jauh mengenai ATK yang dijual PT BPS dengan mengunjungi laman produk untuk informasi lengkap ATK dari Distributor PT BPS. Anda juga dapat mempelajari informasi dan tips terkini seputar ATK dan penggunaannya melalui laman blog. Untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dan pemesanan produk, hubungi tim PT BPS, melalui laman hubungi kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait