9 Cara Menghilangkan Bekas Lakban dari Berbagai Permukaan

Cara Menghilangkan Bekas Lakban BPS

Hampir semua orang tentu pernah menggunakan lakban mulai dari digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, kantor hingga memperbaiki berbagai benda. Lakban memang menjadi benda yang murah, mudah digunakan dan serbaguna. 

Selain itu, lakban juga memiliki daya rekat yang kuat. Sayangnya, dengan daya rekat kuat yang dimilikinya, lakban kadang meninggalkan bekas. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas lakban? 

Sebenarnya, menghilangkan bekas lakban menjadi hal yang tidak sulit untuk dilakukan. Jika tidak ingin repot membersihkan bekas lakban, Anda perlu mengetahui Lakban yang Tidak Merusak Cat Tembok dari BPS yang tidak meninggalkan bekas saat dipakai. Beberapa alat dapat digunakan untuk menghilangkan bekasnya. 

Persiapan Awal 

Sebelum mengikuti cara-cara menghilangkan bekas lakban, pastikan melakukan sejumlah persiapan awal terlebih dahulu. Berikut berbagai persiapan awal yang harus dilakukan, antara lain: 

1. Uji Bahan Pembersih pada Bagian Kecil Permukaan

Lakukan uji penghilang residu di bagian yang tidak begitu mencolok. Selain itu pastikan pula tidak terdapat kerusakan di permukaan ketika akan menghilangkan bekas lakban. Utamanya, hal ini berlaku untuk kayu, permukaan benda mengkilap dan permukaan yang dicat.

2. Lakukan dengan Cepat

Perlu diketahui, melepaskan lakban dengan perlahan justru meninggalkan banyak residu yang ada di permukaan. Oleh sebab itu lepaskan lakban dengan gerakan yang cepat, cukup dengan satu gerakan saja, residu akan tercabut. 

9 Cara Menghilangkan Bekas Lakban  

Agar dapat menghilangkan bekas lakban, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain: 

1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas lakban adalah menggunakan minyak kayu putih. Cara mengaplikasikannya, Anda hanya perlu menuang minyak di permukaan dan seka menggunakan lap. 

2. Memanaskan Bekas Residu Lakban dengan Hair Dryer

Suhu panas diketahui dapat melunakkan residu lakban. Gunakan hair dryer selama satu menit dan lakban akan langsung terlepas. 

3. Kikis Residu Perekatnya

Anda juga dapat langsung mengikis residu perekat. Namun, lakukan ini dengan perlahan. 

4. Pasta Deterjen dan Soda Kue

Campuran pasta detergen serta soda kue juga dapat digunakan untuk membersihkan bekas lakban. Setelah tercampur rata, aplikasikan campuran pasta deterjen dan soda kue ini ke area yang akan dibersihkan. 

5. Alkohol Isopropy

Alkohol dapat menghilangkan sisa residu. Bubuhkan alkohol ke kapas dan aplikasikan pada sisa residu lakban. 

6. Memakai Adhesive Remover

Adhesive remover adalah produk yang digunakan untuk menghilangkan perekat seperti bekas lem, getah, residu lakban dan lainnya.  

7. Memakai Minyak Goreng

Untuk menghilangkan residu lakban, Anda juga dapat menggunakan minyak goreng. Caranya dengan meneteskan minyak goreng di bekas residu, dan gosok sampai permukaannya bersih. Gunakan sendok agar gosokan lebih maksimal. 

8. Memakai Penghapus Pensil

Cara sederhana untuk menghilangkan residu bekas lakban adalah menggunakan penghapus. Gunakan penghapus pensil standar secara perlahan, dan kotoran akan langsung terangkat. Umumnya, penghapus pensil ini dapat digunakan untuk menghilangkan bekas lakban yang masih baru, atau yang belum kering. 

Itu jika Anda ingin menghilangkan bekas residu dari penggunaan lakban. Namun, untuk urusan menghapus tinta pulpen, gunakan Kenko Correction Pen KE-01, Anda bisa langsung menulis kembali.  

9. Membersihkan Sisa Lem Lakban dengan Cairan WD-40

Cairan WD-40 juga dapat digunakan untuk membersihkan sisa lem pada lakban. Namun, pastikan mengaplikasikan cairan ini dengan perlahan. Terutama pada permukaan tertentu, agar tidak meninggalkan bekas lain. 

Demikian berbagai cara menghilangkan bekas lakban yang dapat dilakukan. Bila Anda merupakan toko retail yang membutuhkan alat tulis kantor, Bangkit Perkasa Sukses dapat dijadikan sebagai pilihan. Memiliki harga yang kompetitif, lengkap dan melayani pengiriman di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lengkap, klik di sini

Sedang mencari lakban bening yang memiliki kualitas tinggi dan daya rekat kuat? Jangan Salah Pilih, Ini 2 Merk Lakban Bening yang Bagus. Anda bisa menemukan lakban bening yang berkualitas di distributor lakban terpercaya, yaitu BPS.

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel: