Ini Perbedaan Perlengkapan dan Peralatan Kantor Beserta Jenisnya

Ini Perbedaan Perlengkapan dan Peralatan Kantor Beserta Jenisnya bps distributor alat tulis kantor

Meskipun merupakan dua istilah yang serupa, namun ternyata perlengkapan kantor dan peralatan kantor adalah dua hal berbeda. Adapun perbedaan perlengkapan kantor dan peralatan kantor ini dapat dilihat berdasarkan jenis alat atau bendanya.

Umumnya, perlengkapan kantor adalah alat atau benda yang ukurannya lebih kecil dan merupakan barang habis pakai. Sedangkan peralatan kantor adalah alat atau benda dengan ukuran lebih besar yang merupakan aset tetap.

Jika Anda memerlukan perlengkapan kantor berupa alat tulis, Bangkit Perkasa.com merupakan pilihan yang tepat. Bangkit Perkasa merupakan distributor ATK yang menyediakan beragam alat tulis kantor berkualitas dan lengkap. Kami menerima pembelian dalam jumlah besar (bulk buying) dan seringkali menerima project pengadaan alat tulis kantor.

Nah, sekarang yuk kita pelajari bersama perbedaan antara perlengkapan dan peralatan kantor untuk kebutuhan kantor Anda!

Perbedaan Perlengkapan Kantor dan Peralatan Kantor

Untuk mengenali lebih lanjut apa itu perlengkapan kantor dan peralatan kantor, Anda harus mengetahui perbedaannya dari berbagai aspek. Simak perbedaan perlengkapan kantor dan peralatan kantor ini:

  • Fungsi

Perlengkapan kantor adalah benda untuk membantu kelancaran administrasi dan kegiatan tata usaha. Sedangkan peralatan kantor adalah perabot atau furniture yang menunjang seluruh aktivitas di tempat kerja.

  • Jenis Benda

Perlengkapan kantor adalah barang kecil habis pakai berupa ATK, sedangkan peralatan kantor adalah benda yang merupakan aset tetap yang tidak habis pakai.

  • Jangka Waktu Pemakaian

Perlengkapan kantor umumnya memiliki jangka waktu pakai lebih singkat dibanding peralatan kantor.

Jenis Peralatan Kantor

Setelah mengetahui apa saja perbedaan perlengkapan kantor dan peralatan kantor, dapat diketahui bahwa peralatan kantor adalah benda atau barang yang ukurannya lebih besar, yaitu berupa perabot, furniture, atau perangkat khusus. 

Berikut beberapa contoh jenisnya:

  • Meja

Meja adalah salah satu jenis peralatan kantor yang paling umum, paling penting, dan pasti selalu ada di setiap tempat kerja. Meja digunakan sebagai tempat bekerja dan area untuk menempatkan perkakas seperti komputer, dokumen, dan lain sebagainya.

  • Kursi

Jika ada meja, maka pasangannya adalah kursi sebagai tempat duduk saat bekerja. Karena itu, kursi kantor yang digunakan harus bersifat ergonomis agar dapat memberikan kenyamanan dan dukungan yang dibutuhkan oleh penggunanya.

  • Printer dan Mesin Fotokopi

Printer dan mesin fotokopi adalah dua jenis peralatan kantor yang digunakan untuk mencetak serta menyalin dokumen. Kedua peralatan ini terhubung dengan komputer, dan saat ini sudah banyak alat yang bisa melakukan fungsi print dan copy sekaligus. 

  • Lemari Penyimpanan Dokumen

Setiap perusahaan atau tempat bekerja tentukan memiliki dokumen atau arsip. Untuk itu, dibutuhkan lemari penyimpanan dokumen sebagai benda untuk menyimpan dokumen penting dan berharga agar terlindungi dari kerusakan maupun kehilangan.

  • Absensi Machine

Contoh jenis peralatan kantor terakhir yang kerap digunakan saat ini adalah mesin absensi atau absensi machine. Peralatan ini digunakan untuk mencatat absensi dan kehadiran karyawan secara otomatis menggunakan deteksi sidik jari.

Jenis Perlengkapan Kantor

Berdasarkan pembahasan terkait perbedaan perlengkapan kantor dan peralatan kantor sebelumnya, diketahui bahwa perlengkapan kantor adalah barang habis pakai seperti ATK (Alat Tulis Kantor). 

Berikut ini beberapa contoh jenis perlengkapan kantor yang penting:

  • Alat Tulis

Meskipun saat ini beberapa pekerjaan sudah bisa dilakukan dengan peralatan kantor seperti komputer atau laptop bukan berarti alat tulis tidak lagi diperlukan. Pasalnya, alat tulis seperti pulpen, spidol, kertas, dan lain sebagainya harus tetap ada.

Alat tulis ini sangat berguna sebagai alat mencatat dalam kegiatan seperti meeting atau yang lainnya. Karena itu, sebaiknya gunakan alat tulis yang berkualitas seperti berbagai jenis pulpen dari BPS.

  • Stofmap

Salah satu perbedaan perlengkapan kantor dan peralatan kantor adalah dari segi fungsi dan jenis benda. Meski stofmap dan lemari sama-sama menjadi wadah menyimpan dokumen atau kertas, namun stofmap termasuk kategori perlengkapan.

Sebab stofmap adalah ATK yang digunakan untuk menyimpan dan mengorganisir berbagai dokumen atau kertas penting agar tetap rapi, tidak terlipat, tertekuk, atau lecek. Contohnya seperti produk stofmap folio yang berfungsi menyimpan berkas.

  • Penjepit Kertas

Penjepit kertas atau binder clip adalah jenis perlengkapan kantor yang digunakan untuk menggabungkan beberapa lembar kertas menjadi satu. Jenis ATK ini bisa terbuat dari bahan logam maupun plastik.

  • Amplop

Jenis perlengkapan kantor lain yang tidak kalah penting adalah amplop yaitu alat pembungkus untuk mengirim surat atau dokumen secara langsung. Sebaiknya, gunakan amplop putih yang telah sesuai standar ISO seperti produk amplop Paperline.

  • Stapler

Selanjutnya, stapler adalah perlengkapan kantor yang berfungsi menyatukan lebih dari satu kertas, biasa digunakan untuk proses menjilid. Di dalamnya, terdapat logam penjepit yang bisa di refill atau diisi ulang.

Adapun mekanisme kerjanya adalah dengan menjepitkan stapler ke kertas atau media yang ingin disatukan dengan cara ditekan. Sebaiknya gunakan produk stapler BPS yang kuat dengan kapasitas besar agar tidak perlu terlalu sering diisi ulang.

Salah satu perbedaan perlengkapan kantor dan peralatan kantor yang paling signifikan yaitu, perlengkapan kantor umumnya lebih mudah diperoleh dibandingkan peralatan kantor. 

Untuk mendapatkan perlengkapan kantor berupa ATK berkualitas, Anda bisa memperolehnya dari Bangkit Perkasa.com, distributor alat tulis kantor Nasional.

Baca Juga: 15 Ide Kreatif Tata Meja Kantor Estetik

BPS menyediakan alat tulis apa saja yang dibutuhkan oleh kantor. Untuk memesan, Anda bisa menghubungi kami di sini atau kunjungi halaman produk kami di sini.

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait