8 Cara Merawat Alat Tulis Kantor agar Tak Mudah Rusak

cara merawat alat tulis kantor Bangkit Perkasa Sukses distributor alat tulis kantor

Cara merawat alat tulis merupakan suatu hal yang penting, namun kerap diabaikan oleh khalayak. Lantas, karena mengabaikan perawatan alat tulis yang baik, maka usia pakai dan fungsi dari benda-benda tersebut tidaklah lagi optimal.

Apabila sudah demikian, maka pemilik alat-alat tulis tidak berpikir panjang untuk segera membeli lagi. Sungguh, walaupun sepele, ini merupakan pemborosan. Jika Anda menginginkan efisiensi perihal alat tulis, lebih baik terapkan bagaimana langkah-langkah perawatannya!

Cara Merawat Alat Tulis Kantor supaya Tidak Gampang Rusak

Ada delapan langkah mudah yang dapat Anda terapkan agar alat tulis kantor tidak mudah rusak. Apa saja itu? Ketahui dalam poin-poin dan pemaparan di bawah ini:

1. Tidak Membuka Kemasan jika Tidak Ingin Menggunakan

Apakah Anda merupakan tipe orang yang berbelanja alat tulis dalam jumlah banyak? Misalnya per pack? Apabila demikian, maka sebaiknya disiplinkan diri untuk tidak membuka packaging alat tulis jika Anda tidak ingin menggunakannya. 

Dengan melakukan hal ini, maka alat-alat tulis yang Anda beli dalam jumlah banyak tersebut akan tetap terjaga dengan baik, sampai Anda benar-benar ingin menggunakannya. Selain itu, ini juga berguna untuk tetap memastikan mutunya.

2. Menutup Alat Tulis Bertinta setelah Menggunakan

Cara merawat alat tulis satu ini sangat mudah untuk dilakukan! Namun, kerap kali pengguna alat tulis bertinta – seperti pulpen melupakannya, sehingga hal tersebut menimbulkan kemacetan atau bahkan kebocoran ketika digunakan.

Mulai sekarang, biasakan untuk menutup pulpen setelah menggunakannya. Apalagi jika Anda merupakan pengguna pulpen khusus menggambar! Ini sangat penting agar tinta di dalamnya tidak lekas mengering.

3. Menggunakan Kotak Penyimpanan Khusus

Seperti anak sekolahan, Anda pun perlu mengandalkan kotak penyimpanan untuk alat tulis kantor! Saran terbaik yang bisa dicoba yakni mulai dari pouch, kotak kayu, atau bahkan kontainer susun mini.

Dengan menggunakan kotak penyimpanan khusus, Anda dapat menempatkan alat-alat tulis kantor sesuai dengan fungsi atau jenisnya. Selain bermanfaat untuk menjaga mutu, hal ini berguna untuk mempermudah Anda menemukan alat tulis spesifik!

4. Tidak Menggigit Alat Tulis Bertinta

Apakah Anda seseorang yang memiliki kebiasaan menggigit alat tulis bertinta, seperti pulpen? Jika demikian, maka hentikan mulai sekarang! Hal ini dapat menyebabkan pulpen menjadi penyok dan berbahaya jika tintanya tidak sengaja terkonsumsi!

5. Tidak Mengocok Alat Tulis Bertinta

Kerap mengalami kemacetan ketika menggunakan pulpen? Jika demikian, maka sebaiknya jangan gegabah untuk mengocoknya. Ini bisa berdampak pada kebocoran pulpen! 

Ketika pulpen macet, lebih baik Anda mengatur sudut kemiringan ketika mengenakannya saja – ketimbang mengocoknya. Selain itu, Anda juga bisa mengarahkan pulpen dengan bagian lancip di bawah, agar tinta tidak mengalir ke atas sehingga menjadi macet.

6. Tidak Menjatuhkan Alat Tulis

Dalam menggunakan alat tulis, baik itu pulpen, pensil, spidol, hingga cairan pengoreksi, sebaiknya jangan sampai Anda menjatuhkannya! Baik sengaja maupun tidak! Sebab, sekali bagian pucuk terjatuh dan tumpul, maka alat tulis bisa mengalami malfungsi.

7. Mengelompokkan Alat Tulis menurut Kategori

Cara ini sangat dianjurkan bagi pekerja yang membutuhkan alat tulis dalam jumlah banyak! Misalnya desainer atau mangaka. Anda dapat mengelompokkan alat-alat tulis menurut kategori. Misalnya ketebalan, warna, bahan, umur pakai, dan lainnya.

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Menyampul Buku dengan Sampul Plastik

8. Memberi Label Nama pada Alat Tulis

Terakhir, Anda dapat membubuhkan label nama untuk setiap alat tulis. Ini bermanfaat untuk mencegah Anda kehilangan alat tulis, khususnya lantaran orang-orang yang tidak bertanggungjawab ketika meminjam.

Demikianlah 8 cara merawat alat tulis yang dapat Anda lakukan! Bagaimana? Mudah untuk diterapkan, bukan? Selain merawat, Anda juga dapat menambah suplai alat tulis untuk kebutuhan kantor Anda dengan mengandalkan distributor terpercaya, Bangkit Perkasa!

Kunjungi laman Produk Bangkit Perkasa untuk dapatkan informasi tentang produk alat tulis kantor! Atau, Anda dapat menghubungi kami melalui tautan berikut!

Bagikan Artikel: