Apa Perbedaan Sketchbook dan Drawing Book

perbedaan sketchbook dan drawing book - BPS

Sebagian orang, masih tidak dapat tahu perbedaan sketchbook dan drawing book. Pasalnya, kedua jenis buku tersebut sama-sama digunakan untuk menggambar. Meskipun demikian, sketchbook dan drawing book merupakan dua jenis buku yang berbeda. 

Sebagai orang yang akan mulai memasuki dunia seni, tentu sangat penting untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis buku tersebut. Pasalnya, buku tersebut dapat digunakan sebagai media gambar untuk menuangkan kreativitas. Agar tidak salah pilih, mari kenali karakteristik dan fungsi dari kedua jenis buku gambar tersebut.

Apa itu Sketchbook?

Sketchbook merupakan jenis buku gambar yang biasa digunakan oleh seniman untuk melukis gambar cepat atau biasa disebut sketsa. Umumnya, kertas sketchbook memiliki ukuran kertas yang cukup tebal. Tujuannya, agar media tersebut mampu menahan berbagai alat tulis seperti pensil, pensil warna, atau tinta.

Sebelum menggambar karya seni secara final, biasanya seniman akan menggunakan sketchbook untuk menuangkan dan mencatat ide-ide kasar sebagai bahan awal untuk dibentuk menjadi sebuah karya seni yang indah.

Apa itu Drawing Book?

Drawing book merupakan jenis buku gambar yang berfungsi untuk membuat gambar dalam bentuk tahap akhir. Buku ini biasanya terbuat dari kertas yang lebih tebal dibanding sketchbook. Selain itu, kertasnya juga dirancang khusus agar mampu menahan pensil dan tinta.

Bagi seniman yang akan menghasilkan karya seni yang lebih detail, buku ini dapat menjadi pilihan. Anda dapat menuangkan ide-ide pada buku ini dalam bentuk karya seni yang sudah jadi.

Perbedaan Sketchbook dan Drawing Book

Agar dapat melihat perbedaan dari sketchbook dan drawing book, Anda bisa memperhatikannya dari beberapa hal. Mulai dari dimensi ukuran, tujuan penggunaan, tipe kertas, dan sebagainya. Berikut informasinya!

  • Ukuran Dimensi

Perbedaan pertama yang dapat dilihat dari sketchbook dan drawing book yaitu dari ukuran dimensi. Umumnya, sketchbook hadir dengan berbagai pilihan ukuran, mulai dari yang kecil sampai yang besar.

Ukuran yang paling umum digunakan yaitu ukuran A3, A4, dan A5. Ukuran tersebut dapat dipilih sesuai kebutuhan dari pengguna. 

Di sisi lain, drawing book juga tersedia dalam beberapa pilihan ukuran. Namun, biasanya ukuran dari buku gambar ini lebih besar dari ukuran sketchbook. Misalnya, ukuran A3 atau bisa lebih besar lagi. 

Ukuran drawing book yang besar ini memungkinkan seniman untuk menciptakan karya seni yang lebih detail karena kanvas yang tersedia lebih luas. Jadi, seniman dapat lebih leluasa dalam mengekspresikan maha karyanya.

  • Tujuan Penggunaan

Perbedaan sketchbook dan drawing book lainnya dapat dilihat dari tujuan penggunaan. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, sketchbook biasanya digunakan untuk menuangkan ide-ide kasar dari inspirasi yang baru didapatkan oleh seniman. 

Buku tersebut akan menjadi catatan kreatif seniman, yaitu tempat menuangkan sketsa kasar, gagasan kilat, atau eksperimen spontan pada suatu karya. Selain itu, sketchbook juga biasanya sering dibawa seniman pada saat pergi ke tempat umum untuk mengabadikan situasi yang ditemui melalui gambar.

Sementara itu, drawing book biasanya digunakan untuk tujuan yang lebih serius. Seniman akan menggunakan buku ini untuk menghasilkan karya seni yang sudah matang. 

Misalnya, potret, ilustrasi, atau komposisi seni lainnya yang lebih detail. Biasanya, buku ini baru digunakan ketika seniman ingin menghasilkan sesuatu yang lebih rumit dan rinci.

  • Tipe Kertas

Perbedaan sketchbook dan drawing book juga dapat dilihat dari tiper kertasnya. Umumnya, tipe kertas yang digunakan pada sketchbook dan drawing book biasanya akan berbeda. Umumnya, sketchbook terbuat dari kertas yang lebih kasar dan diperuntukan untuk alat tulis seperti pensil. 

Sementara itu, drawing book biasanya hadir dengan kertas yang lebih halus, menyerupai kanvas atau kertas seni yang lebih tebal. 

Dengan karakteristik kertas seperti ini, seniman dapat menghasilkan garis yang lebih detail dan halus. Selain itu, kertas dari drawing book juga biasanya lebih mampu menyerap berbagai media lukis dengan lebih baik.

  • Tujuan Pembelian

Perbedaan sketchbook dan drawing book lainnya yang dapat dilihat dari kedua jenis buku gambar ini yaitu tujuan pembelian. Seniman yang ingin menuangkan ide, menggambar dengan spontan, atau bereksperimen dengan berbagai teknik gambar, mungkin dapat memilih sketchbook sebagai pilihan terbaik. 

Sementara itu, bagi seniman yang ingin langsung menghasilkan karya yang lebih serius, detail, dan matang, sebaiknya Anda memilih drawing book. Selain memiliki bidang yang lebih luas, kualitas kertas yang ditawarkan juga lebih menunjang karya yang berkualitas.

  • Media yang Digunakan

Dari informasi sebelumnya, dapat diketahui bahwa sketchbook dan drawing book memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, media yang cocok digunakan untuk menggambar di buku ini juga cenderung berbeda. 

Umumnya, sketchbook memungkinkan seniman untuk menggunakan berbagai jenis media tulis seperti tinta, pensil, pensil warna, dan cat air. Kertas yang digunakan oleh sketchbook sangat cocok untuk bereksperimen dengan berbagai media dan teknik. Kertasnya yang kasar akan menghasilkan karya yang lebih buram.

Sementara itu, media yang digunakan pada drawing book biasanya berupa pensil dan tinta. Kertasnya yang lebih halus dan tebal, memungkinkan hasil gambar yang lebih detail dan halus.

Selain itu, drawing book juga biasa digunakan oleh seniman untuk mengetahui perkembangan lukisnya atau meningkatkan keterampilan yang telah dimiliki dengan teknik menggambar tertentu.

  • Harga

Dilihat dari segi harga, sketchbook dan drawing book juga memiliki sedikit perbedaan. Buku sketsa biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding drawing book

Hal tersebut disebabkan oleh kertas yang digunakan pada sketchbook cenderung lebih mudah dan cepat habis daripada drawing book. Sementara itu, drawing book cenderung dijual dengan harga yang lebih mahal karena kertas yang digunakan memiliki kualitas lebih tinggi dan lebih tebal.

Tips Memilih Sketchbook dan Drawing Book bagi Pemula

Selain mengetahui perbedaan sketchbook dan drawing book di atas, sebaiknya Anda juga mengetahui tips memilih buku gambar yang tepat agar tidak salah pilih. Berikut tips yang dapat diikuti:

  • Pilih Ketebalan Kertas yang Sesuai

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih buku gambar yaitu ketebalan keras. Terlebih bila Anda sering menggunakan cat warna atau spidol yang mudah menyerap pada kertas. Bila salah pilih tentu akan membuat kertas mudah rusak. 

  • Kenali Ukuran Kertas

Buku gambar memiliki beragam ukuran, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Bila Anda seorang arsitek atau desainer, sebaiknya pilih ukuran A1 saja. Namun, bila Anda seorang pelajar yang ingin menggambar seni dua dimensi, dapat memilih ukuran A3 atau A3+.

  • Pilih Jilid Buku yang Kuat

Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis penjilidan buku, termasuk pada buku gambar. Agar buku gambar lebih awet dan tidak mudah berhamburan, Anda dapat memilih buku dengan penjilidan thread bound. Penjilidan ini menggunakan metode dijahit sehingga buku akan lebih kuat dan tidak mudah sobek.

Dari informasi di atas, bahwa perbedaan sketchbook dan drawing book, dapat dilihat dari beberapa hal. Mulai dari ukuran dimensi, ketebalan kertas, tujuan penggunaan, tujuan pembelian, hingga harga.

Di samping itu, jangan lupa untuk memilih jenis buku gambar berkualitas. Anda bisa mendapatkannya di Distributor ATK dan lakban Bangkit Perkasa. Tersedia banyak pilihan produk buku gambar berkualitas untuk memenuhi kebutuhan Anda. Kunjungi Kontak Bangkit Perkasa untuk melakukan pemesanan produk. Serta pelajari tips terkini seputar bisnis ATK dan lakban melalui laman blog Bangkit Perkasa Sukses!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait