Alat Tulis Kuliah Apa Saja? Maba Harus Tahu!

Alat Tulis Kuliah Apa Saja BPS

Ada banyak hal yang harus disiapkan sebelum kuliah, termasuk peralatan belajar seperti alat tulis. Sama seperti anak sekolah, mahasiswa juga tetap membutuhkan alat tulis untuk belajar. Lalu, alat tulis kuliah apa saja yang harus disiapkan oleh maba atau mahasiswa baru?

Pada dasarnya, alat tulis kuliah tidak berbeda jauh dengan alat tulis di bangku pendidikan dasar. Agar proses belajar tetap nyaman, pastikan untuk melengkapi seluruh alat tulis yang dibutuhkan saat kuliah nanti.

Alat Tulis Kuliah Apa Saja yang Maba Harus Punya

Saat ini, dunia perkuliahan memang semakin berkembang dengan adanya sistem pembelajaran berbasis digital menggunakan perangkat elektronik. Namun, bukan berarti alat tulis biasa kini tidak lagi dibutuhkan. Berikut ini alat tulis kuliah yang perlu Anda lengkapi:

1. Notebook

Alat tulis pertama yang wajib dimiliki oleh mahasiswa baru adalah notebook atau buku catatan. Sebaiknya, pilihlah notebook yang minimalis dan tebal agar catatan lebih rapi dan lengkap.

Alternatif pertama, Anda bisa menggunakan buku softcover dengan sampul lebih tipis sehingga terasa ringan. Namun, agar daya tahannya lebih baik, sebaiknya gunakan buku hardcover yang sampulnya lebih tebal, seperti buku hardcover Paperline dari BPS.

2. Binder

Alat tulis kuliah apa saja yang harus dimiliki selain notebook? Binder juga bisa menjadi alternatifnya. Salah satu kelebihan dari binder yaitu kertasnya bisa diganti dan diberi pembatas, sehingga bisa sekaligus dipakai untuk semua mata kuliah.

Jadi, sebaiknya sortir setiap kertas berdasarkan kelas atau mata kuliahnya. Selain itu, pastikan untuk selalu menyediakan kertas binder kosong sebagai cadangan jika isinya sewaktu-waktu penuh.

3. Pembatas Buku

Baik menggunakan notebook maupun binder, sebaiknya tetap sediakan pembatas buku untuk menandai bagian-bagian penting yang harus dipelajari. Jika digunakan untuk menandai buku catatan, sebaiknya pilihlah pembatas yang bisa diberi tulisan.

Pembatas buku juga bisa digunakan pada buku ajar atau buku paket perkuliahan. Saat ini, ada banyak pembatas buku dengan desain unik dan menarik tersedia di pasaran. Tetapi jika ingin, Anda juga bisa membuat pembatas buku sendiri.

4. Post-It (Catatan Tempel)

Catatan tempel atau biasa disebut post-it adalah kertas warna-warni yang bisa diberi tulisan terkait materi penting lalu bisa ditempelkan. Post-it adalah alat tulis penting yang banyak dibutuhkan untuk membantu mahasiswa merangkum poin-poin penting.

Anda bisa menggunakannya untuk mencatat anotasi potongan teks, ide brainstorming, deadline, dan masih banyak lagi. Post-it juga sangat multifungsi, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai pengganti pembatas buku.

5. Highlighter

Selain post-it, highlighter berupa stabilo juga bisa menjadi alternatif. Anda bisa menggunakan highlighter untuk menandai bagian bacaan yang penting. Dibandingkan garis, penggunaan highlighter bisa membuat catatan terlihat lebih menarik.

Menariknya, saat ini sudah ada produk highlighter stabilo yang bisa dihapus. Biasanya, produk ini dilengkapi oleh tinta spidol berwarna di satu sisi, dan penghapus khusus di sisi spidol sebelahnya.

6. Pulpen atau Pensil

Kemudian, alat tulis kuliah apa saja yang sebaiknya digunakan untuk menulis? Bebas, Anda bisa menggunakan pulpen/pena maupun pensil tergantung preferensi. Yang penting, pilihlah alat tulis yang menurut Anda paling nyaman untuk digunakan.

Namun, sebaiknya gunakanlah pulpen berkualitas baik agar catatannya lebih jelas dan awet. Jika memilih menggunakan pulpen, Anda juga bisa mencoba tinta berwarna-warni agar catatan kuliah terlihat semakin menarik.

7. Penghapus atau Corrector

Selanjutnya, jangan lupa menyediakan alat untuk mengoreksi catatan. Jika menggunakan pensil, maka sediakan penghapus. Sebaliknya, jika menggunakan pulpen maka sediakan tip-ex correction pen atau correction tape.

Tip-ex correction pen adalah korektor berupa cairan putih yang dapat menutupi tinta, contohnya seperti Kenko Correction Pen KE-01 dari BPS. Sedangkan correction tape adalah korektor berbentuk selotip putih yang bisa ditempel di atas kertas.

8. Klip Kertas

Banyak toko yang menjual alat tulis kuliah apa saja, termasuk paper clip atau klip kertas. Alat ini berukuran kecil dan bisa digunakan menjepit kertas atau lembaran dokumen. Karena bisa dilepas pasang, maka penggunaannya sangat fleksibel.

Ada banyak jenis paper clip yang bisa Anda pilih, contohnya seperti gem clip dan trigonal clip yang tipis, atau binder clip yang tersedia dalam berbagai ukuran. Jika kertasnya tebal, sebaiknya gunakan binder clip yang jepitannya lebih kuat.

Andalkan BPS, Distributor ATK untuk Alat Tulis Kuliah Anda

Jika membutuhkan alat tulis kuliah, sebaiknya pilihlah distributor terbaik yang menyediakan alat tulis kuliah berkualitas. Rekomendasi terbaiknya adalah BPS, distributor alat tulis sekolah dan kantor nasional yang sudah berdiri sejak tahun 1994.

Hingga kini, BPS telah bermitra bersama brand alat tulis terkemuka seperti Nachi Tape, Kenko, Zebra, Sinar Dunia, Staedtler, dan masih banyak lagi. Dengan lebih dari 100 brand, 500+ produk, dan 2000+ customer di seluruh Indonesia, BPS bisa dijadikan sebagai pilihan.

BPS menyediakan alat tulis kuliah apa saja yang dibutuhkan oleh pelajar dan mahasiswa, termasuk maba atau mahasiswa baru. Untuk memesan, Anda bisa menghubungi kami di sini atau kunjungi halaman produk kami di sini.

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait