Perlengkapan Kuliah yang Wajib Mahasiswa Baru Miliki

perlengkapan kuliah mahasiswa Bangkit Perkasa Sukses distributor atk

Tahun ajaran baru akan segera dimulai, baik itu di tingkat pendidikan dasar maupun universitas. Sebagai mahasiswa baru, ada beberapa jenis perlengkapan kuliah yang wajib dimiliki untuk mendukung proses pembelajaran sehari-hari.

Tersedianya peralatan yang lengkap, Anda bisa mencatat materi kuliah, mengerjakan tugas, hingga menghadapi ujian dengan lebih siap. Karena itu, ketahui apa saja jenis perlengkapan yang perlu Anda siapkan sebelum memulai masa perkuliahan.

Jenis-Jenis Perlengkapan Kuliah Untuk Mahasiswa Baru

Saat masih duduk di bangku pendidikan dasar, perlengkapan yang dibutuhkan oleh para siswa SD, SMP, atau SMA/sederajat biasanya lebih sederhana. Namun saat menjadi mahasiswa, kebutuhan Anda akan menjadi lebih kompleks. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Buku Tulis

Buku tulis adalah salah satu perlengkapan yang paling mendasar dan penting. Dengan buku tulis, mahasiswa dapat mencatat informasi yang disampaikan oleh dosen selama perkuliahan. 

Anda bisa memperoleh berbagai pilihan buku tulis yang berkualitas dengan sampul dan kertas yang tebal dari Bangkit Perkasa Sukses.

2. Kertas HVS

Saat masa kuliah, kertas HVS dibutuhkan untuk mencetak tugas-tugas, makalah, atau presentasi yang harus diserahkan kepada dosen. Sebaiknya, gunakan kertas yang tebal untuk kualitas hasil cetakan yang lebih baik, misalnya kertas A4 75 GSM.

3. Pensil

Pensil adalah alat tulis yang sangat berguna untuk mencatat materi rumit yang rentan mengalami kesalahan pencatatan, misalnya hitungan matematika. 

Selain itu, pensil juga penting bagi para mahasiswa dari jurusan seni yang butuh alat untuk membuat sketsa. 

4. Pulpen

Pulpen adalah alat tulis yang praktis sehingga menjadi andalan banyak mahasiswa untuk mencatat dan mengerjakan tugas. 

Untuk mendapatkan berbagai jenis pulpen dengan beragam pilihan ukuran, tinta, dan warna, Bangkit Perkasa Sukses solusinya.

promo alat tulis Bangkit Perkasa5. Correction Tape & Penghapus

Untuk mengoreksi kesalahan saat menulis, correction tape dan penghapus sangat penting untuk dimiliki. Jika correction tape adalah alat untuk mengoreksi tulisan dari pulpen, maka penghapus adalah alat untuk mengoreksi tulisan dari pensil.

6. Penggaris

Penggaris adalah perlengkapan kuliah yang tidak boleh dilupakan agar bisa menggambar dan mengukur garis secara akurat. Contoh penggunaannya yaitu untuk menggambar grafik matematika, membuat tabel, membuat garis bantu, dan lain-lain.

7. Laptop

Berbeda dengan siswa sekolah biasa, mahasiswa membutuhkan laptop sebagai alat untuk mengerjakan berbagai hal. Seperti pengolahan data, akses informasi penting, membuat presentasi, mengerjakan tugas, hingga menyusun proposal dan skripsi.

8. Smartphone

Saat ini, smartphone merupakan perangkat elektronik yang sangat penting untuk banyak orang, termasuk mahasiswa. 

Apalagi dengan sistem belajar yang semakin banyak memanfaatkan teknologi, smartphone dibutuhkan untuk mengakses berbagai sumber daya digital serta untuk berkomunikasi dengan teman dan dosen.

9. Flash Disk/Hard Disk Eksternal

Perlengkapan berupa perangkat teknologi lainnya yang perlu dimiliki mahasiswa adalah flash disk atau hard disk eksternal. 

Meskipun saat ini akses ke penyimpanan cloud semakin umum, namun alat penyimpanan eksternal tetap krusial untuk menyimpan dan mengamankan file penting tanpa bergantung pada koneksi internet.

10. Tas Kuliah

Dengan banyaknya perlengkapan kuliah yang harus disiapkan, maka seorang mahasiswa membutuhkan tas kuliah yang kuat, nyaman, berkapasitas cukup, dan fungsional untuk bisa membawa seluruh kebutuhannya dengan mudah. 

11. Highlighter

Highlighter adalah alat yang sangat berguna untuk menyoroti poin penting dalam buku teks, catatan, atau materi kuliah. 

Dengan menggunakan highlighter, mahasiswa dapat menemukan informasi penting meskipun hanya membaca sekilas. Selain highlighter, Anda juga bisa menggunakan spidol berwarna. sebagai penanda.

11. Sticky Notes

Berikutnya, jangan lupa untuk menyiapkan sticky notes atau yang biasa juga disebut dengan istilah post-it

Sticky note adalah sejenis kertas berukuran kecil yang dapat ditempelkan pada kertas untuk menandai halaman penting dalam buku teks atau catatan, serta untuk menyimpan catatan kecil seperti pengingat.

12. Pembatas Buku

Selain sticky notes, pembatas buku juga adalah penanda yang bisa dipakai untuk membantu menemukan halaman penting dalam sebuah buku. Sebaiknya, gunakan pembatas buku dengan material yang tebal agar tidak mudah terlipat atau rusak.

Lengkapi Perlengkapan Kuliah Anda Bersama Bangkit Perkasa

Jika membutuhkan alat tulis  untuk kuliah, sebaiknya pilihlah distributor terbaik yang menyediakan peralatan berkualitas. Rekomendasi terbaiknya adalah Bangkit Perkasa Sukses, sebagai distributor alat tulis sekolah dan kantor yang sudah berdiri sejak tahun 1994.

Bangkit Perkasa Sukses telah bermitra bersama berbagai brand alat tulis terkemuka seperti Sinar Dunia, Staedtler, Zebra, Kenko, Nachi Tape, dan masih banyak lagi. Dengan jalur distribusi yang meliputi seluruh wilayah Indonesia, Anda bisa melakukan pemesanan dari mana saja.

Baca Juga: Merk Pulpen Terbaik yang Tersedia di Distributor Pulpen BPS

Selain berbagai pilihan alat tulis di atas, Bangkit Perkasa Sukses (BPS) juga menyediakan berbagai perlengkapan kuliah lain seperti lakban (adhesive tapes), amplop, map, stapler, cutter, dan lain sebagainya. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait produk dan cara pemesanan, Anda bisa menghubungi kami di sini atau kunjungi halaman produk kami di sini.

Bagikan Artikel: