Mengenal Sejarah, Cara Kerja, dan Fungsi Spidol

Fungsi Spidol BPS

Alat tulis merupakan peralatan yang digunakan untuk menggambar bentuk atau tanda di permukaan. Biasanya, alat tulis diaplikasikan menggunakan tangan serta mengandung zat pigmen. Salah satu alat tulis yang sering digunakan adalah spidol. Sebenarnya apa fungsi spidol?

Spidol umumnya digunakan di kantor atau di sekolah untuk menulis di papan tulis, mewarnai gambar dan lainnya. Namun, tak hanya spidol, terdapat berbagai jenis ATK lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan tulis menulis Anda. Berikut ini adalah 13 Macam-macam Alat Tulis Sekolah yang Wajib Dimiliki.

Selanjutnya, mungkin Anda memiliki pertanyaan seputar apa fungsi lengkap dan bagaimana sejarahnya? Simak informasi lengkap dibawah ini.

Fungsi Spidol

Pada dasarnya, spidol merupakan pena yang mempunyai sumber tinta sendiri serta ujungnya dibuat dari serat yang berpori. Bila ditekan, serat ini akan berbentuk seperti kain. Untuk spidol permanen, umumnya terdiri dari wadah serta inti bahan penyerap.

Spidol umumnya mempunyai hasil goresan yang tebal serta cocok dipergunakan di sejumlah permukaan. Fungsi dari spidol ini adalah untuk keperluan bekerja, serta berbagai kegiatan seni.

Spidol untuk kegiatan seni umumnya digunakan melalui media kanvas. Namun banyak juga yang memakai buku gambar kualitas terbaik seperti buku gambar BPS

Sejarah Spidol

Sejarah dari spidol dimulai dari seseorang dengan nama Sidney Rosenthal. Ia merupakan orang pertama yang dikabarkan menciptakan spidol di tahun 1952. Di masa tersebut, spidol disebut sebagai magic marker. Hal ini disebabkan karena spidol memiliki botol kaca jongkok yang berisi tinta serta ujung serat dari wol.

Dengan ujung serat tersebut, spidol dapat digunakan untuk menulis dimana saja. Kemudian, berlanjut ke tahun 1962, seseorang bernama Yukio Horie yang berasal dari Jepang menemukan pena yang memiliki ujung serat modern.

Penemuan tersebut terinspirasi dari Magic Marker yang diciptakan oleh Sidney. Pena tersebut menggunakan bambu sebagai serat dan menjadi pena pertama yang mendapatkan pigmen dengan pewarna dibandingkan dengan menggunakan tinta.

Dengan penemuan yang dilakukan oleh Yukio Horie, satu tahun kemudian, The Avery Dennison menciptakan highlighter dengan merek Hi Liter dan menggunakan tinta tembus pandang. Hi Liter ini muncul dengan warna pastel dan akhirnya meluncurkan warna neon. 

Inilah alasan mengapa highlighter sangat identik dengan warna neon kuning. Ini disebabkan karena warna tersebut merupakan warna yang pertama muncul. Akhirnya di tahun 1971, highlighter diproduksi produsen alat tulis serta kosmetik yang berasal dari Jerman untuk menyaingi Avery.

Saat ini, merek dari jerman menjadi populer di dunia dan sering disebutkan ketika kita sedang mencari spidol.

Cara Kerja Spidol

Setelah mengenal fungsi spidol hingga sejarah yang dimilikinya, tidak lengkap rasanya bila tidak membahas cara kerja dari spidol ini. tinta spidol secara umum  terbuat dari serbuk tinta dan dicampur dengan menggunakan alkohol.

Tinta ini disimpan ke dalam busa. Alkohol sengaja digunakan dalam spidol karena memiliki tegangan permukaan yang relatif rendah, sehingga bisa tersebar secara merata dan tidak membentuk cembungan layaknya air di papan tulis maupun di kertas.

Bukan hanya itu, alkohol juga mempunyai adgesi yang sangat kuat sehingga tinta bisa menempel di papan tulis. Alkohol juga lebih cepat menguap sehingga dapat mencegah tinta tersebar hingga kemana-mana serta membuat tulisan menjadi lebar dan aneh.

Ketika menulis menggunakan spidol, tinta yang tercampur dengan alkohol memang terlihat cukup cair, tetapi sesudah beberapa saat, kandungan alkohol menguap dan akhirnya hanya menyisakan serbuk tinta kering. Inilah alasan yang membuat spidol cepat kering bila tidak kembali ditutup setelah digunakan.

Jika Anda membutuhkan alat tulis yang cepat kering dan mudah digunakan. Pulpen Zebra A4C dapat diandalkan untuk kebutuhan menulis Anda. 

Demikian serba-serbi mengenai spidol, mulai dari fungsi spidol dan lainnya. Bila ingin melakukan pemesanan spidol dalam jumlah banyak serta berbagai macam merek, PT Bangkit Perkasa Sukses dapat dijadikan sebagai pilihan. untuk informasi lebih lanjut, klik di sini.

Ingin tahu lebih lanjut tentang alat tulis kantor yang disediakan distributor ATK BPS? Kenali 5 Daftar Alat Tulis Kantor yang Disediakan BPS. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis dan tipe ATK yang berkualitas dengan harga bersaing.

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait