Ragam Fungsi Buku Tulis yang Wajib Dipahami

Fungsi buku tulis yaitu sebagai media catatan yang fleksibel, hingga sebagai media journaling untuk mengurangi stress & meningkatkan daya ingat. Pelajari!

Fungsi buku tulis yaitu untuk mencatat informasi atau suatu materi. Benda ini tentu sudah tidak asing dan sering kita gunakan sehari-hari. Namun, buku tulis memiliki manfaat dan fungsi lain yang jarang diketahui. 

Buku yang terdiri dari kertas muncul pertama kali pada tahun 200 sebelum masehi di masa dinasti Han. Buku sebagai media untuk menulis tidak tergeser oleh perkembangan zaman yang serba digital. Hal ini karena buku memiliki sejumlah fungsi dan keunggulan yang perlu Anda ketahui.

Fungsi Buku Tulis yang Perlu Anda Ketahui

Buku tulis tetap dibutuhkan hingga saat ini disamping era yang semakin digital. Mulai sekolah hingga perkantoran, buku tulis tetap menjadi media yang penting. Lantas, apa saja fungsi lain dari buku tulis? Mari simak selengkapnya berikut ini!

1. Media Catatan yang Fleksibel

Buku tulis kerap digunakan untuk mencatat suatu data atau informasi. Dalam kegiatan belajar mengajar, sangat penting untuk menjaga ingatan siswa terhadap materi yang disampaikan. Dalam kegiatan perkantoran, buku juga berfungsi untuk menyalin dan menyimpan data-data penting seperti keuangan, dan sebagainya.

Buku bersifat fleksibel. Artinya, penggunaannya cukup mudah dan dapat disesuaikan karena terdiri dari berbagai ukuran. Buku memiliki berbagai ukuran. Media ini juga mudah untuk dibawa kemanapun sehingga simple dan praktis.

2. Sebagai Alat Bukti Sejarah atau Peristiwa

Fungsi buku tulis selanjutnya yaitu sebagai alat bukti sejarah atau suatu peristiwa. Kegiatan menulis pada suatu media seperti kertas sudah ada sejak zaman dahulu. Terdapat banyak buku dari masa lampau yang menjadi sumber informasi sejarah hingga masa kini.

Selain itu, buku juga bisa menjadi petunjuk untuk mengungkap suatu peristiwa. Hal ini karena catatan manual memiliki karakteristik tulisan atau sidik jari, dimana membantu untuk mengungkap informasi seseorang.

3. Meningkatkan Motorik dan Kinerja Otak

Buku tulis membantu membuat motorik dan kinerja otak menjadi lebih baik. Hal ini sangat penting khususnya bagi siswa dan anak-anak dalam bangku sekolah. Menulis di buku membutuhkan rangkaian kegiatan mulai dari respon otak, menggerakan bolpoin dan mentransfer informasi pada buku.

Menulis pada buku tulis dinilai mampu mendukung tingkat kefokusan otak menjadi lebih baik. Oleh karena itu, buku tulis menjadi media yang banyak digunakan mulai anak-anak hingga orang dewasa.

4. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Daya Ingat

Buku tulis juga berfungsi untuk mengurangi stress dan meningkatkan daya ingat. Aktivitas menulis di buku dan membaca dapat menurunkan stress. Selain itu, catatan yang ditulis secara manual berpeluang tinggi untuk diingat kembali.

Itulah manfaat lain dari buku tulis yang dapat Anda ketahui. Selama ini, buku tulis telah mendukung banyak aktivitas dan membantu kita dalam mencatat sebuah informasi. 

Beragam buku tulis pun kian bermunculan yang disesuaikan dengan beragam fungsi. Mulai dari ukuran, jenis kertas, hingga pola kertas dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Catat! 5 Cara Memilih Ukuran Kertas Buku Tulis yang Tepat

BPS Distributor ATK dan Buku Tulis Terpercaya

Buku tulis sangat penting untuk keperluan belajar mengajar di sekolah hingga kebutuhan perkantoran. Untuk itu, diperlukan buku yang berkualitas untuk menunjang kebutuhan yang ada. Kebutuhan akan buku tulis dapat Anda penuhi bersama PT BPS sebagai distributor alat tulis yang terpercaya. Adapun informasi lengkap dapat diakses di sini.

Fungsi buku tulis cukup banyak dan sangat penting. Mari penuhi kebutuhan alat tulis ini dengan mengunjungi tautan berikut. Buku tulis merupakan media untuk berbagai keperluan dari bangku sekolah hingga perkantoran!

Bagikan Artikel: