Ini Ciri-ciri Lakban yang Bagus untuk Packing Anda

Lakban yang Bagus BPS

Menjalankan bisnis online membuat Anda sering melakukan packing, untuk mengirim produk ke berbagai tempat. Supaya packing barang lebih rapi dan kuat, Anda harus menggunakan lakban yang bagus. 

Lakban yang berkualitas dan benar pemakaiannya akan menjaga produk selama proses pengiriman. Hingga barang bisa sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang tetap bagus. 

Tahapan mengemas barang memang perlu diperhatikan, jika tidak berhati-hati barang bisa hancur sebelum diterima konsumen. Tentu Anda tidak menginginkan hal itu terjadi. Karena akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. 

Pentingnya Packing untuk Usaha Anda

Packing adalah proses pengemasan yang perlu dilakukan dengan baik. Menggunakan material packing dan lakban yang bagus, untuk memastikan produk di dalamnya bisa tetap aman dan tidak rusak saat pengiriman. 

Material packing yang dipakai tergantung jenis barang yang akan dikemas. Ada banyak material packing seperti, kertas pembungkus, kardus, styrofoam, dan bubble wrap. Begitu juga dengan lakban, jenis perekat yang dipakai berbeda tergantung media pembungkus dan ukuran barang. 

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis lakban yang tepat, ketahui dulu mengapa packing penting untuk bisnis Anda. Berikut ini alasan pentingnya memastikan packing barang dilakukan dengan baik: 

1. Menjaga agar Barang Tidak Rusak

Packing dilakukan agar barang tidak rusak saat proses pengiriman ke luar kota. Jika barang pecah atau patah, hal tersebut akan mempengaruhi kinerja bisnis. Karena Anda harus menyelesaikan komplain, lalu mengganti dan mengirimkan ulang barang. 

2. Memudahkan Proses Pengiriman

Setiap barang memiliki dimensi dan bentuk detail yang berbeda. Proses pengemasan akan membuat produk terbungkus rapi dan memiliki bentuk yang lebih mudah untuk diangkut atau dipindahkan. Dengan begitu, akan memudahkan proses pengiriman. 

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Packing yang rapi bisa meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis Anda. Ketika pertama kali memesan, pembeli yang mendapatkan produk sudah rusak, cenderung tidak akan memesan kembali ke toko yang sama. Sekalipun pihak toko memberikan ganti rugi. 

Salah satu faktor yang membuat kemasan tidak kuat biasanya karena pengusaha tidak menggunakan lakban yang bagus dan tepat untuk pengemasan. Karena itulah sebaiknya gunakan lakban berkualitas dari merek -merek ATK ternama. 

4. Meningkatkan Citra Bisnis

Selain itu proses packing yang benar juga meningkatkan citra bisnis karena Anda akan memberikan kesan positif dan menumbuhkan kepercayaan konsumen. Jika barang yang konsumen pesan sesuai dengan harapan mereka dan terlindung dengan baik, tentunya akan meninggalkan kesan yang positif.

Sekarang Anda mengetahui betapa pentingnya proses packing dilakukan dalam menjalankan bisnis. Terutama bagi Anda yang memasarkan produk secara online. Siapkan material packing dan lakban yang tepat, untuk pengemasan yang lebih rapi, kuat, dan aman.

Ciri-ciri Lakban yang Bagus untuk Packing

Lakban merupakan alat perekat (adhesive tape) yang biasa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Ada beberapa jenis lakban yang tersedia di pasaran. Mulai dari lakban bening, lakban kertas, lakban kain, dan double foam tape. 

Semua jenis lakban tersebut dipakai untuk merekatkan benda atau pembungkus barang. Dalam proses packing untuk bisnis, Anda membutuhkan lakban yang berkualitas. Untuk mengemas barang dengan rapi dan kuat. Berikut ini ciri-ciri lakban yang bisa dipakai untuk packing barang:

1. Lebar Lakban

Perhatikan lebar lakban  karena saat mengemas barang, setiap jenis produk memiliki ukuran yang berbeda. Untuk membungkus barang berukuran besar Anda akan membutuhkan dus dengan ukuran yang lebih besar dan lakban yang juga lebih lebar. 

Karena itulah saat membeli lakban perhatikan lebar lakban dan pilih yang sesuai kebutuhan. Misalnya lakban bening yang umum digunakan memiliki variasi lebar mulai dari 12 mm, 24 mm, sampai yang 90 mm juga ada. 

2. Daya Rekat

Pertimbangkan juga daya rekatnya. Lakban yang bagus memiliki daya rekat yang kuat. Bisa dilihat dari ketebalan atau mikron lakban. Ada yang 40 micron sampai 56 micron. Semakin besar angkanya berarti semakin kuat daya rekat lakban serta tidak akan mudah sobek. 

3. Pertimbangkan Tekstur Media Pembungkus/Kemasan

Selain memperhatikan jenis dan kualitas lakban, Anda juga perlu mengenali bagaimana tekstur media pembungkus barang. Ini karena, daya tahan lakban juga bergantung dengan bahan atau tekstur barang yang akan dibungkus. 

Misalnya permukaan kardus memiliki tekstur yang licin atau ada zat lilin, maka lakban tidak akan bisa merekat dengan baik.  Begitu juga jika permukaan benda berdebu, yang ada justru debu yang melekat pada lakban, bukan melekat pada pembungkus barang.

4. Menggunakan Jenis Lakban yang Sesuai

Lakban terbaik yang dipakai untuk packing adalah jenis lakban yang dipakai sesuai dengan kebutuhan pengemasan.  Misalnya untuk produk yang memiliki bobot ringan seperti kertas, masking tape dan double tape sudah cukup. 

Namun untuk barang berukuran lebih besar Anda memerlukan jenis lakban yang memiliki daya rekat cukup kuat seperti opp tape dan cloth tape. Kemudian untuk barang yang memiliki bobot berat Anda perlu menggunakan opp tape dan double foam tape.

Packing membutuhkan material pembungkus yang tepat dan lakban yang bagus, agar produk bisa terkemas dengan baik. Ini bertujuan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar dan kepercayaan konsumen pada produk usaha Anda akan meningkat. 

Untuk mendapatkan lakban dan berbagai produk ATK, Anda bisa menghubungi Bangkit Perkasa Sukses (BPS). Distributor lakban dan alat tulis sekolah dan kantor sejak tahun 1994. Temukan lakban berkualitas yang dibutuhkan di halaman produk kami. Atau hubungi BPS melalui kontak yang tersedia.

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel: