Catat! 5 Cara Memilih Ukuran Kertas Buku Tulis yang Tepat

Cara Memilih Ukuran Kertas Buku Tulis BPS distributor alat tulis kantor terlengkap seindonesia

Saat ini, ada begitu banyak pilihan ukuran kertas buku tulis yang bisa Anda temukan di toko-toko. Sebelum membeli tentu Anda harus menentukan pilihan ukuran buku mana yang paling sesuai kebutuhan. 

Setiap orang bisa saja membutuhkan ukuran buku tulis yang berbeda. Tidak hanya menyesuaikan kebutuhan, hal semacam ini juga perlu menyesuaikan mood si pengguna. Sebagian orang merasa kurang bersemangat jika memakai buku tulis kecil sehingga memilih ukuran yang lebih besar, 

Ragam Ukuran Kertas Buku Tulis yang Umum Digunakan

Selain kualitas kertas, Anda akan berjumpa dengan beragam pilihan ukuran buku tulis. Umumnya ada 4 pilihan ukuran buku tulis yang bisa Anda temukan yaitu A5, A6, B5, dan F4.

Buku A5 memiliki detail ukuran 21 x 14,8cm. Sementara itu A6 memiliki ukuran 10,5 x 14,8cm, B5 berukuran 17,5 x 25cm, dan F4 berukuran 21,5 x 33 cm. Jadi bisa dibayangkan sendiri mana yang paling besar dan mana yang paling kecil. 

Produk buku tulis memang dibuat dengan ukuran kertas berbeda-beda supaya bisa menyesuaikan kebutuhan pengguna. Jadi tinggal Anda saja yang menyesuaikan pilihan ukuran buku tulis dengan tujuan pemakaian. 

Pertimbangkan 5 Cara Ini Saat Memilih Ukuran Kertas Buku Tulis

Sebelum membeli buku tulis, tentu Anda harus memilih ukuran yang paling tepat. Berikut ini adalah 5 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan buku tulis untuk dibeli:

1. Jenis Kegiatan atau Karya yang Akan Anda Buat

Pertama-tama, lihat dulu jenis kegiatan atau karya apa yang akan dibuat memakai buku tulis tersebut. Apakah buku tulis tadi akan dipakai untuk mencatat pelajaran atau mungkin digunakan untuk membuat catatan harian. 

Pastikan buku yang Anda beli memiliki ukuran pas sesuai kebutuhan. Jangan sampai salah beli buku dan pada akhirnya tidak bisa memadai kegiatan Anda tersebut. 

2. Gaya Menulis dan Kebiasaan Menulis Anda

Perhatikan juga seperti apa gaya menulis dan kebiasaan yang Anda lakukan saat menulis. Hal ini juga akan ikut berpengaruh terhadap ukuran buku tulis yang bisa dipakai. Tentu saja hanya Anda sendiri yang paham seperti apa gaya dan kebiasaan menulis yang paling disukai. 

3. Preferensi Kenyamanan saat Menulis

Setiap orang memiliki preferensi kenyamanan saat menulis dan bisa saja berpengaruh pada pilihan ukuran kertas yang dipakai. Jadi lebih baik pahami preferensi kenyamanan Anda saat menulis dan pilihlah buku yang paling pas. 

4. Anggaran dan Ketersediaan Ukuran Kertas Buku Tulis

Setiap buku dengan ukuran kertas yang berbeda pasti dibanderol dengan harga yang tidak sama. Anda bisa memilih buku tulis berdasarkan harga demi menyesuaikan anggaran. Namun Anda juga bisa memilih buku tulis sesuai dengan ketersediaannya di toko. 

5. Lingkungan dan Kondisi Penggunaan Kertas Buku Tulis

Pertimbangan berikutnya adalah lingkungan sekaligus kondisi pemakaian buku tulis tersebut. Lihatlah apakah Anda punya cukup ruang sehingga bisa memakai buku tulis dengan ukuran kertas yang besar atau sebaliknya. 

Ini akan memberi kemudahan bagi Anda dalam membawa dan memakai buku tersebut. 

Baca Juga: Macam-macam Ukuran Buku Gambar yang Umum Digunakan

BPS Distributor ATK, Lakban, dan Buku Tulis Terlengkap

Bagi Anda yang ingin mendapatkan buku tulis kualitas terbaik dan alat-alat tulis lainnya, tidak perlu pusing. Anda bisa mempercayakan semua kebutuhan alat tulis tersebut kepada PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS).

Perusahaan ini bergerak sebagai distributor alat tulis lengkap dan dijamin berkualitas. Anda bisa menemukan berbagai ukuran kertas buku tulis di sini. Jadi langsung saja klik kunjungi laman produk BPS untuk mendapatkan informasi produk sekaligus melakukan pemesanan.

Bagikan Artikel: