Kenali sebelum Menggunakan 9 Jenis Kertas Kado

jenis kertas kado Bangkit Perkasa Sukses distributor ATK nasional

Ketika akan memberikan sebuah kado atau hadiah kepada seseorang, maka tentunya Anda akan menyiapkannya dengan spesial. Dengan begitu, sang penerima pun akan semakin merasa senang dengan hadiah tersebut. Salah satu hal penting yang seringkali dipertimbangkan dalam hal ini yaitu memilih jenis kertas kado yang tepat.

Kertas kado biasanya digunakan untuk membungkus kado atau hadiah, sehingga tampilannya akan lebih menarik dan isinya lebih terjaga kondisinya. Maka dari itu, pastikan Anda mengetahui berbagai jenis kertas yang bisa digunakan, sehingga dapat memilih yang paling cocok!

9 Jenis Kertas Kado

Dengan adanya kertas kado, maka Anda bisa membungkus hadiah dengan berbagai cara, misalnya dengan memberikan kerajinan tangan tertentu pada kertas tersebut. Selain itu, bisa juga dihias dengan berbagai tambahan aksesoris, misalnya pita yang cantik.

Mungkin saja, sebagian orang yang mengenal satu jenis dari kertas kado, yaitu kertas pembungkus dengan berbagai motif menarik yang umum dijual di pasaran.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada berbagai jenis kertas lainnya yang bisa Anda pilih ketika akan membungkus kado. Berikut adalah 9 jenis kertas kado yang bisa Anda gunakan, perhatikan cirinya dan pastikan memilihnya dengan tepat!

1. Kertas Kado

Jika bicara tentang kertas kado, maka mungkin saja bayangan yang pertama kali muncul di pikiran Anda adalah jenis kertas pertama ini. Kertas kado adalah jenis kertas dengan bermacam-macam warna dan motif yang menarik. Bahannya pun bervariasi, mulai dari kertas HVS biasa hingga jenis kertas yang mengkilap.

Kertas ini biasa dijual dalam berbagai pilihan ukuran, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan barang yang akan dibungkus.

Motifnya yang beraneka ragam, juga dapat disesuaikan dengan jenis hadiah atau kepada siapa hadiah tersebut akan diberikan.

Misalnya, jika akan memberi kado kepada anak kecil, maka Anda bisa memilih motif yang meriah dan berwarna-warni, atau mungkin yang memiliki motif kartun favorit. Contoh lain, ketika akan memberikannya kepada kekasih, mungkin motif berbentuk hati atau bunga dapat menjadi alternatifnya.

Selain dimanfaatkan untuk membungkus kado, kertas ini juga bisa berguna untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan, bahan menghias scrapbook, hingga membungkus sampul buku.

Untuk memenuhi kebutuhan kertas kado , Distributor ATK dan lakban Bangkit Perkasa dapat menjadi pilihan tepat, segera hubungi kami untuk pemesanan lebih lanjut.

2. Kertas Cellophane

Kedua, ada jenis kertas cellophane yang terkenal dengan teksturnya yang licin, tidak mudah sobek, serta tipis. Tampilannya mengkilap, sehingga membuatnya tampak menarik, cantik, mewah, dan elegan untuk membungkus kado terbaik Anda.

Ada berbagai jenis warna dan motif yang tersedia untuk jenis kertas kado ini, dengan satu warna yang sama untuk kedua sisinya. Selain dapat dipakai untuk membungkus kado, kertas ini juga sangat umum dipakai untuk membungkus bunga, karena tampilannya yang memukau, biasanya digabungkan dengan kertas tissue.

3. Kertas Tissue

Selanjutnya, ada jenis kertas tissue yang baru saja sempat disinggung untuk disinggung. Kertas ini mempunyai ciri-ciri yaitu tipis, semi transparan, terlihat seratnya, dan bertekstur halus.

Jika dibandingkan dengan tissue yang sering dipakai dalam kebutuhan sehari-hari, sebenarnya jenis kertas ini cukup mirip, hanya saja memiliki perbedaan yang besar dalam segi kegunaannya.

Kertas ini ternyata dapat digunakan untuk membungkus kado, serta dapat juga dipakai bersama dengan jenis kertas lainnya jika ingin dimanfaatkan sebagai pelapis atau bahan membuat aksesoris kado. Biasanya, kertas tissue dijual dalam bentuk lembaran yang ukurannya cukup besar.

4. Kertas Samson

Kertas samson sering juga disebut sebagai kertas kraft. Kertas ini berwarna cokelat kayu atau cokelat polos, teksturnya sedikit kasar dan mengandung serat, sehingga memunculkan nuansa alami atau natural yang menjadi ciri khasnya.

Menariknya, ini adalah produk hasil kertas daur ulang, namun tetap memberikan kesan yang modern dan artistik. Karena warnanya polos, Anda bisa menambahkan motif lainnya atau aksesoris tambahan jika ingin nuansa yang lebih ramai.

5. Kertas Metalik

Selanjutnya, ada kertas metalik yang warnanya mengkilap dan memiliki tekstur licin. Ada berbagai jenis motif yang bisa dipilih, mulai dari motif polos, hologram yang bisa berubah-ubah, serta glitter yang memberikan kesan elegan.

Tampilan kertas ini terbilang cukup mencolok, sehingga umumnya dipakai untuk berbagai jenis acara yang meriah. Misalnya, untuk membungkus kado pada hari raya Natal atau perayaan tahun baru.

Selain memakainya sebagai kertas kado, Anda juga bisa memanfaatkan kertas metalik sebagai bahan dekorasi, kerajinan, serta elemen tambahan untuk jenis kertas kado lainnya.

6. Wax Paper

Wax paper adalah jenis kertas yang memiliki ketahanan cukup baik terhadap minyak, panas, dan air. Anda bisa memilih berbagai variasi warna yang disediakan, dapat disesuaikan dengan tema hadiahnya.

Selain digunakan sebagai pembungkus kado, kertas ini juga sering dipakai untuk membungkus makanan. Maka dari itu, kertas ini memakai tinta yang terbilang aman.

7. Kertas Koran Vintage

Pernahkah Anda melihat jenis kertas kado yang memiliki corak mirip seperti koran bekas, atau lebih tepatnya seperti kertas koran vintage atau koran jadul? Jika pernah, kertas semacam itu juga dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mempersiapkan hadiah.

Bagi yang belum mengetahui, koran vintage adalah jenis kertas koran yang warnanya kekuningan, usianya sudah beberapa tahun, dan memberikan kesan vintage yang menarik perhatian.

Namun, kertas tersebut ternyata cukup sulit dicari, sehingga saat ini pun sudah mulai berkembang berbagai jenis kertas koran vintage buatan yang dapat dipakai untuk berbagai keperluan, salah satunya yaitu membungkus kado.

Sama seperti kertas koran pada umumnya, kertas ini memiliki tulisan-tulisan, berbentuk tipis, dan memiliki warna cokelat kekuningan.

Kertas jenis ini sangat cocok untuk membungkus kado yang ditujukan kepada orang-orang pecinta gaya vintage. Supaya lebih menarik, Anda dapat menambahkan pita atau jenis hiasan lainnya.

8. Fancy Paper

Fancy paper adalah berbagai jenis kertas yang berkualitas premium, spesifikasinya pun berbeda dengan kertas yang digunakan pada umumnya. Jenisnya terbilang cukup banyak, mulai dari variasi tekstur, warna, dan ketebalannya.

Ini adalah salah satu kertas yang cocok untuk membungkus kado yang ingin terkesan mewah dan elegan. Selain itu, kertas ini juga sering dipakai untuk membuat undangan atau kartu nama bernuansa mewah.

9. Kertas Jeruk

Sesuai dengan namanya, kertas ini memiliki tekstur yang mirip seperti kulit jeruk, yaitu permukaan kertasnya tidak rata. Biasanya, kerta jeruk disediakan dalam berbagai pilihan warna yang terkesan soft.

Kertas ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin membungkus kado dengan kertas yang cukup tebal. Tekstur kulit jeruk yang ada pun dapat membuat kado Anda menjadi terlihat semakin elegan dan menarik, terlebih jika ditambahkan elemen hiasan yang mendukung.

Itulah berbagai jenis kertas yang bisa Anda gunakan untuk membungkus kado. Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda telah menambah referensi untuk membungkus dan menghias hadiah terbaik.

Pastikan Anda memahami berbagai ciri dari kertas di atas, karena hal inilah yang menjadi faktor penting dalam menentukan pilihan. Setiap jenisnya memiliki kelebihannya masing-masing, beberapa di antaranya mungkin cocok dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, penting juga memilih tempat membeli yang tepat, sehingga produk yang didapatkan terjamin kualitasnya. Distributor ATK dan lakban Bangkit Perkasa dapat menjadi pilihan tepat dalam memenuhi kebutuhan beragam jenis kertas kado terbaik untuk Anda, segera hubungi kami untuk pemesanan lebih lanjut.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait