Ragam Jenis Peralatan Gudang yang Wajib Ada untuk Memaksimalkan Bisnismu

peralatan gudang Bangkit Perkasa Sukses distributor atk seindonesia

Gudang merupakan tempat untuk menyimpan berbagai jenis barang, sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Keberadaannya menjadi sangat penting dalam berbagai jenis industri, sehingga peralatan gudang pun perlu diperhatikan dan disediakan.

Jika Anda memerlukan ragam peralatan kantor berkualitas, Bangkit Perkasa merupakan solusinya. Bangkit Perkasa adalah distributor ATK dan lakban yang telah dipercaya perusahaan, instansi, maupun industri untuk memasok kebutuhan kantor.

Kunjungi laman produk Bangkit Perkasa guna melihat ragam produk berkualitas untuk kantor Anda. Kami menerima pengiriman ke seluruh Indonesia untuk pembelian dalam jumlah besar (bulk buying).

Apa saja jenis peralatan yang sebaiknya ada di gudang untuk dapat memaksimalkan kinerja bisnis? Baca penjelasan berikut sampai tuntas dan pastikan fasilitas dan peralatan di gudang Anda sudah optimal!

Macam-Macam Peralatan Gudang

Ada berbagai jenis peralatan yang diperlukan di gudang, mulai dari alat penerimaan, pemindahan, pengemasan, penyimpanan, dan pengangkutan. Setiap jenis tersebut memiliki fungsi masing-masing untuk saling mendukung bisnis atau industri Anda.

Berikut merupakan penjelasan lebih lengkap dari setiap jenis peralatan di gudang sebaiknya Anda ketahui. Penuhi peralatan di gudang Anda sesuai kebutuhan dari operasional industri atau bisnis!

1. Peralatan Dock Pengiriman dan Penerimaan Barang

Jenis peralatan gudang yang pertama yaitu peralatan untuk dock pengiriman dan penerimaan barang. Peralatan ini akan menjadi tempat untuk menghubungkan antara barang yang diterima serta akan dikirim dari gudang.

Karena gudang merupakan tempat penyimpanan, maka tentunya ada banyak barang di sana. Hal yang perlu diperhatikan bukan hanya kapasitas dan kelengkapan dari barang tersebut, tapi juga peralatan untuk menjamin kelancaran dari penerimaan dan pengirimannya.

Dalam memilih jenis peralatan ini, maka aspek yang perlu diperhatikan yaitu tentang keamanan dan keselamatan karyawan. Ada dua jenis alat yang sering dipakai dalam proses ini, yaitu sebagai berikut:

  • Handling Pallet

Peralatan pertama yaitu handling pallet yang dapat memindahkan barang dengan berat beban tertentu yang berada di atas pallet. Dengan memanfaatkan tenaga hidrolis dan sistem pompa, Anda dapat menaikkan dan menurunkan barang yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan aman.

Selain digunakan di bagian gudang, alat ini juga umum dipakai untuk pabrik dan berbagai jenis toko. Kapasitasnya pun bervariasi, umumnya mulai dari satu hingga lima ton.

  • Loading Ramp

Kedua, ada loading ramp yang merupakan alat berbentuk bidang miring. Biasanya, alat ini dapat dimanfaatkan ketika akan mengangkat dan membawa berbagai jenis barang bermuatan berat. Barang dari truk pengangkutan dapat lebih mudah untuk diturunkan menuju tanah.

2. Peralatan Pemindahan

Peralatan gudang jenis kedua yaitu alat yang berfungsi untuk memindahkan barang. Berbagai alat juga telah didesain dan diprogram untuk dapat menjalankan fungsinya secara otomatis, sehingga dapat membuat pekerjaan menjadi efektif.

Ada banyak jenis alat yang dapat digunakan, berikut adalah tiga alat yang cukup sering digunakan dan umum ditemui di berbagai gudang industri.

  • Hand Stacker

Pertama, ada hand stacker yang berguna sebagai alat angkut barang. Pemindahan barang yang dapat dilakukan oleh alat ini memiliki kapasitas beban dan ketinggian tertentu, sehingga Anda perlu memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan gudang.

Alat ini mengandalkan sistem hidrolis, sehingga dioperasikan dengan memanfaatkan sistem pompa.

  • Konveyor

Selanjutnya, ada konveyor sebagai alat pemindahan barang yang terbilang cukup fleksibel untuk digunakan. Ada berbagai jenis konveyor yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, misalnya vertikal conveyor, belt conveyor, dan automotive conveyor.

  • Hand Lift

Jenis peralatan pemindahan berikutnya yaitu hand lift. Alat ini menggunakan tenaga mesin untuk memindahkan barang di gudang, serta membutuhkan manusia untuk mengendalikan atau menjadi operatornya.

Dengan sistem yang canggih, maka alat ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk pengelolaan logistik di area gudang. Sumber daya manusia yang diperlukan juga tidak tidak banyak, sehingga pekerjaan dapat berlangsung dengan lebih efektif.

3. Peralatan Pengemasan

Jika Anda memiliki bisnis atau industri dalam menghasilkan sebuah produk, maka tahap pengemasan tentu menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dengan baik.

Ada berbagai perlengkapan yang dapat digunakan untuk mendukung proses pengemasan. Misalnya, mesin pembungkus, timbangan pabrik, tabel pengemasan dan berbagai tabel pendataan yang diperlukan, serta berbagai jenis lakban sesuai dengan kebutuhan pengemasan.

Supaya hasil pengemasan dapat berjalan dengan optimal, maka sebaiknya peralatan tersebut diperhatikan dan dilengkapi. Tentu saja, perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan produksi atau bisnis.

Untuk melengkapi berbagai kebutuhan lakban, Anda bisa mengandalkan produk yang tersedia di Bangkit Perkasa. Aneka jenis lakban dapat dipilih, misalnya lakban PVC, lakban kertas, lakban bening, lakban kain, isolasi listrik, double foam tape, dan masking tape. Detail produk dapat diperoleh dengan bertanya pada customer service.

4. Peralatan Penyimpanan

Selanjutnya, ada peralatan gudang yang berfungsi dalam hal penyimpanan barang. Biasanya, jenis barang yang disimpan yaitu barang persediaan serta bahan baku produksi.

Alat jenis ini digunakan untuk memastikan bahwa sistem penyimpanan barang di dalam gudang sudah tertata dengan efisien, rapi, dan optimal. Selain itu, dapat membuat para pekerja dan staf dapat melindungi dan melakukan pengecekan barang dengan mudah.

Berikut adalah penjelasan dari dua jenis peralatan penyimpanan yang umum dipakai untuk gudang:

  • Rak Penyimpanan

Rak penyimpanan dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai jenis barang, biasanya disesuaikan dengan jenis barangnya supaya lebih tertata dan terkontrol.

Jika barang telah disimpan rapi, maka kualitas dari bahan tersebut dapat lebih dipertahankan. Dengan adanya rak ini, maka Anda juga dapat menghemat tempat serta mempermudah berbagai kegiatan inventaris gudang.

  • Pallet Mesh

Selanjutnya, ada pallet mesh atau keranjang besi yang dapat dipakai untuk menyimpan berbagai jenis barang dengan rapi. Umumnya, peralatan yang satu ini sangat mudah digunakan.

Anda hanya perlu menyimpan barang di dalamnya, usahakan untuk membagi barang berdasarkan jenisnya supaya dapat memudahkan kebutuhan lain nantinya.

5. Peralatan Pengangkutan

Untuk mengangkut berbagai barang yang ada di gudang, maka dibutuhkan peralatan gudang yang dapat digunakan secara optimal.

Anda dapat memilih jenis alat yang sesuai dengan kebutuhan pengangkutan. Inilah beberapa contoh alat yang dapat digunakan untuk proses pengangkutan di gudang.

  • Hoist

Hoist adalah salah satu material handling yang dapat dimanfaatkan untuk mengangkat beban dengan rantai atau tali.

Pada perkembangannya, ada berbagai jenis hoist yang semakin praktis dan mudah diaplikasikan, misalnya yang memakai tenaga elektrik sebagai pendukungnya. Untuk jenis tersebut, Anda hanya perlu menekan tombol tertentu untuk menjalankan fungsi alat tersebut, tanpa mengeluarkan tenaga.

  • Crane

Selanjutnya, ada peralatan crane yang dapat dipakai untuk mengangkat sekaligus memindahkan barang. Barang yang dipindahkan dengan alat ini umumnya memiliki bobot yang cukup berat, sehingga pemindahan tersebut tidak dapat dilakukan secara manual.

  • Webbing Sling

Keempat, ada peralatan webbing sling yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mengikat barang. Alat ini menjadi penting karena dapat digunakan untuk banyak aktivitas dan sifatnya cukup krusial.

Selain untuk mengikat, Anda juga dapat menggunakannya untuk membantu ketika akan mengangkat dan memindahkan barang.

Itulah berbagai perlengkapan yang sebaiknya tersedia di gudang, sehingga berbagai proses kerja dapat dilakukan dengan optimal, efektif, dan efisien. Peralatan tersebut juga dapat membuat pekerja menjadi lebih nyaman dan aman.

Ada berbagai jenis peralatan gudang untuk pengemasan. Anda dapat mengandalkan produk yang tersedia di Bangkit Perkasa untuk melengkapi berbagai kebutuhan pengemasan, misalnya lakban, marker, cutter, dan alat tulis pendukung. Segera hubungi kami untuk pemesanan, pertanyaan, atau berbagai informasi produk!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait