Mengenal Apa itu Safety Stock dalam Bisnis ATK

mengenal safety stock bisnis ATK

Stok pengaman atau safety stock adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi dalam semua bisnis, terutama bisnis ATK (Alat Tulis Kantor). Memiliki safety stock, berarti Anda berupaya menghindari penurunan kualitas layanan kepada pelanggan. Sebab, stock ATK merupakan salah satu faktor yang wajib sedia untuk memenuhi permintaan pelanggan kapan saja. 

Dalam menentukan stok pengaman, Anda perlu memerhatikan berbagai faktor. Beberapa yang utama seperti lead time, variabilitas permintaan, hingga keinginan terhadap tingkat layanan. Mari simak penjelasan selengkapnya tentang stok pengaman berikut ini!

Apa Itu Safety Stock?

Safety stock adalah konsep manajemen persediaan berupa penyimpanan stok ekstra yang berfungsi sebagai cadangan ketika terjadi fluktuasi permintaan ataupun hambatan pada proses produksi. Kedua hal tersebut berisiko menyebabkan stok barang habis. 

Anda dapat menghindari kehabisan stok barang dengan penerapan stok pengaman. Bila tidak menyediakan stok pengaman, maka bisnis ATK Anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Sebab, Anda harus membeli barang secara darurat dengan harga lebih tinggi dibandingkan pembelian reguler. 

Kemudian, stok pengaman juga mencegah bisnis mengeluarkan biaya penyimpanan. Ini karena bisnis tidak harus berurusan dengan stok berlebihan. Jadi, stok produk-produk ATK tidak akan kehilangan nilainya akibat kedaluwarsa atau rusak.

Untuk memenuhi kebutuhan ATK, Anda dapat mempercayakan produk ATK berkualitas dari Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa. Tersedia lakban sampai dengan marker dari merek-merek ternama. Kontak Bangkit Perkasa untuk informasi selengkapnya! 

Baca Juga: Ingin Memiliki Franchise Usaha ATK? Berikut Analisa dan Rincian Modalnya

Fungsi Safety Stock dalam Manajemen Persediaan

Safety stock esensial bagi manajemen persediaan bisnis ATK Anda. Simak berbagai fungsinya di bawah ini:

1. Menghindari Kehabisan Stok

Safety stock adalah solusi untuk situasi kehabisan stok dalam operasional bisnis. Kehabisan stok dapat terjadi karena dua hal yang signifikan, yakni perkiraan yang tidak tepat serta gangguan dari pemasok.

Perkiraan Anda tidak terjamin selalu akurat karena kebutuhan stok pelanggan yang harus dipenuhi bisa berbeda. Sedangkan, gangguan pemasok dapat terjadi akibat berbagai faktor yang menghalangi proses pengiriman secara penuh dan tepat waktu. 

Oleh sebab itu, memiliki safety stock menjadi pilihan ideal agar Anda terlindung dari risiko tersebut. Belum lagi menimbang reaksi dari pelanggan yang gagal memenuhi stoknya.

Jadi, sebaiknya tetap jaga kestabilan pelayanan bisnis dengan memiliki safety stock yang memadai. 

2. Mengatasi Fluktuasi Permintaan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa saja salah mengira tingkat permintaan produk tertentu dari pelanggan. Maka dari itu, safety stock adalah kebutuhan yang wajib dimiliki demi merespons secara optimal fluktuasi permintaan. 

Bisnis ATK jadi bisa memenuhi permintaan yang tiba-tiba meningkat tanpa mengganggu stok yang sedang didistribusikan atau sedang diproduksi. 

Fluktuasi permintaan memang termasuk kondisi tidak terduga yang harus siap Anda hadapi dalam bisnis alat tulis kantor. Terutama ketika periode tertentu seperti tahun ajaran baru yang membuat tingkat permintaan terhadap ATK meningkat drastis.

Itulah mengapa, Anda harus siap akan fluktuasi permintaan demi memastikan kualitas dan kredibilitas bisnis selalu prima.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pelayanan adalah faktor utama kesuksesan suatu bisnis. Melalui stok pengaman, maka Anda dapat selalu melayani pelanggan dengan maksimal. Hal tersebut tentu meningkatkan kepuasan pelanggan karena bisnis dianggap mampu bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan pelanggan. 

Selain itu, safety stock adalah faktor pendukung penambahan jumlah pelanggan bisnis ATK Anda. Performa bisnis yang maksimal dalam melayani pelanggan membuat reputasi Anda di industri ATK lebih unggul dari kompetitor. 

Hasilnya, semakin banyak pembeli yang kemudian menjadi pelanggan tetap bisnis Anda. Ini sangat penting jika bisnis ingin mencapai target penjualan. Jadi, jangan sepelekan safety stock dan terapkan pada bisnis ATK Anda. 

Anda bisa mengandalkan Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa untuk memastikan safety stock ATK aman. Variasi produk ATK terbaik dari Bangkit Perkasa akan menjamin bisnis ATK Anda selalu terjaga stocknya.. 

Mulai dari stationery, lalu kertas fotocopy, hingga adhesive tape (lakban) tersedia untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan optimal. Hubungi kami untuk pemesanan ATK yang praktis!

Faktor-Faktor Penentuan Safety Stock

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari safety stock, Anda perlu memahami juga faktor-faktor yang menentukan safety stock produk. Berikut merupakan tiga faktor yang perlu diperhatikan untuk safety stock yang ideal:

1. Lead Time

Waktu tunggu atau lead time merupakan waktu yang Anda butuhkan dalam menerima stok baru setelah memesan stok tersebut. Lead time memengaruhi safety stock dari dua sisi. 

Pertama, lead time yang semakin lama akan memperbesar potensi peningkatan permintaan sepanjang periode lead time tersebut. Itu yang membuat Anda harus menyediakan lebih banyak safety stock. 

Sedangkan, sisi kedua adalah semakin lamanya lead time memicu risiko pengiriman tertunda atau salah semakin tinggi. Hal tersebut juga membutuhkan safety stock yang lebih banyak. 

Itulah sebabnya, safety stock adalah hal yang sangat ditentukan dari lead time oleh pemasok. Jumlah stok pengaman yang memadai akan menjadi cara mengatasi lead time yang lama sehingga kehabisan produk pun dapat dihindari. 

2. Variabilitas Permintaan

Faktor berikutnya adalah variabilitas permintaan. Seiring waktu, permintaan pelanggan terhadap produk tertentu dapat berubah. Ketidakpastian permintaan tersebut mengharuskan Anda agar meningkatkan safety stock. 

Safety stock sendiri menjadi inventaris tambahan bisnis yang perlu disimpan demi memenuhi kenaikan permintaan dari pelanggan yang seringkali tidak terduga. Ini membuat pemilik bisnis selalu siap menjaga keseimbangan permintaan dengan penjualan atau penawaran. 

Bila terlalu sedikit, risikonya bisnis Anda dapat kehabisan inventaris terlalu cepat. Pelanggan pun bisa kecewa akibat pelayanan yang kurang maksimal. 

Tetapi, inventaris yang terlalu banyak juga tidak ideal karena modal bisnis akan terikat secara sia-sia. Sedangkan modal tersebut sebenarnya dapat Anda alokasikan untuk keperluan yang lain. 

Jadi, luangkan waktu untuk melakukan penilaian kebutuhan stok produk bisnis dengan cermat. Memastikan bahwa bisnis Anda tetap berjalan melalui safety stock adalah keputusan yang tepat. 

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Jual ATK (Alat Tulis Kantor)

3. Tingkat Layanan yang Diinginkan

Anda juga perlu mempertimbangkan berapa tingkat layanan yang diinginkan. Lebih jelasnya, ketahui persentase permintaan dari pelanggan yang dapat Anda penuhi tanpa harus kehabisan stok produk atau inventaris. 

Faktor ini dapat membuat standar stok pengaman atau safety stock untuk bisnis ATK Anda turut meningkat akibat bertambahnya tingkat layanan. 

Bila bisnis mengetahui tingkat layanan yang diinginkan, tidak hanya safety stock saja yang lebih mudah diketahui jumlahnya. 

Terdapat hal lain seperti jadwal produksi yang  turut dipermudah penyusunannya lantaran ketidakpastian ketersediaan jumlah stok bisa diminimalkan. Situasi proses produksi terhenti akibat kekurangan stok juga bisa dihindari. 

Kini, Anda memahami bahwa safety stock adalah kebutuhan krusial yang dibutuhkan untuk memastikan pelayanan bisnis ATK Anda selalu prima. Mulai kerja sama Anda bersama Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa untuk memenuhi safety stock ataupun reguler stock Anda.

Kami menyediakan berbagai produk ATK unggulan untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia. Sejak 1994, Bangkit Perkasa telah menjadi solusi bagi stok ATK ratusan bisnis. Saatnya Anda jadi salah satu mitra kami! Hubungi kontak Bangkit Perkasa untuk pemesanan dan konsultasi lebih lanjut!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait