Cara Membuat Lettering dan Alat-Alat yang Harus Disiapkan

Lettering merupakan seni menggambar tulisan yang indah dan kreatif. Banyak orang menganggapnya sebagai keterampilan sulit yang butuh bakat khusus. Namun sebenarnya cara membuat lettering itu mudah, asalkan Anda tekun dan didukung peralatan memadai.

Dengan memahami langkah-langkah yang perlu diperhatikan, siapa saja dapat membuat hand lettering meskipun masih tergolong pemula. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah melengkapi peralatan lettering yang dibutuhkan!

Cara Membuat Lettering

Salah satu perbedaan utama antara lettering dengan tulisan biasa adalah bahwa lettering memiliki karakteristik dan gaya visual yang unik. Selain itu, lettering bisa dibuat menggunakan berbagai macam teknik, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit.

Jika Anda tertarik untuk belajar membuat lettering, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui. Sebagai panduan, berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

1. Cari Inspirasi

Sebelum mulai membuat lettering, penting untuk mencari inspirasi. Anda dapat melihat karya-karya dari seniman-seniman terkenal, mengunjungi pameran seni, atau menjelajahi Google, Instagram, Pinterest, dan lain-lain untuk mencari referensi.

2. Persiapkan Alat-Alat Lettering yang Dibutuhkan

Untuk menghasilkan tulisan yang indah dan menarik, dibutuhkan alat-alat yang sesuai dengan kebutuhan desain atau gaya visual yang diinginkan. Mulai dari kertas, pensil, beragam jenis pensil dan spidol berwarna, highlighter, dan lain sebagainya.

3. Ciptakan Sketsa dengan Pensil

Setelah alat-alat yang dibutuhkan siap, langkah pertama dalam membuat lettering adalah menciptakan sketsa dengan menggunakan pensil. Sketsa ini akan menjadi panduan untuk membuat hasil akhir yang lebih rapi dan proporsional.

4. Tebali Menggunakan Brush Pen

Setelah sketsa dibuat, gunakan brush pen untuk mengisi bagian dalam huruf dengan garis yang lebih tebal. Jangan lupa memperhatikan tebal tipisnya garis luar tersebut untuk memberikan dimensi pada tulisan.

5. Percantik Menggunakan Drawing Pen

Setelah bagian dalam huruf ditebalkan, gunakan drawing pen atau spidol untuk membuat garis-garis halus yang lebih detail atau sebagai elemen dekorasi. Ini akan memberikan sentuhan akhir yang lebih rapi dan menambahkan keindahan pada hand lettering Anda.

6. Gunakan Highlighter

Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan highlighter pada bagian-bagian tertentu yang ingin Anda soroti. Hal ini akan memberikan efek visual yang menarik dan mempertegas beberapa bagian tulisan.

7. Pelajari Bentuk Huruf

Untuk terus meningkatkan keterampilan Anda dalam cara membuat lettering, cobalah mempelajari berbagai macam bentuk huruf, font, dan gaya tulisan yang ada. Praktikkan setiap hari untuk meningkatkan keahlian Anda dan menemukan gaya lettering yang unik.

Alat-Alat Lettering yang Dibutuhkan

Salah satu langkah penting dalam membuat lettering adalah menyiapkan alat tulis yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa perlengkapan yang dibutuhkan:

  1. Pensil, berfungsi untuk membuat sketsa awal;
  2. Penghapus, digunakan untuk mengoreksi kesalahan atau menghapus garis-garis yang tidak diinginkan;
  3. Drawing pen atau spidol, digunakan untuk membuat dasar garis tulisan dengan kesan seperti brush;
  4. Brush pen, digunakan untuk membuat garis tebal dan tipis pada tulisan;
  5. Spidol warna-warni, digunakan untuk memberikan warna pada lettering;
  6. Highlighter, sebagai alat untuk menyoroti bagian-bagian tertentu pada lettering;
  7. Kertas, gunakan kertas berukuran tebal dengan tekstur permukaan yang lembut agar tinta tidak menyerap terlalu dalam dan memberikan hasil yang lebih baik;
  8. Tracing paper, sebagai alat latihan merangkai huruf dan untuk mengetahui tebal dan tipisnya setiap huruf yang ditulis.

Dalam cara membuat lettering, kualitas alat yang digunakan juga berperan penting. Untuk mendapatkan alat tulis berkualitas, Anda wajib menggunakan merk Zebra Sarasa,  Artline, Staedtler, Agatis dan kertas fotocopy SiDU untuk membuat hand lettering

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Hand Lettering (Seni Menulis Huruf)

Kabar baiknya, seluruh merk berkualitas tersebut tersedia di Bangkit Perkasa.cim. Bangkit Perkasa.com, adalah distributor alat tulis terbesar di Indonesia. Lihat informasi produk selengkapnya di sini, atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut seputar kerja sama dan pembelian!

Bagikan Artikel: