Mengenal Macam-macam Kertas di Dunia Alat Tulis

macam macam kertas bps distributor alat tulis kantor di indonesia

Terdapat macam-macam kertas yang dijual di pasaran saat ini. Setiap kertas memiliki fungsi masing-masing dan karakteristiknya tersendiri. Terutama untuk percetakan dan alat tulis, terdapat beberapa jenis kertas yang perlu Anda ketahui.

Kertas sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Mulai pembuatan buku, dokumen, hingga karya seni. Untuk itu, mari ketahui beberapa jenis kertas agar tidak salah dalam memilih.

Macam-macam Kertas dan Karakteristiknya yang Perlu Anda Ketahui!

Berbagai jenis kertas diproduksi untuk memenuhi kebutuhan di berbagai pekerjaan. Tentunya, kertas untuk mencetak dokumen berbeda dengan kertas undangan. Oleh karena itu, mari simak jenis dan karakteristik kertas yang akan dijelaskan berikut ini!

1. Kertas Karton

Kertas karton mungkin cukup familiar. Kertas ini banyak digunakan untuk box kemasan, sampul buku, hingga kartu undangan. Karakter dari karton yaitu mudah dibentuk, dilipat, memiliki permukaan yang kaku, dan lebih kuat. 

Kertas karton memiliki permukaan yang kasar dan vintage sehingga tidak jarang digunakan dalam percetakan. Kertas ini juga cukup tebal dengan berat 210 hingga 350 gsm.

2. Art Paper

Kertas art paper banyak digunakan di percetakan. Permukaan kertas ini licin dan cukup kaku. Art paper terdiri dari beberapa ukuran. Biasanya, digunakan untuk mencetak poster, flyer, katalog, dan masih banyak lagi.

Kertas ini memiliki kualitas yang baik untuk percetakan, terutama grafis. Hal ini didukung dengan permukaan yang halus sehingga gambar yang dicetak tampak lebih jelas dan tegas.

3. Kertas HVS

Kertas HVS terdiri dari berbagai macam ukuran, mulai A5 hingga A2. Jenis kertas ini cocok untuk mencetak dokumen dan pembuatan novel. Kertas HVS dapat menyerap tinta dengan baik sehingga tulisan yang dicetak terlihat jelas.

Walaupun identik dengan warna putih, terdapat macam-macam kertas dengan berbagai warna lain yang dapat Anda pilih. Sekarang ini, terdapat berbagai merk kertas HVS yang berkualitas, contohnya Paper One dan SiDU.

4. Kertas Linen

Kertas linen memiliki permukaan yang bertekstur unik. Karena itu, kertas ini banyak digunakan untuk pembuatan kartu nama, sertifikat, hingga undangan. Kertas linen memiliki harga yang lebih tinggi daripada jenis lainnya.

Kertas linen memiliki ketebalan 230 gsm sehingga cukup tebal untuk berbagai keperluan di atas. Namun, jenis kertas ini tidak dapat dilaminasi karena tekstur yang dimilikinya.

5. Kertas Concorde

Kertas concorde banyak digunakan untuk keperluan perusahaan hingga perkuliahan. Jenis kertas ini memiliki tekstur menyerupai kulit jeruk. Selain itu, kertas ini memiliki dua jenis ketebalan, yaitu 120 dan 250 gsm.

Kertas concorde cocok digunakan untuk percetakan sertifikat, kartu nama, piagam, cover buku, dan sebagainya. Kertas dengan ketebalan 250 gsm lebih banyak digunakan untuk keperluan seperti sertifikat atau undangan.

Itulah beberapa jenis kertas di dunia alat tulis yang dapat Anda ketahui. Selain lima kertas di atas, terdapat banyak jenis kertas beserta fungsinya masing-masing. Beberapa kertas mungkin jarang terdengar di telinga Anda. Namun, jenis-jenis kertas tersebut juga memiliki banyak fungsi.

Baca Juga: Macam-macam Ukuran Kertas HVS yang Umum Digunakan

BPS Distributor Alat Tulis dan Kertas Fotocopy & Print Berkualitas

Kebutuhan akan kertas terutama untuk keperluan alat tulis dan percetakan memang semakin meningkat. Diperlukan produk yang berkualitas untuk menjawab kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu mempercayakannya pada PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS) sebagai distributor.

Informasi mengenai kertas untuk kebutuhan percetakan Anda dapat diakses di link berikut. Manakah yang Anda butuhkan dari macam-macam kertas di atas? Percayakan pada PT BPS dengan mengunjungi kontak berikut.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait